Bayi 2 Bulan Bisa Apa Saja?

informasitips.com – Si kecil kini sudah beranjak dari usianya yang sebulan. Berbagai kemampuan baru akan diraihnya di usianya yang sekaranga menginjak 2 bulan. Apa saja kemampuan bayi 2 bulan? Berikut ini berbagai kebisaan bayi 2 bulan:

Bayi 2 bulan sudah mulai bisa membedakan warna. Masih sama seperti di bulan pertama, pada bulan kedua bayi Anda masih lebih menyukai warna-warna yang terang. Namun, jarak pandangnya sudah bertambah jauh, jika bayi 1 bulan memiliki jarak pandang sejauh 20-30 cm, maka bayi 2 bulan sudah memiliki jarak pandang sejauh 60 cm. Dia juga sudah bisa untuk mengikuti gerakan Anda yang datang mendekatinya.

Pendengaran bayi 2 bulan sudah menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Dia sudah bisa membedakan suara-suara yang sering dia dengar dengan lebih baik.

Gerakan motorik tangan dan kakinya sudah mulai terkoordinasi. Di usianya yang 2 bulan, si kecil mulai suka untuk menendang-nendang kakinya manakala dia dibaringkan terlentang. Tidak hanya itu, si kecil juga sudah suka untuk memukul-mukul kepala tinjunya, hal itu seringkali menjadi penanda bahwa bayi Anda tengah merasa gembira.

Si kecil sudah mulai bisa mengangkat lehernya ketika Anda baringkan dia dalam posisi tengkurap. Namun, dia hanya bisa bertahan sebentar saja, jadi saat Anda ingin menstimulasi kekuatan otot-otot lehernya maka Anda tetap harus di sisinya dan pastikan jangan terlalu lama dia berada dalam posisi tengkurap.

Mungkin Anda akan menemukan bahwa si kecil yang kini berusia 2 bulan mulai rajin untuk memutar tubuhnya ke kanan dan ke kiri. Meskipun mereka belum mampu untuk memutar-balikkan tubuhnya, namun Anda tetap dituntut untuk selalu mengawasinya.

Bayi dilahirkan dengan kemampuan refleks untuk bisa menggenggam, namun mereka belum tahu bagaimana cara melepaskan sesuatu yang telah digenggamnya. Di usianya yang 2 bulan, bayi mulai bisa untuk melepaskan kepalannya.

Gerakan refleks menghisap si kecil semakin kuat di usianya yang 2 bulan. Kepalan atau beberapa jemarinya menjadi favoritnya untuk melampiaskan refleks menghisapnya. Gerakan menghisap tersebut juga menjadi cara bayi untuk menenangkan dirinya sendiri.

Ada bayi 2 bulan yang sudah bisa untuk mulai tersenyum, meskipun belum akan terlihat jelas. Di usianya yang 2 bulan, dia sudah mulai bisa untuk menjalin hubungan dengan orang lain, baik itu dengan orang dewasa ataupun dengan sesama bayi. Senyumannya adalah alat baginya untuk berinteraksi dengan Anda ataupun dengan orang lain. Namun, ada hal yang perlu Anda ingat, yaitu tidak semua bayi sama, ada yang terbuka, ada juga yang pemalu. Jadi, perkembangan dirinya akan bersesuaian dengan karakternya. Satu hal yang pasti, seperti apapun karakter bayi anda, Anda tetap selalu bisa untuk memberikan kepadanya stimulasi untuk menajamkan perkembangannya.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>