Informasi dan Tips – informasitips.com

5 Hal yang Bisa DiLakukan Selagi Belum Dapat Kerja

informasitips.com – Semua orang tentu sepakat bahwa mencari kerja di zaman sekarang ini sangatlah sulit. Persaingan yang semakin ketat, ditambah lagi dengan lapangan kerja yang terbatas makin memperkecil peluang para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Hanya mereka yang kaya skill dan memiliki daya saing yang tinggi sesuai standar perusahaanlah yang lebih berpeluang untuk mendapatkan pekerjaan.

Kesulitan dalam mencari kerja memang bisa membuat orang stres, marah, kecewa, bahkan sampai frustasi. Tapi, bukan berarti dunia kiamat dan tak ada lagi harapan bagimu bila sampai saat ini kamu masih belum juga mendapatkan pekerjaan. Bersabarlah, teruslah berdoa dan berusaha agar keinginanmu untuk mendapatkan pekerjaan impian bisa terwujud. Selagi kamu belum mendapatkan pekerjaan, kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa meningkatkan skill dan nilai jualmu. Dengan skill dan nilai jual yang semakin meningkat, maka peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan akan lebih besar lagi. Berikut beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan saat masih belum mendapatkan pekerjaan:

  1. Magang
    Saat masih belum dapat kerja, kamu bisa mencoba untuk magang di suatu perusahaan untuk mendapatkan pengalaman. Pengalaman adalah sesuatu yang sangat berharga dan ini tentunya akan sangat berguna bagimu saat melamar pekerjaan nanti. Banyak perusahaan yang mensyaratkan calon karyawannya harus memiliki pengalaman yang cukup, meskipun ada juga beberapa perusahaan yang menerima karyawan yang masih belum berpengalaman. Namun, dengan bertambahnya pengalaman yang kamu miliki saat magang, tentunya nilai jualmu ke perusahaan akan jadi lebih tinggi lagi.

    Selain pengalaman, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu baru yang pastinya bisa dijadikan bekal tambahan saat bekerja nanti. Dan satu hal lagi, CV-mu juga akan jadi lebih berisi bila kamu aktif melakukan hal-hal yang bermanfaat, meski masih berstatus magang atau pekerja sukarela (tanpa digaji). Percayalah, itu akan menjadi nilai plus tersendiri untukmu. Jadi, mulai sekarang, segeralah cari peluang dan tempat yang bisa menerima kamu untuk magang. Ada baiknya, kamu memilih jenis pekerjaan magang yang sesuai dengan background pendidikanm. Pengalaman, skill dan background pendidikan yang sesuai akan semakin memperbesar kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan.

    Hal yang perlu dilakukan saat belum dapat pekerjaan

  2. Kursus
    Bila kamu merasa skill yang kamu miliki masih kurang, tidak ada salahnya kamu mencoba untuk mengambil kursus tertentu untuk menambah dan meningkatkan kemampuanmu. Kamu bisa mengambil kursus bahasa asing, komputer, programming, dan lain-lain. Keterampilan-keterampilan seperti itu di zaman sekarang ini sangatlah dibutuhkan. Dan, itu tentunya akan semakin menambah nilai jualmu di mata perusahaan. Biaya kursus di zaman sekarang memang mahal, untuk itu, bila kamu tidak ingin mengambil kursus, kamu bisa mencoba meningkatkan keterampilanmu dengan cara belajar sendiri. Kamu bisa belajar lewat buku-buku, sumber-sumber online dari internet seperti e-book, video tutorial, dan lain sebagainya.

  3. Bangun networking
    Networking itu sangatlah penting, terlebih di zaman yang serba sulit seperti sekarang ini. Dengan networking yang bagus, maka peluangmu untuk bisa dikenal dan mendapatkan pekerjaan akan lebih besar lagi. Pekerjaan itu bisa datang dari mana saja. Tak harus lewat lowongan pekerjaan yang beredar di koran-koran, kamu bisa mendapatkan pekerjaan lewat networking yang kamu miliki. Mungkin saja, ada orang dalam networking-mu yang memiliki usaha, ia bisa memberikanmu pekerjaan setelah melihat potensi dan kualitas dirimu. Oya, satu hal lagi yang perlu diingat, tak semua lowongan pekerjaan itu dipublikasikan luas oleh perusahaan ke media-media, seperti koran, tv, radio dan sebagainya. Ada perusahaan yang mencari karyawan berdasarkan referensi dari karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut. Di sinilah pentingnya peran networking. Jika networking-mu bagus, ada kemungkinan kamu yang akan direkomendasikan untuk melamar di perusahaan tersebut. Jadi, mulai sekarang, cobalah bangun networking yang bagus, carilah teman dan relasi yang lebih luas lagi.

    Untuk membangun networking, kamu bisa memperkuat relasi dengan orang-orang yang sudah kamu kenal selama ini, misalnya dosen pembimbingmu, kakak kelas, teman, dan kolega lainnya yang kamu kenal. Selain itu, kamu juga bisa membentuk networking yang baru dengan mengikuti seminar-seminar misalnya, ikut komunitas tertentu, atau melalui rekan di tempatmu kursus, magang, dan lain-lain.

  4. Coba freelance
    Selagi kamu masih belum dapat pekerjaan, kamu bisa mencoba melakukan jenis pekerjaan freelance. Pekerjaan seperti ini biasanya tidak memakan banyak waktu, bisa dilakukan di paruh waktu tertentu saja. Dengan begitu, kamu masih tetap bisa melakukan hal lainnya di paruh waktu lainnya. Misalnya, di pagi hari kamu mengerjakan pekerjaan freelance, di sore harinya kamu masih punya waktu untuk ikut kursus bahasa asing. Meskipun gaji dari pekerjaan freelance terbilang tidak besar, namun yakinlah bahwa pasti ada hal positif yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan freelance tersebut. Selain waktunya lebih fleksibel, pekerjaan freelance juga berguna untuk menambah skill dan pengalaman yang tentunya bisa menjadi poin plus bagi dirimu.

  5. Aktif secara positif di dunia online
    Sekarang ini zamannya internet. Apapun bisa didapat dan ditelusuri lewat internet. Manfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Lewat internet, kamu bisa mencari info lowongan kerja, magang, freelance, kursus, membangun networking, sampai berjualan dan menghasilkan uang. Lewat internet, kamu juga bisa menampilkan kualitas dan potensi dirimu sehingga bisa dilihat orang lebih luas lagi.

    Kamu bisa membangun blog, menuliskan ide, pikiran, dan berbagi ilmu yang kamu ketahui. Kamu juga bisa membangun interaksi yang positif lewat media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain. Tak sedikit perusahaan yang menelusuri calon karyawannya lewat aktivitas pelamar di dunia maya. Aktivitas yang positif di dunia maya itu terkadang menjadi nilai plus tersendiri di mata perusahaan saat mencari karyawan.

Hal-hal positif di atas pastinya akan menjadi nilai tambah tersendiri untukmu. Tak hanya skill, pengalaman, dan networking-mu yang bertambah, kepercayaan dirimu juga akan bertambah. Semuanya itu akan sangat berguna bagimu saat memasuki dunia kerja nanti.

Selamat mencoba dan tetap semangat ya… !! 🙂



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *