Bayi 1 Bulan Bisa Apa Saja?

informasitips.com – Bayi yang baru lahir memang terlihat lemah. Meski begitu, dalam waktu yang tidak begitu lama, si kecil akan banyak mengalami perubahan, dia akan terus berkembang dari sejak saat dia dilahirkan. Dalam 4 minggu atau 1 bulan pertama kehidupannya, si kecil sudah akan menapaki berbagai perkembangan dasar yang menjadi landasan untuk perkembangan di bulan-bulan berikutnya.

Berikut ini hal-hal yang sudah bisa dilakukan oleh bayi 1 bulan:

  • Gerak refleks si kecil yang memang dikaruniakan semenjak dia dilahirkan akan semakin berkembang di bulan pertama kehidupannya. Anda bisa mengetahuinya saat Anda mengajukan jari Anda ke jari-jari imutnya, secara refleks dia akan menggenggam jari Anda. Gerak refleks yang sama juga bisa Anda temui pada mulutnya, secara refleks dia akan langsung bisa menunjukkan gerakan menghisap saat didekatkan ke sumber susu yang merupakan makanannya.
  • Meski baru berusia 1 bulan, namun si kecil sudah memiliki naluri untuk berjalan. Anda bisa mengetahuinya dengan cara menjajalkan kaki si kecil untuk menapak pada lantai, sambil Anda memegangi tubuhnya. Anda akan melihat dirinya mampu menapaki beberapa langkah layaknya orang yang tampak sedang berjalan.
  • Bayi pada 1 bulan pertamanya dapat melihat jelas sebuah objek jika objek tersebut berjarak 20 hingga 30 cm. Oleh karenanya, saat dia menyusui, si kecil dapat melihat dengan jelas ibunya. Saat Anda ingin bermain dengannya, agar si kecil dapat melihat dengan jelas Anda yang ada di hadapannya, maka Anda harus berada pada jarak 20-30 cm.
  • Bayi 1 bulan lebih suka melihat wajah manusia ketimbang wajah hewan atau boneka yang berbentuk hewan. Oleh karena itu, bermainlah kepadanya secara langsung tanpa harus menggunakan boneka. Selain si kecil lebih suka, hal itu juga akan membiasakan matanya untuk melihat wajah orang tuanya, sehingga dia akan menjadi lebih kenal.
  • Pandangan mata bayi 1 bulan lebih menyukai warna-warna yang mencolok daripada warna yang terkesan monoton, seperti hitam atau putih. Oleh karena itu, pakailah pakaian dengan warna yang dapat menarik perhatiannya agar dia mau lebih banyak untuk menatap Anda, apalagi ketika Anda akan bermain bersama dia.
  • Walaupun indera pendengarannya belum berkembang secara utuh, namun si kecil sudah bisa untuk mengenali suara orang tuanya, suara yang kerap dia dengar sejak di dalam kandungan sang bunda. Untuk urusan suara, si kecil lebih tertarik oleh suara-suara dengan nada yang tinggi. Menurut penelitian, bayi dengan umur 4 minggu bisa membedakan antara suara’ma’ dengan ‘na’.
  • Jangan salah, bayi 1 bulan sudah bisa berkomunikasi loh. Hanya saja cara berkomunikasinya berbeda dengan orang dewasa. Dalam mengungkapkan apa yang dirasakannya, tangisan adalah cara yang paling dominan untuk dilakukan oleh bayi 1 bulan dalam mengomunikasikan kebutuhannya kepada Anda orang tuanya. Dalam sehari, secara total, bayi bisa menangis selama 3 jam.
Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>