Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Menebalkan Rambut

informasitips.com – Rambut adalah mahkota wanita, slogan tersebut kerap kita dengar. Memang tidak sepenuhnya salah mengingat rambut adalah bagian yang langsung dapat dilihat. Rambut yang indah juga merupakan indikator rambut sehat, sehingga banyak orang rela untuk mengeluarkan biaya besar agar rambut mereka tetap terawat.

Perawatan di salon berupa rebonding, pewarnaan rambut, dan menyambung rambut sudah bukan hal yang tabu lagi, bahkan konsumennya tidak lagi terbatas pada wanita, karena pria pun juga memerhatikan penampilan. Namun, bagaimana jika ternyata rambut Anda tiba-tiba menjadi rontok? Hal tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor barangkali stres atau terlalu banyak bekerja. Rambut yang rontok juga dipengaruhi usia, perubahan hormon, serta keturunan. Meskipun rambut botak diterima dalam budaya Indonesia, kebanyakan tetap ingin rambutnya tampak lebat dan indah.

Tips Menebalkan Rambut

sumber gambar: www.articlesweb.org

Rambut rontok merupakan fenomena yang normal pada seseorang jika dalam batas normal, namun tidak ada salahnya jika Anda tetap ingin menjaga rambut agar tetap tebal. Anda dapat mencoba tips berikut dalam rangka menebalkan rambut agar tetap terlihat lebat

Telur ayam

Telur ayam yang belum dimasak dapat Anda gunakan dengan cara memecahnya, kemudian Anda dapat memijatkannya pada kulit kepala secara perlahan. Telur mengandung vitamin A, D, E yang bermanfaat untuk perlindungan rambut dan pertumbuhannya. Vitamin A akan meningkatkan produksi kelenjar minyak pada kulit kepala dan menjaga rambut dari kerapuhan. Vitamin D berfungsi untuk merawat rambut yang tipis karena rontok, sedangkan vitamin E memperbaiki kantung rambut pada kulit kepala yang jika dibiarkan dapat menyebabkan rambut semakin rapuh.

Dengan bantuan sisir dengan bergigi lebar, proses ini akan lebih efektif karena gigi sisir mampu menyapu seluruh bagian rambut. Setelah Anda melakukannya, bilas rambut degnan air dingin. Jangan sampai Anda membilasnya dengan air panas karena telur dapat menjadi masak dan menempel di kepala.

Pisang dan alpukat

Siapa bilang pisang hanya dapat dimanfaatkan dengan dikonsumsi? Pisang dan alpukat yang dicampur mampu merawat rambut dan membuatnya lebih indah. Pisang mengandung kalium yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Anda jangan menganggap remeh kesehatan kulit kepala, karena kulit kepala yang tidak sehat dapat semakin memacu kerontokan rambut.

Untuk dapat menggunakan campuran kedua jenis buah, kupas pisang dan alpukat, ambil masing-masing ¼ bagian lalu blender hingga halus. Usai memblender, ratakan pada kulit kepala lalu tutup rapat menggunakan penutup rambut yang bisa Anda peroleh di supermarket. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas. Selain menjadi bersih, rambut Anda akan semakin sehat dan kuat.

Madu

Sudah bukan rahasia lagi jika madu dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut yang rontok. Madu pun dapat dengan mudah didapatkan. Karena madu bersifat lengket, maka penggunaannya harus berhati-hati. Tuangkan madu pada tangan, lalu gosokkan perlahan pada kulit kepala secara merata, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas. Madu akan menumbuhkan rambut kembali dan menguatkannya, serta membuat rambut tampak berkilau.

Agar-agar

Untuk perawatan rambut, larutkan agar-agar dalam satu cangkir air hangat dan biarkan membentuk jeli, kemudian ratakan pada kulit kepala. Diamkan beberapa saat hingga mengering. Selanjutnya Anda dapat membilasnya dan menyamponya kembali.

Melindungi rambut dari cuaca panas

Rambut yang terlindungi secara langsung dari teriknya matahari dapat mencegah rambut dari kehilangan kelembutannya, serta dapat menyebabkan rambut rapuh. Anda dapat menggunakan topi ketika berada di luar untuk tetap melindungi rambut.

Tips lain yang dapat Anda coba diantaranya seringlah mencuci rambut, namun jangan terlalu sering karena akan menyebabkan rambut kering. Memakan makanan yang mengandung omega 3 dari ikan salmon juga dapat menyuburkan rambut dan membuatnya tebal. Selain mencoba tips di atas, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter jika kerontokan rambut terjadi semakin parah. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: