Informasi dan Tips – informasitips.com

Tipe Pekerja (Karyawan) Berdasarkan Karakter

informasitips.com – Seorang pekerja dapat mengeluarkan performa terbaiknya jika dia berada dalam kondisi bekerja yang baik pula. Kondisi bekerja itu bisa mencakup jenis pekerjaannya, ritme pekerjaan ataupun lingkungan pekerjaan. Kesemuanya itu seyogyanya harus sesuai dengan karakter pekerja tersebut. Oleh karena itu, kenalilah dirimu termasuk ke dalam tipe pekerja yang mana seperti yang terdapat di bawah ini:

  • Tipe Perencana (The Planner)

    Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini merupakan sosok yang terorganisir, dapat dipercaya dan memiliki etika kerja yang sangat bagus.

    Bagi mereka yang termasuk ke dalam tipe Perencana ada tantangan yang harus mereka cari solusinya. Masalah bagi mereka yang bertipe Perencana ini adalah cenderung untuk menyimpan segalanya dan tersiksa dengan informasi yang terlalu banyak.
    Saran untuk solusi yang tepat untuk menjawab tantangan di atas adalah ingatlah untuk selalu membersihkan segala kertas-kertas dan dokumen yang sudah melampaui batas. Hancurkan segala dokumen-dokumen rahasia yang sudah tidak diperlukan lagi dengan mesin penghancur kertas. Bagi mereka yang termasuk ke dalam tipe Perencana, terkadang action harus segera dilakukan, jangan sampai segudang ide sudah menumpuk di pikiran namun tidak ada satu pun yang terwujud.

  • Tipe Perfeksionis

    Layaknya tipe Perencana, tipe Perfeksionis juga memiliki etika kerja yang luar biasa. Tipe Perfeksionis memiliki tantangan tersendiri, yaitu mereka kerap berasumsi bahwa tidak ada orang yang bisa mengerjakan sebuah pekerjaan sebagus yang ia kerjakan, tipe ini selalu khawatir untuk mendelegasikan tugas-tugas kepada orang lain. Oleh karenanya mereka yang termasuk ke dalam tipe ini akan sering mengerjakan pekerjaan yang berlimpah, dan seringkali kerepotan akibat menumpuknya tugas.

    Tipe perfeksionis harus membangun kepercayaan kepada orang lain. Carilah sumber daya manusia yang bisa dipercaya, agar Anda bisa mendelegasikan tugas-tugas tersebut. Kalau perlu, sah-sah saja mempekerjakan seseorang untuk melakukan tugas-tugas tertentu yang cukup penting. Memang, bagi tipe Perfeksionis, tidak mudah untuk bisa begitu saja percaya kepada orang lain, namun pikirkan juga bahwa kualitas harus dibarengi dengan kuantitas. Perlu diingat bahwa memiliki sikap toleransi terhadap kelemahan orang lain adalah suatu kelebihan. Dan, jika tipe perfeksionis belum memiliki sikap seperti itu, maka dirinya harus mulai memupuknya dari sekarang. Kesuksesan itu membutuhkan sinergi, bukan semata kerja perorangan yang saling terlepas.

  • Tipe Aktif (The Go-Getter)

    Tipe yang satu ini terlihat selalu sibuk dan tidak pernah diam. Tantangan yang dimiliki oleh tipe Aktif adalah mobilitasnya yang tinggi, mereka sering melalukan traveling untuk bekerja, informasi yang dimiliki jadi terpencar, misalnya ada di beberapa komputer dan catatan yang berbeda.

    Untuk menjawab tantangan di atas, tipe Aktif harus mampu mengonsolidasi semua informasi yang dimiliki sehingga tidak tersebar. Jadi, cobalah untuk memiliki tempat penyimpanan file-file penting, misalnya saja ring folder yang cukup besar. Untuk file-file yang berbentuk soft copy bisa disimpan dalam flash disk ataupun hard disk eksternal.

  • Tipe Penunda-nunda Waktu (The Procrastinator)

    Sudah bisa diduga, tipe ini sulit untuk bisa menepati waktu. Tantangan yang mereka miliki adalah sering terlambat menepati deadline, the procrastinator tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Solusi yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk membuat jadwal pada sebuah kertas, dan beri tanda dengan tinta berwarna. Lalu, buatlah deadline kecil untuk setiap tugas, sebelum deadline yang sebenarnya.

    Belajarlah untuk lebih menghargai waktu, waktu yang terlewat tidak akan pernah kembali. Dan, ingatlah satu hal, setiap detik yang Kita lalui dalam hidup itu tidak pernah sama. Setiap titik waktu yang dilalui adalah rangkaian titik yang berbeda antara yang satu dengan lainnya, jadi lewatilah setiap titik itu dengan penuh makna, karena Kita tidak akan pernah bisa mengulangnya.

Informasi tipe pekerja di atas tidak hanya dibutuhkan oleh pekerja yang bersangkutan, tetapi juga oleh pemilik perusahaan, karena mereka harus mampu memosisikan para pekerjanya di tempat yang sesuai, sehingga sinergi mereka akan berdampak sangat positif bagi perusahaan.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: