Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengapa Suhu Bumi terus Meningkat?

informasitips.com – Kamu ngerasa nggak kalau Bumi Kita tercinta ini semakin terasa panas? Tidak hanya di Indonesia, di seluruh penjuru dunia pun tercatat kalau ternyata suhu Bumi semakin meningkat setiap tahunnya. Tahun 2010 kemarin merupakan akhir dari dekade paling hangat yang pernah dirasakan oleh lingkungan di Bumi.

Ada beberapa penyebab kenapa Bumi semakin terasa panas. Berikut ini beberapa penyebab mengapa Suhu Bumi terus meningkat:

  • Gas Rumah Kaca.
    Emisi gas rumah kaca, seperti karbon dioksida, nitrat oksida dan methana, yang berasal dari gas buangan kendaraan bermotor serta dari kegiatan industri menyebabkan panas yang masuk ke Bumi terperangkap di dalamnya. Gas-gas rumah kaca tersebut memiliki sifat memantulkan cahaya, bukan meneruskannya, sehingga Bumi semakin terasa panas layaknya rumah kaca.
  • Deforestasi atau penggundulan hutan.
    Kegiatan ilegal yang satu ini akan mengurangi jumlah pohon yang memiliki kemampuan dalam mengambil gas karbon dioksida dari udara. Jika jumlah pohon sedikit (berkurang), maka semakin sedikit gas rumah kaca yang bisa diserap, akibatnya kadar/jumlah gas rumah kaca di atmosfer Bumi meningkat (banyak) dan Bumi akan terasa semakin panas.
  • Suhu Bumi Meningkat

    sumber: samaylive.com

  • Kemampuan laut dalam menyerap karbon dioksida berkurang.
    Menurunnya kemampuan laut dalam menyerap karbon dioksida disebabkan oleh semakin tingginya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) di udara.
  • Mencairnya es di laut.
    Adanya bongkahan es di laut, seperti yang terdapat di kutub, akan membantu menjaga suhu bumi.

    Dengan mencairnya es di laut maka jumlah air laut akan meningkat. Bila jumlah air laut meningkat, maka panas yang dapat dipantulkannya pun akan berkurang, sementara kapasitasnya dalam menyerap panas justru meningkat. Akibat semakin meningkatnya kapasitas laut dalam menyerap panas matahari, maka suhu air laut akan meningkat, begitu pula dengan suhu bumi juga akan ikut meningkat.

Hal-hal tersebut di atas berkontribusi terhadap peningkatan suhu global Bumi.

Namun, emisi gas rumah kaca akibat peningkatan aktivitas manusia, menurut NASA, adalah hal yang memiliki kontribusi paling besar dalam meningkatkan suhu Bumi.

Nah, dalam keadaan normal, sinar matahari yang masuk ke atmosfer Bumi akan menghangatkan Bumi untuk kemudian di pantulkan kembali ke angkasa. Jika kadar gas rumah kaca meningkat, maka sinar matahari yang masuk ke Bumi itu tidak dipantulkan kembali ke angkasa, melainkan diserap oleh molekul-molekul kecil gas rumah kaca sehingga akan membuat Bumi menjadi lebih hangat. Hal itulah yang kini kerap dikenal dengan sebutan Pemanasan Global atau Global Warming.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Mengapa Suhu Bumi terus Meningkat?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: