Informasi dan Tips – informasitips.com

Arti Warna Merah dalam Dunia Bisnis

informasitips.com – Menurut para ahli, dalam dunia bisnis warna merah berarti kekuatan, energi, ketertarikan, aksi dan gairah dalam bekerja. Secara psikologi, warna merah menstimulasi dan memberikan energi kepada tubuh, termasuk saraf dan sirkulasi darah, yang berarti meningkatkan tekanan darah sekaligus detak jantung. Warna merah juga mampu menstimulasi selera makan, oleh karena itu warna ini banyak digunakan pada produk makanan dan yang terkait dengan pelayanan makanan, termasuk restauran. Meski begitu, jangan berlebihan dalam menggunakan warna merah, karena dapat menyebabkan munculnya rasa cemas dan lelah. Selain itu, warna merah juga kerap dikonotasikan negatif karena terkait dengan darah, perang dan kekerasan.

Penggunaan Warna Merah dalam Bisnis

Seperti yang tertulis di atas, warna merah dapat memiliki makna positif dan negatif. Dalam bisnis, pengunaan warna merah dapat memberikan kedua kesan, baik positif maupun negatif, tergantung dari bagaimana konsumen menyikapinya, Anda sama sekali tidak memiliki kontrol atas penilaian konsumen tersebut. Terlepas dari kesan yang ditangkap konsumen, yang pasti warna merah sangat berpotensi untuk memberikan energi kepada konsumen untuk melakukan aksi positif atas produk yang Anda tawarkan hingga akhirnya mereka membeli. Sebagai contoh, pada suatu stand penjualan produk, untuk meningkatkan penjualan, Anda bisa melakukan berbagai cara, seperti menggunakan tanda panah berwarna merah untuk mengarahkan calon pembeli ke stand Anda, atau membuat jejak kaki berwarna merah yang mengarah ke stand Anda, atau jika Anda menggunakan media website maka Anda bisa menggunakan tombol “Buy Now” yang berwarna merah.

Hal yang perlu diingat dalam menggunakan warna merah dalam bisnis Anda adalah jangan terlalu berlebihan dalam penggunaannya, karena alih-alih ingin membuat pembeli bertambah banyak, Anda malah memberikan kesan negatif kepada para calon pembeli, seperti agresi, marah, intoleran, kejam, pemberontakan, keras kepala dan brutal. Warna lain yang bisa berkomplemen dan menyeimbangkan warna merah adalah warna turquoise.

Arti Warna Merah dalam Bisnis

Contoh brand-brand besar yang menggunakan warna merah adalah KFC, Coca-cola, The Virgin Group. Para pendiri brand-brand tersebut mungkin ingin menyampaikan rasa percaya diri dan energi dari produk yang ditawarkannya. Pembuat sepatu asal Perancis, Christian Louboutin, bahkan menggunakan warna merah pada sol produk sepatu yang dihasilkannya, penggunaan warna merah pada sol sepatu itu merupakan identitas produknya yang sebelumnya diperebutkan di meja pengadilan dimana mereka melawan merk ternama yang sudah terkenal, Yves Saint Laurent, yang juga hendak menggunakan warna merah pada sol produk sepatunya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: