Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

informasitips.com – Mengecilkan perut setelah melahirkan memang bukan perkara mudah, setidaknya dibutuhkan tekad kuat untuk menjalankan segala usaha demi mendapatkan perut rata seperti sebelum melahirkan. Banyak upaya yang harus dilakukan, diantaranya olahraga, mengatur pola dan jenis makanan, tidur yang cukup maupun dengan menghindari stress. Kesemuanya itu merupakan bagian dari cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa diterapkan oleh para ibu. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah ibu melahirkan si kecil:

Berjalan

Berjalan mungkin terdengar ringan untuk tujuan besar, seperti mengecilkan perut setelah melahirkan. Namun, berjalan sesungguhnya sarat akan manfaat, termasuk bagi ibu yang habis melahirkan. Setelah melahirkan tentunya vitalitas akan menurun, nah dengan berjalan, secara perlahan tapi pasti, vitalitas yang menurun itu akan dikembalikan. Berjalan merupakan latihan sederhana sebagai langkah awal untuk memulai latihan-latihan berikutnya yang lebih kompleks.

Awali kegiatan berjalan dengan gerakan yang lembut, kemudian secara perlahan tingkatkan intensitas gerakan. Anda juga bisa membawa bayi Anda ketika melakukan latihan ini, dengan begitu beban yang Anda bawa akan semakin berat dan hal itu akan memberikan keuntungan tambahan untuk Anda. Latihan ini juga bisa divariasikan, misalnya dengan cara jalan mundur atau jalan zig-zag. Untuk variasi tersebut sebaiknya tidak membawa serta bayi Anda, kecuali Anda sudah menguasai gerakannya dan keseimbangan tubuh Anda sudah bisa menyesuaikan.

Berolahraga

Olahraga merupakan cara jitu bagi setiap orang untuk mengurangi timbunan lemak di area perut, termasuk juga bagi ibu yang habis melahirkan. Ada banyak macam latihan yang bisa dilakukan untk membuat perut rata kembali seperti sebelumnya. Berikut ini beberapa latihan yang bisa dilakukan ibu sehabis melahirkan untuk mengecilkan perut:

  • Basic Crunches. Posisikan tubuh Anda seperti posisi sit up dengan kaki ditekuk. Mulailah melakukan latihan ini secara perlahan dan jangan paksa tubuh Anda untuk melakukannya melebihi dari kesanggupan. Rebahkan tubuh Anda di lantai dengan posisi kaki ditekuk dan telapak kaki menapak ke lantai. Angkat panggul Anda (pelvic tilt) seperti pada gambar di bawah ini dan rasakan terjadinya kontraksi pada area perut.

    Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan
  • Masih dalam posisi yang sama seperti di atas, namun kali ini kedua tangan Anda diletakkan di belakang leher guna menopang kepala. Tekan punggung Anda ke lantai lalu kepala dan bahu diangkat dari lantai layaknya gerakan sit up. Lakukan latihan itu sebanyak 10 hingga 15 kali.
  • Setelah melakukan dua latihan di atas, maka tubuh Anda akan menjadi lebih kuat disbanding sebelumnya. Nah, kini saatnya melakukan variasi dari posisi latihan yang sama. Misalnya, posisikan tubuh seperti awal latihan sebelumnya, namun kali ini kedua kaki yang ditekuk dimiringkan, kemudian angkat tubuh Anda dengan menggunakan otot-otot tubuh bagian samping.

    Variasi lain yang bisa dilakukan adalah mengikutsertakan bayi Anda dalam latihan ini. Bayi Anda tentunya sudah harus cukup kuat untuk ikut serta. Latihannya seperti ini, tubuh berbaring di lantai dengan kedua kaki ditekuk, letakkan si kecil sehingga dia berada di perut Anda. Angkat bayi ke atas sambil Anda menghirup nafas dalam-dalam, saat menghirup nafas pastikan otot-otot perut Anda mengalami kontraksi, lalu hembuskan nafas dan turunkan si kecil di saat yang bersamaan.

  • Latihan selanjutnya bisa menggunakan dengan menggunakan alat bantuan, seperti bola sehingga latihannya disebut ball crunches. Gerakannya hampir sama seperti gerakan sit up (seperti pada latihan di atas), hanya saja kali ini dilakukan dengan menggunakan bola. Tantangannya adalah bagaimana menjaga keseimbangan saat tubuh melakukan gerakan crunches.

Makan Makanan yang Sehat dan Berkhasiat Mengecilkan Perut

Makanlah makanan yang bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak dan minumlah air yang cukup. Khusus untuk mengecilkan perut, maka tambahkanlah pada menu makanan Anda beberapa bahan makanan, seperti kacang, daging ayam dan sapi tanpa lemak, ikan salmon dan tuna. Kesemua makanan tersebut sangat mendukung jalannya proses latihan yang merupakan suatu keharusan jika ingin mengecilkan perut. Jangan lupa untuk membatasi konsumsi karbohidrat, karena makanan tinggi karbohidrat berdampak pada lepasnya insulin dan penumpukan lemak tubuh. Jika ingin mengonsumsi karbohidrat maka pilihlah yang whole grain, seperti beras merah, dan makanlah di awal hari sebelum Anda memulai segala aktivitas.

Kunyah Makanan Lebih Lama

Durasi mengunyah makanan ternyata memberikan pengaruh terhadap keberhasilan usaha dalam mengecilkan perut. Mengunyah makanan dengan benar akan mengurangi intake kalori ke tubuh Anda. Selain itu, dengan mengunyah lebih lama maka kepuasan Anda dalam menyantap makanan akan lebih cepat tercapai, dengan demikian Anda akan cenderung lebih cepat menyudahi kegiatan menyantap. Lebih cepat menyudahi makan membuat asupan makanan ke tubuh Anda menjadi lebih sedikit, dan tumpukan lemak pun menjadi lebih berkurang.

Menyusui

Menyusui disinyalir sangat membantu proses pengecilan perut setelah melahirkan, karena pada proses menyusui sesungguhnya akan menyebabkan rahim mengecil kembali ke ukuran normal, nah dengan begitu perut pun akan terlihat lebih kecil dari sebelumnya.

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup sangat membantu dalam mengecilkan perut pasca melahirkan. Ingat ya cukup, bukan berlebihan apalagi kurang. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa mereka yang tidur malam selama 6 sampai 7 jam menumpuk lemak lebih sedikit ketimbang mereka yang tidur selama 5 jam atau kurang dan mereka yang tidur 8 jam atau lebih dalam semalam.

Tidur cukup membuat level kortisol di tubuh Anda menjadi normal, di sisi lain tidur cukup juga penting untuk mengoptimasi circadian clock tubuh Anda yang memberikan pengaruh signifikan terhadap metabolisme dan bobot tubuh.

Hindari Stres

Stres juga berkontribusi dalam penumpukan lemak di area perut. Nah, untuk mencegah semakin menumpuknya lemak di perut, maka buatlah diri Anda serileks mungkin di segala situasi.

Mengecilkan perut setelah melahirkan memang tak semudah yang diucapkan, setiap orang dituntut untuk bersungguh-sungguh agar segala upaya dapat membuahkan hasil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: