Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan

informasitips.com – Bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi umat muslim untuk mengoreksi diri dan memperbanyak ibadah. Ketika Ramadhan tiba, seharusnya seseorang bisa menghemat pengeluaran karena jatah makan berkurang dari yang tadinya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Namun, yang kebanyakan terjadi justru sebaliknya. Meski tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk makan siang, pengeluaran di bulan Ramadhan kerap lebih besar dari bulan-bulan biasanya. Bahkan pengeluaran justru membengkak hingga dua sampai tiga kali lipat di bulan Ramadhan, terlebih lagi menjelang Idul Fitri tiba.

Sering dijumpai, menjelang Ramadhan dan Lebaran (Idul Fitri) tiba, pusat-pusat perbelanjaan menjadi sangat ramai dipadati orang-orang. Ada kecenderungan orang berperilaku lebih konsumtif. Padahal seharusnya tidak perlu seperti itu. Kita juga tetap perlu mengelola pengeluaran dan keuangan kita dengan baik di bulan puasa bahkan menjelang Lebaran sekalipun. Lantas, bagaimana mengelola keuangan agar “selamat” melewati momen Ramadhan dan Idul Fitri? Berikut beberapa tips mengelola keuangan saat Ramadhan dan menjelang Lebaran tiba:

  1. Kontrol hawa nafsu
    Perlu diingat bahwa bulan suci Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim diminta melakukan pengendalian diri dari hawa nafsu yang bukan hanya menyangkut soal makan dan minum saja. Melakukan pengendalian keuangan agar tidak boros pada saat Ramadhan adalah suatu bentuk pengendalian diri dari hawa nafsu yang merupakan bagian penting dari ibadah Ramadhan itu sendiri.

    tips mengelola keuangan saat ramadhan

  2. Buat anggaran
    Buatlah anggaran tiap memasuki bulan Ramadhan. Susunlah berdasarkan urutan prioritas. Sisihkan dana untuk belanja keperluan makan sahur dan berbuka. Boleh saja membeli aneka makanan yang sangat menggiurkan untuk sahur dan berbuka. Namun, upayakanlah untuk tidak boros dengan membeli makanan dalam jumlah yang terlalu banyak (berlebihan). Puasa adalah momen yang sangat tepat untuk mengajarkan kepada anak-anak dan seluruh anggota keluarga lainnya mengenai perilaku hemat, belanja tepat, sewajarnya dan tidak berlebih-lebihan.

    Sisihkan pula uang untuk zakat, infaq, sedekah, THR (bila perlu). Baru kemudian bila ada dana lebih, tak ada salahnya bila Anda ingin membeli baju baru untuk anak Anda yang memang harus dibeli mengingat pertumbuhan anak-anak yang sangat pesat.

  3. Pakailah pola belanja yang sama seperti bulan biasa
    Perlu diingat bahwa sebenarnya kebutuhan makan pada bulan puasa sama saja dengan bulan-bulan lainnya. Yang berubah hanya dari segi pola makannya. Tetaplah pada anggaran belanja dan pola konsumsi yang sama dengan bulan normal agar pengeluaran Anda tetap bisa terkendali.

  4. Kurangi jajan berlebihan di luar
    Berbuka bersama memang sesuatu hal yang istimewa setelah seharian melakukan puasa. Suatu kegembiraan tersendiri bila bisa menikmati waktu buka puasa bersama keluarga dengan makan di luar. Bila hanya sesekali, ya tidak apa-apa. Namun, bila keseringan pasti akan jadi boros. Untuk itu, perlu direm agar tidak sampai berlebihan.

  5. Hindari hutang
    Tak perlu gengsi bila tak bisa mudik karena keuangan tak mencukupi. Tak perlu malu bila saat lebaran tidak memakai baju baru. Tak ada salahnya memakai baju-baju lama selama masih bagus dan layak dipakai. Jangan sampai karena gengsi dan malu Anda akhirnya berhutang kesana kemari. Sangat disayangkan jika seseorang harus mengeluarkan dana besar-besaran saat hari raya, apalagi jika harus berhutang. Hindari berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang sebenarnya masih bisa dicari solusinya. Ingat, setelah puasa dan lebaran lewat, Anda harus melunasi hutang-hutang tersebut. Untuk melunasinya Anda mungkin saja akan mengambil uang dari gaji/penghasilan Anda. Padahal seharusnya, bila tanpa hutang, uang penghasilan Anda bisa masuk ke tabungan Anda.

  6. Komitmen dengan anggaran yang sudah dibuat
    Jika anggaran sudah dibuat, patuhilah agar pengeluaran Anda tak semakin bertambah. Akan lebih baik bila Anda sudah menyiapkan/membeli keperluan puasa jauh-jauh sebelum Ramadhan tiba karena harga kebutuhan belum naik. Ini khusunya diperuntukkan bagi kebutuhan-kebutuhan yang memang cukup bisa tahan lama bila disimpan.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan menjelang dan saat puasa tiba. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *