Informasi dan Tips – informasitips.com

Arti Warna Kuning

informasitips.com – Dalam teori warna yang dicetuskan oleh Goethe, warna merupakan perpaduan antara terang dan gelap yang masing-masing memiliki derajat tertentu. Dalam teori warna tersebut, warna kuning merupakan warna dengan derajat terang paling besar atau derajat gelap paling kecil, sehingga mata kita kerap mengasosiasikan kuning sebagai warna yang cerah atau warna yang paling terang dibandingkan warna-warna yang lain.

Warna Kuning = Warna Terang

Dalam kehidupan sehari-hari, kuning merupakan warna yang erat terkait dengan sinar matahari. Oleh karena itu, warna kuning kerap dikaitkan dengan pencerahan, optimisme, serta kejelasan, dan tidak lupa, kehangatan layaknya sinar matahari yang selalu memberikan kehangatan kepada Bumi dan isinya. Tidak hanya itu, Kuning juga melambangkan harapan dan kebahagiaan.

Arti Warna Dari Aspek Mental

Dari aspek mental, warna kuning memiliki kesan kreatif yang bisa memancing ide-ide baru, serta dapat menolong kita untuk menemukan solusi atau cara baru atas masalah atau pekerjaan yang tengah kita hadapi. Kuning merupakan warna bagi para pemikir praktis, bukan warna para pemimpi. Oleh karena itu, warna kuning adalah warna non-emosional, merupakan warna yang berasal dari pikiran atau kepala ketimbang dari hati, berbeda dengan warna ungu.

Menurut suatu studi, warna kuning memiliki arti hangat, ceria, meningkatkan aktivitas mental dan energi otot. Warna kuning membantu dalam mengaktifkan memori, meningkatkan kemampuan komunikasi, kemampuan penglihatan, membangun kepercayaan diri, dan menstimulasi sistem saraf. Tidak heran jika warna kuning merupakan warna terbaik dalam menciptakan antusiasme dalam hidup serta merupakan warna yang dapat membangkitkan optimisme.

Warna Kuning Menarik Perhatian

Warna kuning cerah merupakan warna yang dapat menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Manakala kuning terang dikombinasikan dengan warna hitam, maka perpaduan tersebut akan menghasilkan kombinasi warna yang dapat dilihat dan dibaca dengan mudah dari kejauhan oleh seseorang. Penggunaan kombinasi warna tersebut diterapkan pada rambu-rambu lalu lintas.

Warna Kuning dalam Marketing

Dalam dunia pemasaran, warna kuning sering digunakan dalam penayangan iklan produk-produk yang ditujukan untuk anak-anak. Hal tersebut didasari atas persepsi orang dewasa terhadap warna kuning yang menganggapnya sebagai warna kekanak-kanakan, karena sesungguhnya warna kuning tidak mungkin digunakan dalam memasarkan produk-produk mewah dan bercita-rasa tinggi.

Moderat Dalam Aplikasi Warna Kuning

Hal yang perlu diingat adalah jangan menggunakan warna kuning secara berlebihan, karena akan menimbulkan gangguan bagi mereka yang memandangnya, semisal hilangnya fokus sehingga akan sulit untuk menyelesaikan tugas. Terlalu banyak warna kuning juga dapat menyebabkan seseorang terlalu kritis dan menuntut. Penggunaan warna kuning yang berblebihan pada kamar bayi akan menyebabkan bayi tersebut menjadi lebih sering menangis. Di sisi lain, jika penggunaan warna kuning terlalu sedikit maka bisa menyebabkan munculnya kesan terisolasi, tidak aman, dan kurangnya rasa penghargaan terhadap diri sendiri.

Di berbagai negara, warna kuning mempunyai arti tersendiri yang saling berbeda. Di Jepang, kuning melambangkan keberanian, sementara di India kuning adalah warna para pedagang. Nah, di Mesir beda lagi, pakaian warna kuning menandakan kematian, mungkin seperti di Indonesia dengan bendera kuning-nya.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: