Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 6 Bulan

Kehamilan-6-BulanApa yang terjadi pada Ibu?

Semua orang dapat melihat Anda sedang hamil sekarang. Berat badan Anda akan bertambah dan kadang-kadang tubuh Anda terasa panas dan sedikit berkeringat sehingga wajah Anda tampak memerah, itu karena pasokan darah Anda meningkat. Jantung dan paru-paru bekerja lebih keras dibanding biasanya. Beberapa wanita mengalami nyeri di tulang rusuk mereka, karena si janin mulai menekan ke atas. Kadang-kadang Anda akan mengalami sesak napas karena alasan yang sama. Sekarang yang paling penting adalah memposisikan tubuh Anda dengan benar, dan hal lain yang perlu Anda ingat adalah Anda harus melindungi kaki serta sendi di sekitarnya. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, duduk dengan kaki terangkat, dan lakukan praktek latihan pra-melahirkan dengan rutin.

Apa yang terjadi pada Janin Anda?

Dalam periode ini bayi kecil Anda sudah mulai bisa mengisap jempolnya yang mungil dan terkadang dia cegukan. Anda akan merasakan hal itu di perut Anda. Mereka memiliki pola tidur dan aktivitasnya sendiri di dalam perut Anda, dan Anda benar-benar merasakan bayi Anda sekarang. Periode antara tiga bulan dan enam bulan juga dikenal sebagai trimester kedua.

Pada usia ini yaitu di umur 25 minggu, berat bayi Anda adalah sekitar 660 gram dan ukurannya sekitar 31 cm dari ujung kepala sampai tumit. Badannya mulai memanjang, lemak akan mengisi tubuh sang bayi. Pada umur 26 minggu, scan otak janin menunjukkan respon terhadap sentuhan. Jika Anda menyinari perut Anda, bayi Anda akan memutar kepalanya, yang berarti saraf optik nya bekerja.

Bayi Anda juga mulai terus bernapas kecil, yang merupakan ‘latihan’ sebelum lahir. Hal itu merupakan persiapan bagi janin agar nanti ketika ia dilahirkan proses bernafasnya yang untuk pertama kalinya di udara terbuka itu dapat berjalan dengan baik.

Untuk lebih lengkap lagi mengenai Kehamilan Bulan ke-6 Anda bisa ke artikel Kehamilan Bulan Ke-6 (Trimester Kedua)

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih