Informasi dan Tips – informasitips.com

Protein Bence Jones

Protein Bence JonesProtein Bence Jones merupakan protein globulin monoclonal yang dapat ditemui di dalam darah dan urin yang berukuran kecil dengan berat molekul antara 22 hingga 24 kDa (kilo Dalton). Pada keadaan normal, protein Bence Jones tidak ditemukan pada urin manusia. Jika protein Bence Jones ditemukan pada urin seseorang, maka hal itu merupakan indikasi bahwa orang tersebut menderita Multiple Myeloma yang dikenal juga dengan nama Plasma Cell Myeloma atau Kahler’s disease. Multiple myeloma merupakan bentuk kanker dari sel-sel plasma dimana sel-sel yang abnormal akan terakumulasi di tulang sehingga menyebabkan terjadinya lesi atau luka pada tulang.

Adanya protein Bence Jones yang ditemukan pada urin digunakan sebagai penegakan diagnosis awal atas seseorang yang menderita kegagalan ginjal sebagai manifestasi dari penyakit Multiple Myeloma atau Kahler’s disease. Ukurannya yang kecil membuat protein Bence Jones dapat lolos dari proses penyaringan (filtrasi) yang terjadi di ginjal. Keadaan ditemukannya protein di dalam urin disebut proteinuria. Kadar protein yang tinggi di dalam urin atau adanya gejala-gejala yang mengarah pada keadaan multiple myeloma merupakan dasar dilakukannya pengujian (tes kuantitatif) protein Bence Jones.

Urine immunofixation adalah metode pengujian terbaik untuk mendeteksi protein Bence Jones. Prinsipnya adalah mendeteksi melalui proses pengendapan yang terjadi sebagai akibat dari terjadinya reaksi spesifik antara Antigen (dalam hal ini adalah protein Bence Jones) dengan Antibodi. Pengendapan dapat dilihat langsung dengan mata telanjang atau mikroskop.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: