Zat Berkhasiat Antibakteri dari Kecoak

informasitips.com – Siapa yang tidak tahu kecoak? Binatang yang satu ini dikenal menjijikkan dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Tetapi sebenarnya keuntungan yang dimiliki oleh kecoak lebih besar ketimbang kerugiannya terhadap kesehatan manusia. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, salah satu hal yang ditunjukkan oleh binatang kecoak ini adalah adanya 9 molekul berbeda dalam jaringan mereka yang toksik terhadap bakteri multi-drug resistant (resisten terhadap banyak antibiotic) penyebab infeksi mematikan. Hal itu dikemukakan oleh para peneliti dari Universitas Nottingham.

Jaringan otak dan system saraf pada serangga mampu membunuh lebih dari 90% bakteri multi-drug resistant Staphylococcus aureus (MRSA) dan bakteri E.coli tanpa melukai sel-sel manusia. Simon Lee, seorang peneliti post-graduate mempresentasikan hasil kerjanya dan menyatakan bahwa molekul-molekul yang berasal dari serangga tersebut dapat dikembangkan untuk digunakan dalam penanganan infeksi yang disebabkan oleh E.coli dan MRSA yang sudah resisten oleh antibiotik-antibiotik terkini.

Pada akhirnya akan muncul harapan agar molekul-molekul obat yang berasal dari kecoak tersebut dapat menjadi jalan keluar untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri yang sudah semakin resisten terhadap antibiotik yang ada. Sifatnya yang selektif yang hanya menyerang bakteri dan tidak menyerang sel-sel manusia merupakan poin lebih dari molekul-molekul obat yang berasal dari kecoak ini.

Loading...

Rekomendasi

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>