Arti Warna Ungu

informasitips.com – Sudah sejak lama warna dianggap memiliki makna tersendiri yang muncul dari kesan yang didapatkan ketika mata menatapnya. Warna bukan hanya sekedar dari apa yang terlihat oleh mata, tetapi warna juga memiliki arti di balik penampakannya. Seperti warna ungu yang berarti sensitif dan penyayang, serta pengertian dan suportif. Jika Kamu termasuk penyuka warna ungu, maka Kamu akan berpikir untuk lebih mendahului orang lain ketimbang diri sendiri. Sifat penyuka warna ungu yang demikian bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk keuntungan dirinya. Oleh karena itu, dalam hal ini, penyuka ungu harus pandai melihat situasi dan menilai karakter orang lain, agar tidak dimanfaatkan.

Kesan dari Warna Ungu

Di alam, warna ungu jarang kita jumpai, sehingga banyak yang mengaitkan warna ungu dengan hal-hal yang suci. Oleh karena itu, warna ungu kerap dikaitkan dengan sesuatu yang dianggap berharga. Ungu merupakan kombinasi dari ketenangan yang dimiliki warna biru dengan energi tinggi yang dimiliki warna merah. Dari sana agaknya wajar jika warna ungu memiliki arti dan pengaruh yang bervariasi bagi pikiran dan tubuh manusia. Beberapa pengaruh tersebut antara lain menghadirkan semangat kegembiraan dan spiritualitas, menenangkan pikiran dan sel-sel saraf, meningkatkan kecenderungan akan rasa kasih sayang, serta menstimulasi imaginasi dan kreatifitas. Selain itu, perpaduan biru dan merah yang menghadirkan warna ungu akan menciptakan keharmonisan antara dua hal yang berbeda (biru dan merah). Dari perspektif psikologi warna, ungu berarti keharmonisan antara pikiran dan emosi, ungu juga menciptakan kestabilan dan keseimbangan mental, kedamaian pikiran, dan warna ungu menghubungkan kesadaran antara spiritual dan fisikal.

Makna Intensitas Warna Ungu yang Berbeda

Warna ungu yang kerap kita lihat memiliki intensitas warna yang berbeda, ada yang cerah, ada juga yang lebih gelap, hal itu turut membuatnya memiliki arti yang berbeda pula. Warna ungu terang mewakili energi feminin serta kehalusannya, romantis dan menimbulkan kesan nostalgik (membawa kita untuk mengingat masa lampau). Sementara ungu yang gelap akan membangkitkan kesan suram, sedih, dan frustrasi.

Keseimbangan Warna Ungu

Meski warna ungu banyak memiliki kesan yang baik bagi mereka yang melihatnya, namun dalam penggunaannya tetap harus memperhatikan prinsip keseimbangan. Jangan terlalu banyak menggunakan warna ungu, karena kesan yang ditimbulkan malah akan negatif, yaitu ketidak-sabaran, kesan mudah marah, malah bisa memunculkan kesan arogan. Sementara, terlalu sedikit warna ungu akan memberikan kesan ketidak-berdayaan (powerless), negatif, dan apatis.

Ungu dalam Kehidupan Manusia

Dalam sejarah manusia, jubah berwarna ungu kerap terlihat dikenakan oleh keluarga kerajaan serta orang-orang yang dianggap memiliki derajat tinggi di kalangan masyarakat. Hal itu disebabkan oleh kesan berharga yang dimiliki warna ungu, karena kehadirannya di alam sangat jarang. Hal serupa berlanjut pada pewarna ungu, yang ternyata memiliki harga yang paling mahal dibandingkan dengan pewarna lainnya. Di Thailand, warna ungu merupakan warna berkabung untuk para janda.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>