Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mencegah Kulit Kering Saat Puasa

informasitips.com – Saat berpuasa, pola makan pun berubah. Asupan makan dan minum hanya terjadi pada saat sahur dan berbuka. Hal ini membuat sebagian orang mengalami gangguan pada kulitnya, berupa kulit kering, kusam, kasar, pecah-pecah, dan lain sebagainya. Timbulnya gangguan dan masalah pada kulit, seperti kulit menjadi kering dan kasar, merupakan salah satu tanda dehidrasi akibat berkurangnya asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh saat berpuasa.

Dalam keadaan tidak sedang berpuasa, jumlah cairan yang hilang dari tubuh setiap hari adalah sekitar 1000-1700 ml. Cairan tersebut keluar melalui keringat, BAB, kencing, dan lain sebagainya. Ketika kita tidak sedang berpuasa, cairan yang hilang tersebut dapat segera tergantikan lewat makanan dan minuman yang kita konsumsi. Namun, ketika kita berpuasa, cairan yang hilang tersebut tidak dapat langsung tergantikan, kurang lebih selama 12 jam, sampai waktunya berbuka tiba. Hal inilah yang membuat sebagian orang rentan mengalami dehidrasi (kekurangan cairan), dengan gejala yang bermacam-macam, misalnya badan menjadi lesu, letih, sakit kepala, haus, mual, kulit kering, pecah-pecah, dan lain sebagainya.

Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa

Kulit kering yang terjadi akibat dehidrasi di bulan puasa ditandai dengan terbentuknya garis kerut halus, terutama di tulang pipi, sekitar mata, dan dahi.

Selain itu, juga akan muncul rasa gatal, kaku, dan warna kemerahan pada kulit. Jika hal tersebut terus berlanjut, kulit tak hanya akan menjadi kering, namun juga mengelupas dan menjadi kusam.

Lalu, bagaimana cara mencegah kulit kering dan merawat kesehatan kulit saat sedang berpuasa? Lakukan beberapa tips berikut ini:

  • Banyak-banyaklah minum air putih
    Banyak minum air merupakan cara paling utama yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi agar kulit tidak kering dan kusam saat berpuasa. Hal ini bisa dilakukan pada saat sahur, berbuka, dan di waktu antara sahur dan berbuka.

    Minumlah kurang lebih 8 gelas air putih dalam sehari, misalnya, 2 gelas air putih saat berbuka, 2 gelas sesudah makan berat, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas sebelum makan sahur dan, 2 gelas sesudah makan sahur.

    Kecukupan cairan tubuh sangatlah penting guna menjaga kelembapan alami kulit.

  • Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran
    Tak hanya harus banyak minum air putih, kita juga perlu memperbanyak asupan buah dan sayur. Selain kaya akan serat yang bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, buah dan sayur juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik dan bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, seperti Vitamin B, E, C, mineral selenium, dan zinc.

  • Kurangi aktivitas di luar ruangan
    Cara lain yang juga perlu kita lakukan untuk mencegah kulit kering saat puasa adalah mengurangi aktivitas di luar ruangan yang banyak terpapar sinar matahari. Terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan bisa menimbulkan keringat berlebih yang bisa memicu dehidrasi.

    Bila pekerjaan Anda mengharuskan Anda banyak berada di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, pastikan Anda memberikan perlindungan ekstra pada kulit, yaitu dengan selalu menggunakan body lotion yang mengandung tabir surya. Gunakan juga perlindungan lainnya seperti topi atau payung untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

  • Gunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat
    Cegah kulit kering saat puasa dengan selalu menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Keringat yang menumpuk di kulit dapat menyebabkan pori-pori tertutup dan menimbulkan gangguan transformasi panas pada tubuh. Hal ini nantinya juga dapat menimbulkan gangguan seperti kulit kering atau kusam.

    Selain itu, ada baiknya juga untuk lebih memilih menggunakan baju dengan warna-warna cerah, yang tidak terlalu banyak menyerap panas.

  • Gunakan pelembab untuk mencegah kulit kering
    Tetaplah melakukan perawatan rutin pada kulit. Agar kulit wajah tetap segar dan tidak kering, sebelum tidur dan setelah mandi, gunakan krim yang mengandung pelembab.

    Bagaimana cara mengatasi kulit kering

    Selain krim yang mengandung pelembab, gunakan juga masker wajah untuk memberi vitamin pada kulit. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis kulit dan yang mengandung bahan pelembab alami, seperti buah-buahan atau sari tumbuhan, misalnya mentimun, tomat, alpukat, dan sebagainya.

  • Gunakan body lotion
    Bukan cuma pekerjaan di luar ruangan yang bisa memicu timbulnya kulit kering dan gangguan lainnya pada kulit. Bekerja di dalam ruangan tertutup dan ber-AC juga bisa membuat kulit kering. Bagi Anda yang bekerja di ruangan ber-AC, oleskan body lotion pada kulit secara teratur setiap 2-3 jam sekali. Hal ini sangat diperlukan guna menjaga kelembapan kulit Anda, karena seharian berada di dalam ruangan ber-AC juga dapat menyerap kelembapan kulit.

  • Lakukan body scrub
    Untuk menjaga kelembutan dan kelembapan kulit tubuh, lakukanlah perawatan body scrub, setidaknya seminggu sekali. Gunakan scrub dengan butiran lembut yang mengandung Vitamin E untuk melembabkan dan menghaluskan kulit. Scrub dengan sari alpukat, madu, dan Zaitun juga sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit.

  • Gunakan minyak zaitun
    Saat berpuasa, kulit sekitar kuku tangan dan kaki pun sering terlihat kering. Untuk mengatasinya, oleskan minyak zaitun, pada seluruh jari-jari tangan dan kaki, sambil dipijat perlahan-lahan.

  • Kurangi teh dan kopi
    Untuk mencegah kulit kering selama puasa, sebaiknya kurangi juga konsumsi minuman yang bersifat diuretik, seperti teh dan kopi. Minuman diuretik akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil sehingga mempercepat dan memperparah dehidrasi yang nantinya bisa menimbulkan gangguan pada kulit.


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: