Informasi dan Tips – informasitips.com

Gejala Aterosklerosis yang Perlu Diketahui

informasitips.com – Aterosklerosis adalah suatu kondisi dimana terjadi penumpukan lemak teroksidasi di dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Hal yang paling ditakutkan dari aterosklerosis ialah terjadinya stroke ataupun serangan jantung. Aterosklerosis pada tahap ringan sebenarnya tidaklah menunjukkan gejala atau gejalanya sukar dideteksi. Namun, jika aterosklerosis sudah melangkah ke tahap berikutnya, maka ada beberapa gejala yang bisa diamati. Berikut ini beberapa gejala aterosklerosis yang perlu diketahui:

[list style=”list4″ color=”black”]

  • Jika Aterosklerosis terjadi di arteri jantung

    Pada dasarnya pembuluh darah arteri di jantung memiliki fungsi vital dalam mensuplai oksigen ke jantung. Jika pada pembuluh darah arteri jantung tersebut muncul plak, maka penyempitan pada pembuluh darah akan terjadi. Hal itulah yang kemudian disebut dengan aterosklerosis. Gejala umum yang muncul jika terjadi aterosklerosis pada arteri jantung ialah angina atau munculnya rasa sakit pada area dada akibat kurangnya suplai oksigen untuk otot-otot jantung. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka yang harus dilakukan adalah beristirahat, jangan terus beraktivitas karena hal tersebut malah akan memperparah rasa sakitnya.

    Gejala Aterosklerosis

    Aterosklerosis juga bisa terjadi pada arteri jantung terkecil, keadaan itu disebut coronary microvascular disease (CMD). Gejala dari CMD itu adalah angina, nafas pendek-pendek, gangguan tidur, kelelahan dan kurang tenaga.

  • Aterosklerosis pada arteri menuju otak

    Gejala yang menyertai jika aterosklerosis terjadi pada pembuluh darah yang menuju ke otak adalah mati rasa yang terjadi secara tiba-tiba pada lengan dan kaki. Selain itu, gejala lain yang ditunjukkan adalah kesulitan dalam berbicara atau bicara tidak jelas, serta terjadinya pengenduran otot-otot wajah. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, maka dapat mengarah ke stroke. Gejala lainnya adalah mengalami kesulitan melihat pada satu atau kedua mata, kesulitan bernafas, hilang kesadaran serta sakit kepala yang terjadi tiba-tiba dan sangat parah.

  • Aterosklerosis pada pembuluh darah di lengan dan kaki

    Gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit pada kaki atau lengan yang muncul berselang. Jika tingkat aterosklerosis yang terjadi sudah pada tahap eslanjutnya, maka gejala yang dirasakan adalah mati rasa dan terkadang muncul infeksi yang cukup parah.

  • Aterosklerosis terjadi pada arteri yang menuju ginjal

    Pembuluh arteri yang menuju ke ginkal berfungsi dalam menyuplai oksigen agar ginjal dapat berfungsi dengan baik, jika aterosklerosis sampai terjadi maka akan terjadi penyakit ginjal kronik yang dapat mengakibatkan fungsi ginjal lama-kelamaan menurun. Jika aterosklerosis masih dalam tahap awal, maka seringkali tidak disertai dengan munculnya gejala, namunseiring dengan bertambah parahnya kondisi tersebut maka si penderita akan merasakan kelelahan dan adanya perubahan pada proses urinasi (mengeluarkan urin jadi lebih sering atau lebih jarang), hilang nafsu makan, mual, bengkak pada tangan dan kaki, mati rasa dan sulit berkonsentrasi.

  • Aterosklerosis pada arteri menuju genital

    Gejala yang muncul adalah kegiatan yang satu itu akan terganggu, baik itu pada pria maupun wanita. Pada pria, disfungsi alat dapat terjadi.

[/list]

Jika Anda merasakan gejala di atas, maka jangan ragu-ragu untuk segera menghubungi dokter Anda agar penanganan dini bisa dilakukan. Selalu waspada terhadap gejala awal yang seringkali terabaikan.

Salam Sehat



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: