Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 14 Minggu

informasitips.com – Jika pada minggu 13 janin Anda mulai menunjukkan karakteristik fisik manusianya, maka pada minggu 14 ini karakteristik itu kian terlihat. Salah satu ciri utama perkembangan janin di minggu 14 kehamilan adalah tumbuhnya lanugo (rambut) pada beberapa area tubuh janin. Di sisi lain, keadaan ibu semakin energik sebagai akibat dari terjadinya perubahan hormone, yaitu HCG menurun serta estrogen dan progesterone yang meningkat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini perkembangan kehamilan di minggu 14 pada janin dan ibu hamil.

Yang Terjadi pada Janin

1. Pada minggu ke-14 ini, janin bergerak secara konstan, meski begitu Anda belum bisa merasakannya layaknya gerakan janin di trimester ketiga.

2. Leher janin mulai memanjang, sehingga kepala tampak tegak dan terlihat tak menyatu lagi dengan tubuh seperti sebelumnya.

3. Tubuhnya tumbuh lebih cepat dibandingkan kepalanya pada minggu ke-14 kehamilan ini.

4. Tangan dan kaki janin pada minggu ini lebih aktif dan fleksibel ketimbang minggu-minggu sebelumnya.

5. Pada minggu ini tubuh janin mulai membentuk empedu dan limpanya mulai memroduksi sel-sel darah merah.

6. Di kehamilan minggu 14, rambut pada beberapa bagian tubuh janin mulai tumbuh, namun warnanya belum bisa ditentukan sampai dia lahir kelak. Bagian tubuh yang mulai ditumbuhi rambut adalah alis. Pada masa ini, rambut-rambut janin yang disebut lanugo memiliki fungsi untuk memberikan kehangatan pada tubuh janin. Namun, seiring dengan berjalannya waktu kehamilan, fungsi lanugo dalam menghangatkan tubuh janin akan diambil alih oleh jaringan lemak yang akan terbentuk nanti. Jikalau bayi Anda nanti lahir dan Anda melihat begitu banyak rambut yang ada di tubuhnya, maka bukan berarti rambut-rambut itu akan ada terus, tetapi perlahan akan rontok dan akan memberikan penampilan yang berbeda padanya.

7. Perkembangan lain yang juga terjadi di minggu ini adalah terbentuknya langit-langit mulut, serta aktivitas pada saluran pencernaan janin. Usus halusnya memroduksi meconium, yaitu kotoran yang pertama kali dikeluarkan oleh bayi setelah dia dilahirkan. Mekonium merupakan materi limbah hasil proses pencernaan selama bayi berada di dalam rahim. Mekonium berbeda dengan feses.

8. Pada akhir minggu ke-14, tangannya telah memanjang sedemikian rupa sehingga tampak proposional dengan bagian tubuhnya yang lain.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil

1. Minggu ke-14 berarti Anda telah memasuki masa-masa nyaman dalam kehamilan, morning sickness sudah tidak separah trimester pertama, energi sudah membaik dibanding trimester sebelumnya, dan frekuensi ke belakang untuk buang air kecil juga sudah kian berkurang.

2. Anda bisa merasakan bagian atas rahim Anda (yang disebut fundus), yaitu dengan cara menekan secara lembut perut bagian bawah tepatnya pada bagian kanan di atas tulang panggul.

3. Pada minggu ke-14 atau awal trimester kedua ini, kadar HCCG menurun, sementara estrogen dan progesterone meningkat, sehingga di trimester kedua ini Anda akan merasa lebih nyaman dengan diri Anda ketimbang trimester pertama.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *