Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

informasitips.com – Sakit gigi membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Penyakit ini bisa menyerang segala usia, bahkan kebanyakan kasus justru lebih sering menimpa anak-anak. Sakit gigi merupakan serangan rasa nyeri, berdenyut pada gusi dan gigi. Pada anak-anak, sakit gigi bisa timbul akibat sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat pemanis seperti gula. Timbunan sisa-sisa makanan manis yang terdapat di dalam gigi akan membuat bakteri berkembang biak. Bakteri dalam gigi akan membuat zat gula mengeluarkan zat asam yang dapat merusak lapisan email sebagai lapisan pelindung gigi. Bila ini terjadi, maka bakteri penghancur (pembusuk) akan menjalar melalui saluran akar ke syaraf yang kemudian menimbulkan peradangan dan rasa sakit yang menusuk dan berdenyut.

Selain makanan, ada beberapa penyakit lain yang bisa memicu terjadinya sakit gigi. Umumnya orang tua tidak begitu mengetahui bahwa sakit gigi yang diderita anak-anaknya berasal dari penyakit lain. Contoh penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit gigi misalnya angina, sinusitis, polip, dan penyakit gusi (periodontal).
Serangan sakit gigi bersifat relatif. Ada anak yang hanya merasakan ngilu saja pada giginya. Namun ada pula anak yang merasakan sakit gigi yang teramat parah dengan efek nyeri yang tidak tertahankan, berdenyut, dan pendarahan pada gigi. Bila sakitnya sangat parah, sakit gigi bisa menimbulkan serangan sakit lainnya seperti sakit kepala dan sakit telinga. Bila ini yang terjadi, orang tua bisa membawa anak ke dokter gigi untuk mendapatkan pertolongan.

Adakalanya sakit gigi muncul dalam waktu yang tidak terduga, misalnya pada malam hari. Untuk itu, orang tua perlu bijak untuk memberi pertolongan pertama untuk mengobati sakit gigi sebelum anak mendapat pertolongan medis. Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi pada anak. Berikut tipsnya:

Minyak cengkeh
Resep tradisional yang telah teruji secara turun temurun ini ampuh untuk mengobati sakit gigi. Cengkeh adalah salah satu tanaman obat sekaligus resep dapur. Selain itu, industri mengolah cengkeh menjadi minyak botolan yang digunakan sebagai minyak urut, minyak pengurang gatal dan minyak sakit gigi. Saripati cengkeh yang diolah menjadi minyak manjur untuk menolong penderita sakit gigi dari rasa nyeri dan ngilu.

Anda bisa mengoleskan minyak cengkeh pada kapas dan kemudian meletakkan kapas yang sudah dilumuri minyak cengkeh tersebut di bagian gigi yang sakit. Minta anak untuk sedikit menggigit kapas tersebut pada gigi yang sakit agar minyak cengkeh di kapas tersebut bisa terserap oleh gigi yang sakit. Minyak cengkeh akan menimbulkan efek hangat dan nyaman di dalam mulut.

Daun sirih
mengobati-sakit-gigi-anakDaun sirih sangat terkenal sebagai rajanya pengobatan tradisional. Banyak penyakit yang bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan daun sirih, termasuk sakit gigi. Kandungan chavicol dalam daun sirih memiliki daya yang kuat sebagai antiseptik pembunuh bakteri. Ambil selembar daun sirih, lipat kecil. Minta anak Anda untuk menggigit atau mengunyah daun sirih tersebut di sumber rasa sakitnya. Cairan yang keluar dari daun sirih yang hancur akan membantu mengobati sakit gigi.

Bila anak Anda tidak bersedia mengunyah daun sirih, Anda bisa merebus daun sirih dalam semangkuk air. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus hingga air mendidih. Peras daun yang layu akibat perebusan dan saring. Satukan air perasan daun sirih dalam air bekas rebusan dari daun sirih tersebut. Jadikan obat kumur untuk sakit gigi anak Anda. Selain bisa mengobati sakit giginya, berkumur dengan air daun sirih juga bisa mengurangi bau tidak sedap pada mulut. Terlebih lagi bila sakit gigi itu berasal dari gigi yang berlubang, tentu saja aroma nafas menjadi berbau busuk.

Pijatan es batu
Es batu teruji mengurangi rasa sakit. Bahkan dahulu kala, es batu berperan pada proses pembedahan di rumah sakit sebelum ditemukan obat bius. Bagian tubuh yang diletakkan es batu bisa menimbulkan efek mati rasa, begitu pula pada gigi. Jangan takut bahwa es batu akan membuat gigi bertambah ngilu. Ngilu gigi akibat es batu hanya terjadi bila es batu tersebut digigit atau dikunyah. Berbeda hasilnya bila es batu dipijatkan pada daerah gigi yang terasa sakit. Caranya gampang, ambil sepotong batu es. Sesuaikan ukurannya pada rongga mulut anak Anda agar tangan Anda mudah memasukkan es batu tersebut dan melakukan pijatan di dalam mulut anak Anda. Letakkan es batu pada sumber rasa sakit, lalu pijat perlahan-lahan. Pemijatan dengan es batu akan langsung menyetuh pusat saraf dan mengurangi rasa sakit gigi yang diderita. Lebih dari 70% orang-orang yang pernah mempraktekkan cara ini bisa berkurang rasa sakit giginya.

Bawang merah dan bawang putih
Dua jenis tumbuhan umbi-umbian ini selain menjadi bahan untuk mengolah berbagai makanan, ternyata juga ampuh untuk mengobati sakit gigi. Tentunya para orang tua memiliki bahan dapur ini di rumah. Bila anak Anda terserang sakit gigi, Anda bisa mencoba menggunakan bawang merah atau bawang putih untuk mengobati sakit giginya. Caranya cukup mudah, ambil satu siung bawang putih atau bawang merah (Anda bebas menentukan ingin menggunakan bawang merah atau bawang putih, khasiat yang ditimbulkan dari kedua jenis bawang tersebut dalam menyembuhkan sakit gigi adalah sama).

Satu suing bawang merah atau bawang putih tersebut dikeprek setengah hancur menggunakan gagang pisau atau sendok. Letakkan bawang yang setengah hancur tersebut pada gigi anak Anda yang sakit. Lebih bagus lagi bila anak Anda mau mengunyahnya. Saripati yang keluar dari bawang yang dikunyah akan lebih banyak daripada ditempelkan pada gigi. Saripati bawang itulah yang akan mengurangi rasa sakit gigi yang diderita.

Garam
Garam juga termasuk bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi sakit gigi yang diderita buah hati. Bukan karena rasanya yang asin, namun karena kandungan yodium yang tinggi dalam garam mampu mengurangi bahkan menghilangkan rasa ngilu dan rasa nyeri akibat sakit gigi. Anda bisa membuat moutwash sederhana menggunakan garam bila Anda tidak memiliki persedian maouthwash keluaran pabrik yang dijual di pasaran. Caranya, ambil garam secukupnya dan kemudian larutkan dalam segelas air hangat. Aduk hingga butiran garam benar-benar larut keseluruhannya dalam air hangat. Setelah itu, jadikan larutan tersebut sebagai obat kumur/mouthwash. Anjurkan anak untuk berkumur dengan air garam sesering mungkin hingga ia merasa nyaman dan sakit giginya berkurang. Tapi ingat, jangan menelan air kumurannya yah!

Jeruk nipis
Jeruk nipis sering dipadupadankan dengan daun sirih ketika seseorang menggunakannya untuk mengobati sakit gigi. Namun, bila Anda hanya memiliki jeruk ipis saja, Anda pun bisa menggunakannya untuk membantu mengobati penderitaan anak Anda yang sedang sakit gigi. Potong jeruk nipis menjadi enam bagian kecil. Lalu letakkan potongan tersebut pada gigi yang sakit sambil sedikit memerasnya agar sari jeruk tersebut keluar. Tahan beberapa menit dan kemudian ganti dengan potongan berikutnya. Lakukan ini hingga potongan jeruk nipis habis. Selain vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis menimbulkan kesegaran dalam mulut anak Anda, rasa jeruk nipis yang manis-manis asam akan menimbulkan rasa nikmat di lidah.

Minyak kelapa
Selain minyak cengkeh, ternyata minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Anda tidak perlu repot mengolah tempurung kelapa dengan membakarnya hingga mengeluarkan minyak. Toh kini, minyak kelapa sudah banyak dijual botolan di toko obat atau supermarket. Lebih praktis dan mempermudah Anda tentunya. Begitu anak Anda merasakan sakit pada giginya, Anda bisa langsung mempraktekkan cara pengobatan sederhana dengan menggunakan minyak kelapa pada gigi anak Anda. Caranya, ambil sepotong kecil kapas, lalu basahi keseluruhannya dengan minyak kelapa. Panaskan kapas yang sudah dibasahi minyak kelapa tersebut di atas api lilin. Jangan sampai hangus, cukup sehangatnya saja. Bila sudah hangat, tempelkan potongan kapas dengan minyak kelapa tersebut di gigi yang sakit. Biarkan beberapa saat hingga hangatnya menghilang dan sakitnya mereda.

Itulah beberapa tips dan cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi pada anak. Semoga bermanfaat sebagai pertolongan pertama pada anak Anda yang sedang menderita sakit gigi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkannya. Terimakasih

OUR FRIEND