Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Agar Hamil Kembar (Dua Atau Lebih)

informasitips.com – Seberapa besar peluang seorang ibu untuk bisa hamil kembar? Untuk Indonesia, Kami belum memiliki datanya, namun di Amerika Serikat, pada tahun 2013 terhitung 3 dari 100 kehamilan merupakan kehamilan kembar, sementara 1 dari 837 kelahiran merupakan kelahiran kembar lebih dari dua.

Hamil kembar memang relatif lebih jarang terjadi. Sementara di sisi lain banyak ibu yang menginginkan untuk bisa memiliki anak kembar dengan berbagai alasan. Ada banyak cara yang bisa diusahakan untuk memperbesar peluang memiliki kehamilan kembar, seperti yang akan Kami uraikan di bawah ini:

Riwayat Keluarga

Sebenarnya poin ini tidak tepat untuk disebut sebagai cara, tetapi lebih merupakan faktor yang memperbesar kemungkinan seseorang untuk bisa hamil kembar. Yang dimaksud dengan riwayat keluarga di sini adalah riwayat keluarga dari sisi calon ibu, bukan dari calon ayah. Bahkan, meski calon ayah memiliki saudara kembar, hal tersebut tidak akan memberi pengaruh pada peningkatan kemungkinan seorang ibu untuk bisa hamil kembar.

Riwayat keluarga yang terkait dengan hamil kembar adalah tentang perempuan, karena perempuan lah yang menghasilkan sel telur. Jadi, jika calon ibu atau orang tua perempuannya memiliki saudara kembar, ataupun saudara perempuan calon ibu memiliki saudara kembar, maka besar kemungkinan calon ibu bisa memiliki anak kembar (dua atau lebih).

Gaya Hidup

Jika calon ibu ingin memiliki anak kembar, maka dia harus sangat memperhatikan gaya hidupnya, termasuk makanan yang dikonsumsinya. Untuk meningkatkan peluang memiliki anak kembar, calon ibu disarankan untuk mengonsumsi susu, makanan manis dan daging. Bagi mereka yang mengonsumsi makanan rendah lemak, terutama para vegan dan vegetarian, memiliki peluang yang kecil untuk hamil anak kembar.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2005 diketahui bahwa ibu yang memiliki bobot badan tinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk memiliki anak kembar ketimbang yang bobot badannya rendah. Begitu juga dengan ibu yang tinggi, mereka memiliki kemungkinan untuk hamil kembar lebih besar daripada ibu yang pendek.

Jumlah Anak Yang Dimiliki

Ini sebenarnya agak aneh, namun banyak juga yang berpendapat bahwa semakin banyak jumlah anak yang dimiliki maka peluang untuk hamil kembar akan semakin besar. Mungkin hal tersebut terkait dengan pola pikir bahwa memiliki banyak anak akan memperbesar peluang untuk memiliki anak kembar, ya sesederhana itu. Ada juga yang berpendapat bahwa jika Kamu memiliki banyak anak maka Kamu memiliki tingkat kesuburan yang sangat baik, karena hamil kembar akan semakin besar peluangnya pada mereka yang memiliki tingkat kesuburan yang terbilang sangat baik.

Usia Ibu Hamil

Secara alami, hamil kembar lebih banyak terjadi pada ibu dengan rentang usia 30 hingga 40 tahunan. Menurut pakar, hal tersebut terkait dengan mekanisme kerja dari ovarium dimana terdapat kemungkinan terjadinya perubahan fungsi seiring dengan bertambahnya usia, pada usia 30-40 tahun ovarium mungkin saja melepas lebih dari satu sel telur.

Asal Ibu Hamil

Menurut penelitian, wanita Asia Tenggara lebih besar memiliki peluang untuk hamil kembar ketimbang wanita yang berasal dari Eropa Barat. Sementara mereka yang berasal dari Nigeria memiliki peluang yang lebih besar lagi, yaitu 1 dari 20-30 kehamilan adalah hamil kembar. Tidak ada teori yang pasti untuk menjelaskan hal tersebut. Namun, wanita Nigeria yang tinggal di tempat lain akan memiliki peluang hamil kembar lebih kecil daripada jika mereka tetap tinggal di Nigeria. Jadi, hal itu mungkin terkait dengan jenis makanan yang dikonsumsi dan iklim di daerah tersebut. Sayangnya belum ada penelitian yang holistic yang bisa menjelaskan kaitan antara hamil kembar dengan asal calon ibu.

Terapi Kesuburan

Calon ibu yang menjalankan program kesuburan atau in vitro fertilisation (IVF) memiliki peluang yang lebih besar untuk memiliki anak kembar ketimbang yang tidak menjalankannya. Di Amerika, selama tahun 1970an dan 1980an kelahiran kembar meningkat dua kali lipat sejak saat program kesuburan in vitro mulai dijalankan dan memberi pengaruh.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: