Informasi dan Tips – informasitips.com

Perkembangan Kehamilan 17 Minggu

informasitips.com – Beberapa perkembangan signifikan terjadi di minggu ini, salah satunya adalah proses perkembangan tulang dan plasenta. Di minggu ini, bisa saja Anda mulai merasakan keajaiban dari sensasi tendangannya di dalam sana. Sementara untuk ibu hamil sendiri, perubahan tubuh ibu mengharuskan adanya penyesuaian atau adaptasi. Namun, gejala morning sickness agaknya sudah tidak dirasakan lagi, malah selera makan ibu akan meningkat.

Nah, berikut ini perkembangan pada janin dan ibu hamil di kehamilan 17 minggu:

Yang Terjadi Pada Janin

– Melanjutkan dari perkembangan janin di minggu 16, kerangka janin pada minggu ini mulai berganti, dari yang tadinya masih berupa kartilago lembut menjadi tulang yang keras. Proses pembentukan tulang berlanjut di kehamilan minggu 17.

– Tidak hanya kerangkanya, tali pusar yang menghubungkan janin dengan ibu juga semakin kuat dan tebal. Pada minggu ini, tali pusar sudah sama besar dengan janin. Plasenta memiliki peran penting bagi janin di dalam perut ibu, yaitu menyediakan vitamin, mineral, protein, lemak, dan oksigen, serta membuang yang tidak terpakai lagi dan menyaring karbon dioksida.

– Lemak tubuh sudah mulai terdeposit di area bawah kulit dan kelenjar keringat.

– Di usia kehamilan yang 17 minggu, bobot badan bayi mencapai 5 ons dengan panjang 5 inci yang diukur dari kepala hingga bagian bawah.

– Janin bisa menggerakkan sendi-sendinya.

– Kelenjar keringatnya pada kehamilan 17 minggu mulai berkembang.

– Detak jantung janin per menitnya mencapai 140 hingga 150 kali, jumlah itu 2 kali lipat jika dibandingkan dengan detak jantung orang dewasa.

– Kemampuan janin untuk mengisap dan menelan pada minggu ini telah berkembang baik, hal itu merupakan bekal baginya untuk mendapatkan ASI saat dia dilahirkan kelak. Pada minggu ini dapat dikatakan bahwa gerak reflex janin sudah berkembang sempurna.

– Pada minggu ini juga, sidik jari si kecil sudah mulai terbentuk, dan akan semakin kentara di beberapa minggu ke depan.

Yang Terjadi pada Ibu Hamil

– Pada minggu ini, keseimbangan ibu terganggu akibat semakin membesarnya perut ibu, hal itu akan membuat pusat gravitasi ibu berubah. Perubahan itu bisa dirasakan kala ibu berjalan. Oleh karena itu, ibu harus berhati-hati agar tidak terjatuh.

– Ibu hamil pada minggu 17 boleh jadi akan merasakan matanya lebih kering ketimbang sebelumnya. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual di warung. Jika Anda menggunakan lensa mata, maka sebaiknya lepaskan saja dan ganti dengan kaca mata hingga Anda melahirkan. Hal itu untuk menghindari rasa tidak nyaman pada mata Anda akibat penggunaan lensa mata.

– Di minggu ke-17, selera makan ibu meningkat, jadi persediaan makanan harus selalu dijaga. Di Trimester kedua memang banyak ibu yang mengalami peningkatan selera makan, jadi jangan heran jika Anda merasa lapar secara tiba-tiba di waktu yang tak dikira.

– Pada minggu ini ibu mungkin mulai bisa merasakan tendangan si kecil dari dalam sana. Beberapa ibu mulai bisa merasakan tendangan janin berkisar antara 16 hingga 20 minggu.



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *