Tidur Pada Bayi 2 Bulan

informasitips.com – Pola tidur bayi 2 bulan berbeda dengan pola tidurnya saat usianya 1 bulan. Kira-kira pada minggu ke-6 hingga ke-8, Anda akan menyadari adanya perubahan pada pola tidurnya, baik itu tidur siang maupun tidur malam.

Perubahan Pola Tidur

Di usianya yang 2 bulan ini, durasi tidur di waktu siangnya lebih sedikit dibandingkan saat dia berusia 1 bulan. Dan, dibandingkan dengan bulan pertama, tidur pada bayi 2 bulan pada umumnya sudah terdapat peningkatan dalam hal durasi tidur malamnya. Kini si kecil yang memasuki usia 2 bulan sudah dapat tidur malam lebih lama ketimbang saat usianya masih 1 bulan.

Meskipun begitu, tentu saja, bayi 2 bulan masih belum bisa untuk tidur sepanjang malam layaknya orang dewasa. Si kecil baru akan mulai mampu untuk tidur di sepanjang malam saat dia menginjak usia 4 hingga 6 bulan.

Tidur Malam Lebih Lama

Jika saat si kecil berusia 1 bulan dapat terbangun beberapa kali pada tidur malamnya, maka saat dia menginjak 2 bulan beberapa bayi menunjukkan kemajuan yang baik dengan hanya bangun 1 kali saat tidur malam. Bagi orang tua, hal itu tentu berita yang menggembirakan, karena mereka dapat lebih menikmati tidur malamnya. Namun, tidak semua bayi 2 bulan akan menunjukkan hal yang demikian.

Jika memang bayi Anda bukanlah yang termasuk bayi yang hanya bangun 1 kali dalam tidur malamnya, maka Anda tetap harus bersabar, karena bagi bayi Anda mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa menyesuaikan tidurnya dengan siklus siang dan malam.

Kualitas Tidur Bayi Lebih Baik

Pada bayi 2 bulan, jarak satu sesi tidur dengan sesi tidur berikutnya lebih lama dibandingkan saat usia bayi 1 bulan. Selain itu, kualitas tidur bayi 2 sudah lebih baik dibandingkan tidurnya pada bulan sebelumnya. Bayi 2 bulan mencapai tidur dalam lebih cepat dibandingkan saat dirinya 1 bulan, dia segera mencapai tidur dalam saat dirinya baru mulai tertidur.

Tidur Bayi 2 Bulan Bisa Dilatih

Sebagian dokter mungkin akan menyarankan untuk mulai melatih bayi saat usianya menginjak 4 bulan. Namun demikian, bukan berarti bayi 2 bulan Anda tidak bisa dilatih untuk bisa tidur sendiri dan/atau tidur sepanjang malam. Boleh jadi di usia inilah saat yang tepat untuk mulai melatih kemampuan tidurnya.

Untuk melatihnya, Anda bisa untuk mulai meletakkan si kecil ke dalam boks tidurnya saat dia belum tertidur tetapi sudah cukup mengantuk untuk segera mulai tertidur. Hal itu akan melatihnya untuk dapat tertidur tanpa bantuan orang tuanya, serta untuk dapat tidur sendiri di tempat dimana semestinya dia tidur. Latihan seperti itu juga diberlakukan saat tidur siangnya, bukan hanya saat tidur malam. Jika proses latihan berhasil, maka Anda bisa berharap banyak pada si kecil untuk bisa mulai tidur sepanjang malam (hingga pagi) dalam waktu yang tidak lama lagi.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>