Informasi dan Tips – informasitips.com

Manfaat Teh Hijau Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

informasitips.com – Bangsa Indonesia telah mengenal daun teh sejak lama. Tumbuhan pekebunan yang satu ini sering diolah menjadi minuman. Daun teh sendiri terdiri dari bermacam-macam jenis. Namun, yang pamornya paling terkenal adalah daun teh hijau. Selain aroma daunnya yang menyegarkan, teh hijau juga enak untuk diseduh dan dikonsumsi. Namun ternyata, bukan itu saja yang menjadi daya tarik dari daun teh yang satu ini.

Teh hijau terbukti secara klinis ampuh untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan, bangsa Cina kuno sering menyertakan daun teh hijau dalam ramuan obat. Teh hijau sering digunakan untuk meluruhkan lemak dalam tubuh, menjadikan aroma tubuh harum, memperbaiki mood, dan sebagai antioksidan. Bukan itu saja, teh hijau juga terbukti mampu menghilangkan jerawat dan bekas-bekasnya. Wow..luar biasa bukan manfaat daun teh hijau?

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa ekstrak teh hijau mengandung epigallocatechin Gallate (EGCG), suatu antioksidan yang 200 kali lebih kuat daripada vitamin E. Ini membantu tubuh mempertahankan diri melawan radikal bebas dan detoksifikasi racun-racun yang membahayakan sel-sel dan jaringan. Selain itu, teh hijau telah terbukti efektif dalam memerangi Staphylococcus aureus yang merupakan penyebab paling umum dari infeksi Staph yang juga merupakan salah satu penyebab jerawat.

Teh hijau juga berkhasiat dalam mengurangi aktivitas hormon, yang berarti teh hijau dapat membantu dalam mengontrol jerawat dan mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Teh hijau juga dapat mengontrol produksi minyak yang berkontribusi dalam proses terjadinya penyumbatan pori-pori kulit yang juga merupakan salah satu penyebab jerawat. Konsumsi internal dan aplikasi area yang dituju dengan teh hijau dapat membantu menghilangkan bekas luka dan mengurangi keparahan luka jerawat.

Beberapa cara memanfaatkan teh hijau

Teh Hijau untuk Menghilangkan Jerawat

Dewasa ini, teh hijau telah diolah sedemikian rupa dalam berbagai bentuk. Ada yang diolah menjadi minuman serbuk tinggal seduh, teh kantongan, body lotion, sabun kecantikan, masker, lulur, dan pil suplemen. Anda yang memiliki masalah kulit berjerawat memang dianjurkan memperbanyak mengonsumsi teh hijau dan menggunakan produk-produk yang berbahan dasar teh hijau.

Masing-masing orang tentu mempunyai cara dan pilihannya sendiri-sendiri dalam mengaplikasikan teh hijau. Ada yang lebih memilih cara instant dengan mengonsumsi teh hijau yang sudah dikemas menjadi pil siap minum. Ada pula yang lebih memilih cara tradisional yang lebih alami. Untuk yang memilih cara tradisional, berikut ada beberapa cara pemanfaatan daun teh hijau yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati jerawat Anda.

Menyeduh teh hijau. Menyeduh teh hijau ternyata punya cara tersendiri. Agar efektifitas daun teh tidak berkurang, maka dianjurkan untuk menyeduhnya dengan air hangat-hangat kuku saja. Air panas atau air mendidih justru akan mengurangi kualitas zat-zat yang terkandung di dalamnya. Penyeduhan teh dianjurkan minimal 10 menit agar daun teh mengeluarkan polifenol lebih maksimal.

Minum 2-3 cangkir teh hijau setiap hari. Minum teh hijau sekitar 2-3 cangkir sehari adalah cara yang dianjurkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. The University of Maryland Medical Center mengatakan bahwa mengonsumsi dua sampai tiga cangkir teh hijau sehari akan membuat tubuh mendapatkan 320 mg polifenol. Tapi, beberapa orang menunjukkan reaksi negatif saat mengonsumsi teh hijau dalam jumlah tertentu, seperti diare dan mual. Untuk orang-orang seperti itu, dosis konsumsi teh hijau bisa diturunkan menjadi satu cangkir sehari (100 mg polifenol).

Sebagai toner. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan teh hijau secara langsung pada kulit, yaitu dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada wajah yang telah dibersihkan. Anda juga bisa memasukkan air seduhan teh hijau ke dalam botol semprot/spray, lalu semprot wajah Anda dengan air tersebut kapan saja Anda merasa kulit Anda kering dan tidak segar.

Sebagai masker. Anda bisa menggunakan air seduhan teh hijau yang dikombinasikan dengan putih telur sebagai bahan untuk masker wajah. Caranya, ambil cukup campurkan beberapa tetes air teh hijau ke dalam putih telur yang sudah dikocok. Usapkan merata pada kulit wajah. Hasilnya kulit menjadi kencang dan noda-noda jerawat berkurang.

Nah tunggu apalagi, ternyata bahan alami seperti teh hijau mempunyai kemampuan yang baik dalam menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda-noda bekas jerawat. Sambil santai minum teh, sambil pula Anda bisa merasakan manfaatnya.

Selamat mencoba!



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: