Informasi dan Tips – informasitips.com

Waspadai Masalah Gigi Berlubang Pada Wanita Hamil

informasitips.com – Selama kehamilan, ada banyak hal yang perlu diperhatikan terkait dengan masalah kesehatan Anda, salah satunya adalah masalah kesehatan gigi. Akibat perubahan hormon selama masa kehamilan, wanita hamil cenderung lebih mudah dan rentan mengalami masalah sakit gigi dan gusi. Masalah kesehatan gigi yang sering terjadi selama kehamilan salah satunya adalah masalah gigi berlubang. Gigi berlubang terlebih yang terjadi selama kehamilan bisa berakibat cukup fatal bagi keselamatan bayi yang Anda kandung. Masalah gigi berlubang dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan, menghambat perkembangan bayi yang dikandung dan bisa beresiko menimbulkan keguguran pada kehamilan Anda.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian, wanita hamil yang mengalami masalah gigi berlubang baik kronik maupun akut, memiliki resiko lebih tinggi untuk melahirkan bayi berat lahir rendah atau BBLR (artikel BBLR baca di sini) dan bayi premature. Penyebabnya adalalah gigi berlubang memungkinkan bakteri masuk ke dalam pembuluh darah (sekitar gigi yang berlubang) yang nantinya bakteri tersebut dapat menyerang janin yang dikandung. Bila hal ini terjadi, resikonya adalah pertumbuhan dan perkembangan janin dapat terhambat dan terganggu.

Sebuah studi yang dilakukan di Center of Oral and Systemic Diseases, University οf North Carolina menemukan fakta bahwa resiko dan akibat fatal yang ditimbulkan dari masalah gigi berlubang sama parahnya dengan resiko akibat konsumsi rokok dan alcohol selama kehamilan, sangat fatal sampai bisa menimbulkan keguguran.

Bakteri Streptococcus mutans yang merupakan penyebab gigi berlubang dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui sirkulasi darah, dan selanjutnya dapat mencapai jantung sehingga menyebabkan gangguan pada jantung ibu hamil.

Selain itu, jika ibu hamil memiliki masalah kesehatan gigi yang cukup serius, maka produksi prostaglandin akan semakin meningkat. Bila hal ini terjadi, maka akan menimbulkan kontraksi pada rahim yang akhirnya bisa beresiko pada keguguran, khususnya selama kehamilan trimester pertama.

Gigi-Berlubang-Wanita-Hamil

Masalah kesehatan gigi yang mungkin terjadi selama kehamilan sebenarnya tak hanya masalah gigi berlubang. Ada beberapa masalah gigi lainnya yang juga bisa membahayakan kondisi ibu hamil dan janin yang dikandung. Diantaranya adalah radang gusi, radang jaringan penyangga gigi, dan sejenis tumor.

  • Radang gusi banyak terjadi pada wanita hamil, yaitu hampir 50 % wanita hamil mengalami keluhan radang gusi.
    Radang gusi menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak dan gusi bisa berdarah ketika menggosok gigi. Radang gusi disebabkan karena bakteri yang ada antara gigi dan gusi. Ketika makan, partikel kecil dari sisa makanan dapat menyelip diantara gigi dan gusi. Sisa makanan ini dapat mengundang bakteri sehingga menimbulkan peradangan.
    Semua orang bisa mengalami radang gusi, namun ternyata, wanita hamil memiliki resiko yang lebih tinggi mengalami radang gusi. Hal ini disebabkan karena selama hamil terjadi peningkatan hormone progesterone dan estrogen yang dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, khususnya ke gusi.

  • Radang jaringan penyangga gigi/sakit gusi
    Radang gusi jika dibiarkan bisa menimbulkan radang pada jaringan penyangga gigi, atau dikenal dengan istilah sakit gusi. Penyakit gusi ini merupakan infeksi yang cukup parah pada gusi yang menghancurkan jaringan penyangga gigi.
    Penyakit gusi bisa menimbulkan efek yang merugikan bagi kesehatan, seperti perdarahan pada gusi, gigi copot, dan berbagai infeksi berbahaya lainnya. Penyakit ini juga perlu diwaspadai selama kehamilan, karena juga dapat meningkatkan resiko kelahiran premature dan BBLR.
  • Tumor jaringan gusi
    Tumor jaringan pada gusi dapat terbentuk bila wanita hamil mengalami radang gusi dan radang jaringan penyangga gigi. Penyakit ini sering juga disebut granuloma piogenik, tumor radang jaringan yang mengeluarkan nanah. Keluhan yang muncul dari penyakit ini adalah kesulitan dalam berbicara, menelan dan tentunya menimbulkan rasa nyeri dan sakit.

Untuk itu, wanita hamil atau yang berencana ingin hamil, harus menjaga kesehatan gigi dan mulut. Meskipun terkesan sepele, namun hal kecil ini bisa membawa dampak yang cukup serius bagi kondisi kehamilan Anda dan bayi Anda.

Berikut tips menjaga kesehatan gigi yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:

  1. Sebelum hamil, terlebih dahulu melakukan cek up kesehatan gigi kurang lebih selama 6 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

    Untuk kehamilan yang terencana, masalah gigi berlubang dan komplikasinya memang mungkin bisa diantisipasi. Namun, bagaimana untuk kehamilan yang tak terencana? Tentu akan berbahaya bila dalam kondisi seperti ini Anda mengalami masalah gigi berlubang. Bila terlambat ditangani, resiko yang cukup serius bisa mengintai Anda. Oleh karena itu, sebaiknya wanita baik yang berencana hamil atau tidak harus selalu menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulutnya, salah satunya dengan cara melakukan cek up kesehatan gigi dan mulut.

  2. Rajin menjaga kebersihan dan kesehatan gigi selama hamil
    Selama kehamilan, Anda perlu juga mengunjungi dokter gigi paling tidak sekali selama masa kehamilan Anda. Biasanya cek up kesehatan gigi selama kehamilan ini sebaiknya dilakukan pada trimester kedua kehamilan, setelah organ vital bayi yang dikandung sudah terbentuk. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan resiko yang mungkin terjadi pada bayi akibat pemeriksaan dan proses pembersihan gigi.

  3. Apabila sudah terlanjur mengalami masalah gigi selama kehamilan, maka dokter perlu mengambil tindakan untuk menangani masalah ini. Namun, segala tindakan seperti obat pemutih gigi, dan obat-obatan lainnya, penggunaan X ray selama pemeriksaan gigi, sebaiknya dilakukan setelah bayi Anda lahir. Meskipun X ray gigi menggunakan radiasi yang cukup kecil, namun tentunya harus dihindari untuk lebih meminimalisir efek negative yang mungkin timbul pada bayi.

  4. Jaga kesehatan gigi Anda dengan cara rajin menggosok gigi (2 kali sehari) dan pilih pasta gigi yang akan membuat kondisi mulut menjadi lebih segar sehingga tidak mudah mual (biasanya selama hamil ibu hamil mudah sekali merasa mual dan muntah).

  5. Kurangi konsumsi makanan yang manis dan asam karena jenis makanan seperti itu cenderung bisa menimbulkan masalah kerusakan pada gigi.

  6. Makanlah makanan sehat selama kehamilan terutama makanan yang mengandung kalsium, vitamin B 12 dan vitamin C, karena kandungan ini baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

  7. Wanita hamil biasanya mengalami muntah, setelah muntah pastikan Anda berkumur-kumur dengan air hangat atau cairan pembersih mulut antibakteri untuk membersihkan asam lambung yang masih tersisa di dalam mulut, karena asam ini dapat merusak gigi Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, khususnya Anda yang sedang hamil agar lebih bisa menjaga dan memperhatikan kesehatan gigi dan mulut Anda.

Artikel Terkait

6 thoughts on “Waspadai Masalah Gigi Berlubang Pada Wanita Hamil

  1. admin Post author

    Bila memang amat mengganggu, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan mengetahui apa tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah gigi Anda. Biasanya bila memang belum ada keluhan yang sangat serius, maka dokter akan menunggu sampai bayi Anda lahir. Dengan pertimbangan bahwa tindakan penanganan yang dilakukan selama masa kehamilan bisa membahayakan janin yang dikandung. Terlebih kehamilan anda masih berumur 2 bulan, yang merupakan masa penting dan rawan dalam pembentukan organ-organ vital bayi.

    Jangan pernah sembarangan mengkonsumsi obat-obatan termasuk obat gigi. Bila belum ada keluhan yang cukup serius seperti berdarah, bengkak (sehingga anda sulit makan), atau lain sebagainya, sebaiknya dibiarkan saja sambil Anda tetap menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi Anda. Cek up kehamilan secara teratur amat penting, terlebih untuk Anda yang memiliki masalah gigi. Dengan cek up yang teratur, bila ditemukan kelainan atau keluhan apapun seputar kehamilan Anda akan bisa segera ditangani dengan cepat.

  2. noer

    Apakah dgn adanya gigi berlubang dan pncbutan gigi seorang wanita menjadi sulit hamil ?apa yang harus dlakukan?

  3. admin Post author

    Gigi berlubang dan pencabutan gigi tidak ada kaitannya dengan sulit hamil. Yang perlu diwaspadai adalah bila ada masalah dengan kondisi kesehatan gigi yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin dan ibu selama kehamilan. Jadi, sebelum hamil, ada baiknya wanita mengatasi segala macam keluhan giginya.

  4. fikanurcholidin

    posisi saya sekarang sedang hamil 8 bulan , tapi saya punya permasalahan dengan gigi saya , karena gigi saya yang pernah saya tembel lepas dan sekarang sering nyeri . apakah ini bs mengganggu perkembangan janin saya ? andaikata d tambal sementara boleh tidak ?

  5. sukma

    Saya mempunyai gigi berlubang dari sebelum hamil.tetapi G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ada keluhan apa2 .cuman kalo sikat gigi pasti berdarah itu juga dari dulu kalo sikat gigi pasti berdarah dari gigi ♈ª♌ğ berlubang itu ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih