Agar Kulit Tidak Cepat Keriput (Cara Alami)

informasitips.com – Menjadi tua adalah suatu keniscayaan bagi setiap orang. Seiring dengan itu, berbagai perubahan pada tubuh pun akan terjadi. Salah satu perubahan yang paling ‘ditakuti’ oleh banyak orang, khususnya para perempuan, adalah kulit berubah menjadi keriput. Bahkan, perubahan kulit keriput itu bisa terjadi lebih dini dari waktu yang semestinya. Kulit menjadi keriput akibat pertambahan usia tentu tak bisa dihindari, namun kulit menjadi keriput di usia yang belum terlalu pantas untuk dikatakan tua bagi kebanyakan orang tidak bisa ditolerir. Oleh karena itu, beberapa cara agar kulit tidak cepat keriput berikut ini wajib Kamu baca sampai habis.

Makan Makanan yang Berkhasiat Mencegah Keriput

Salah satu faktor penting dalam memelihara kesehatan kulit agar tidak cepat keriput adalah makanan. Apa yang dimakan akan sangat menentukan bagaimana kondisi tubuh, termasuk kondisi sel-sel kulit. Berikut ini beberapa jenis makanan yang berperan dalam pencegahan terjadinya keriput dini:

Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Hal itu bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit. Antioksidan akan menjaga kesehatan sel kulit dari dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan pada kulit.

Selain antioksidan, agar kulit tidak cepat keriput maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan asam-asam lemak esensial omega-3. Asam lemak esensial akan membantu tubuh untuk memelihara kulit senantiasa terlihat kencang dan tampak muda.

Protein dari Kedelai. Menurut publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh European Journal of Nutrition dinyatakan bahwa suplemen berbasis kedelai berkhasiat dalam menjaga kekenyalan kulit manusia setelah 6 bulan penggunaan.

Coklat mengandung suatu senyawa flavanol, yaitu katekin dan epikatekin, yang bermanfaat dalam melindungi kulit dari kerusakan, memperbaiki sirkulasi darah pada kulit, memengaruhi proses hidrasi, dan membuat kulit terlihat dan terasa lebih halus.

Makan lebih banyak buah dan sayuran, sebab keduanya merupakan sumber antioksidan alami bagi tubuh.

Minum Air yang Cukup

Asupan air tidak boleh sampai kurang bilamana Anda ingin menjaga kesehatan sel kulit agar selalu tampak indah. Air akan membuat sel kulit senantiasa lembab, sehingga elastisitasnya tetap terjaga. Tidak ada jumlah yang pasti harus berapa banyak seseorang minum air, yang penting adalah jangan sampai kurang dari apa yang semestinya dibutuhkan oleh tubuh.

Terkait mengonsumsi air guna mencegah terjadinya kulit keriput dini, maka ada beberapa tips yang bisa diterapkan:

  • Minumlah air saat baru bangun tidur
  • Selalu sediakan gelas dan air di sebelah tempat tidur Anda manakala tidur malam.
  • Jangan lupa untuk menyediakan air di meja kerja Anda
  • Letakkan catatan tempel di sekitar Anda kerja untuk mengingatkan Anda agar jangan sampai lupa meminum air.
  • Dimanapun Anda berada, biasakan untuk selalu membawa sebotol air di tas Anda.
  • Minumlah sebelum, selama, dan sesudah latihan olahraga. Jika Anda berolahraga lebih dari 60 menit jangan lupa juga untuk mengonsumsi sports-drink.

Tidur yang Cukup

Tidur adalah masa dimana tubuh Anda memperbaiki berbagai kerusakan yang terjadi selama hari itu. Jika tidur Anda kurang, maka proses perbaikan itu akan terganggu, salah satu akibatnya adalah menurunnya aliran darah ke sel-sel kulit. Selain itu, saat Anda kurang tidur, maka tubuh akan melepaskan sejumlah kortisol yang akan menghancurkan sel-sel kulit. Hal itu akan membawa dampak negatif bagi kesehatan sel kulit. Bukan hanya keriput yang akan muncul, tetapi berbagai masalah kulit yang lain juga akan muncul, seperti jerawat, psoriasis, dan lain sebagainya.

Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi HGH (Human Grwoth Hormone), yaitu suatu hormon pertumbuhan, yang berfungsi dalam menjaga kulit tetap sehat dan elastis, serta lebih kecil kemungkinan mengalami keriput dini.

Terkait dengan tidur dan pencegahan keriput, beberapa ahli dari American Academy of Dermatology (AAD) mengatakan bahwa posisi tidur seseorang juga turut memberikan pengaruh pada kemunculan kulit keriput. Para ahli itu menyatakan bahwa tidur dengan posisi telentang akan mengurangi terjadinya pembentukan keriput, sementara tidur miring akan memperbesar kemungkinan munculnya keriput di pipi dan dagu.

Jangan Merokok

Diduga, asap rokok dapat menyebabkan terjadinya proses penuaan lebih cepat, yaitu dengan cara pelepasan enzim yang bisa mengurai kolagen dan elastin, dua komponen penting bagi kesehatan kulit. Mereka yang merokok punya kecenderungan 40% lebih mudah mengalami kulit keriput daripada mereka yang tidak merokok.

Jangan Terlalu Sering Membasuh Muka

Menurut ahli dari University of Maryland Medical Center, pada permukaan kulit manusia terdapat lapisan minyak yang secara alami berfungsi dalam melindungi kulit dari keriput. Apabila Kita sering membasuh muka dengan air, maka akan semakin sering lapisan minyak di permukaan kulit itu terhapus, sehingga tidak ada lagi lapisan yang melindungi kulit. Oleh karena itu, jika ingin kulit tidak cepat keriput, maka hindari untuk terlalu sering membasuh atau mencuci muka.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>