Fungsi Oksigen Untuk Kulit Cantik dan Sehat

informasitips.com – Oksigen telah terbukti memiliki peran bagi kulit. Ya, layaknya organ lain, kulit juga memerlukan oksigen untuk ketahanan, kecantikan, serta untuk menjalankan fungsi normalnya.

Jika kulit terbakar, maka salah satu cara penanganannya adalah dengan menggunakan terapi oksigen hiperbarik yaitu dengan cara meletakkan tubuh pasien ke dalam chamber hiperbarik. Hal tersebut dilakukan karena oksigen dapat menstimulasi tubuh untuk menjalankan proses penyembuhan alaminya. Selain itu, oksigen juga memiliki fungsi antiinflamasi, serta dapat menstimulasi pembentukan kolagen dan elastin pada kulit, sekaligus sebagai antiinfeksi (antibakteri).

Di salon atau pada klinik kecantikan, treatment oksigen yang diaplikasikan pada kulit akan secara instan membuat kulit tampak berkilau, terlihat tenang (tidak stress) dan terlihat basah. Mengoksigenasi kulit, seperti kulit wajah, dengan menggunakan alat tertentu akan membuat kulit tampak lebih kencang, lembut, sehingga akan tampak lebih awet muda.

Banyak cara bisa dilakukan untuk menyuplai oksigen ke kulit, salah satunya adalah dengan berolahraga. Dengan melakukan olah raga, maka tubuh akan menghirup lebih banyak oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Namun, cara paling efektif untuk menyuplai oksigen ke kulit adalah melalui pemaparan langsung ke permukaan kulit yang dilakukan secara local.

Fungsi Oksigen Bagi Kulit

Beberapa peran oksigen bagi kulit dapat dilihat pada poin-poin berikut ini:

  • Oksigen dapat meningkatkan metabolisme pada sel-sel kulit. Proses-proses yang terjadi di dalam sel (intraselular), seperti biosinteis, pergerakan, dan transport, membutuhkan energi untuk dapat berlangsung, dengan adanya oksigen akan menjamin keberlangsungan proses-proses itu, serta dapat mendukung ketahanan sel-sel kulit.
  • Oksigen memegang peranan penting pada proses penyembuhan luka melalui mekanisme stimulasi pertumbuhan pembuluh darah baru yang sebelumnya rusak akibat luka. Pembentukan pembuluh darah memiliki peranan yang sangat esensial bagi pertumbuhan, ketahanan dan perbaikan jaringan kulit yang luka.
  • Oksigen mampu untuk menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Hal itu akan membuat kulit terlindungi dari infeksi bakteri, virus, dan jamur. Bagi Kamu yang memiliki masalah jerawat, maka, boleh jadi, oksigen adalah solusi bagi permasalahan kulit yang dihadapi.

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Hal itu sebagai akibat dari berkurangnya kemampuan kulit dalam menahan dan memanfaatkan oksigen untuk menjalankan proses metabolisme normal. Usia 25 adalah usia awal dimana konsentrasi oksigen pada kulit mulai menurun, dan di usia 40, kulit akan kehilangan 50% kemampuannya untuk mengonsumsi dan menahan oksigen.

Kulit yang kusam, munculnya garis-garis halus di kulit, jerawat dan keriput merupakan tanda bahwa kulit kurang oksigen. Terapi oksigen pada kulit akan mengatasi masalah-masalah itu, sekaligus memberikan penampilan yang diharapkan pada kulit Kamu.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>