Arti Warna Hitam

informasitips.com – Warna hitam kerap dianggap sebagai warna mistis, karena hitam sangat erat hubungannya dengan kegelapan. Hitam terasosiasi dengan ketakutan, misteri, kematian, sesuatu yang jahat, agresi, dan pemberontakan. Oleh karena itu, biasanya warna hitam sering dikaitkan dengan hal-hal yang memiliki konotasi negatif. Tidak melulu terkait dengan yang buruk, warna hitam juga kerap dikesankan bersifat elegan, memiliki kekuatan, ketangguhan, serta sering dianggap sebagai warna formal (resmi).

Apakah Hitam adalah Warna?

Warna hitam juga sering dihadirkan untuk mencampur suatu warna demi mendapatkan derajat kegelapan dari warna itu, sehingga terciptalah berbagai variasi dari suatu warna tertentu. Hitam juga kerap dianggap bukanlah suatu warna, karena hitam memiliki arti ketidakhadiran warna-warna. Namun, dalam teori warna Goethe, hitam justru merupakan komponen penting dari pembentuk warna-warna, baik itu yang kita kenal sebagai warna primer, skunder, maupun tersier. Menurut Goethe, warna merupakan bentuk interaksi dari terang (putih) dan gelap (hitam), atau bisa juga dikatakan warna adalah kecerahan (terang) dengan berbagai derajat kegelapan. Jadi, antara teori warna Newton dan teori warna Goethe terdapat perbedaan yang saling berlawanan dalam menempatkan hitam sebagai sebuah warna.

Hitam Menghadirkan Kesan Kurus dan Sempit

Dari sisi fashion, warna hitam tak jarang dihadirkan untuk mendapatkan kesan kurus, begitu juga dengan warna gelap lainnya. Dalam hal desain interior, warna hitam digunakan dalam sebuah ruangan untuk memberikan kesan yang sempit pada ruangan itu, berlawanan dengan warna putih. Saat memandangnya, warna hitam dapat menghadirkan kesan yang tidak mencolok, meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilan, serta memunculkan perasaan kosong, suram, atau sedih.

Hitam di Dunia Barat

Di dunia barat, warna hitam merupakan warna berkabung, kematian dan kesedihan. Hitam juga mewakili emosi dan keinginan memberontak yang kerap muncul pada diri seorang remaja. Dalam bahasa inggris, kata black yang berarti hitam sering digunakan dalam suatu frase yang memiliki arti yang terkesan tidak baik atau negatif, contohnya black mail, black sheep, ataupun blacklist.

Terlalu Banyak Warna Hitam

Terlalu banyak warna hitam akan menimbulkan depresi dan mendorong mood (suasana hati) untuk mudah berubah, serta dapat menciptakan lingkungan yang negative. Warna hitam yang terlalu banyak juga akan menstimulasi seseorang yang memandangnya untuk cenderung melihat segala hal dari sisi negatifnya, sehingga akan menimbulkan sikap pesimistis.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>