Informasi dan Tips – informasitips.com

Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya

informasitips.com – Hampir semua orang senang mendengarkan musik. Musik adalah bahasa universal yang mampu dipahami oleh semua orang. Tidak peduli apa bahasa yang digunakan dalam sebuah lagu. Buktinya, Gangnam Style bisa menjadi sangat mendunia. Memang, adanya gerakan unik dalam video klip lagu tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar. Atau contoh lainnya, musik pop Korea atau K-Pop sekarang sedang mewabah di Indonesia. Padahal, apakah kamu tahu arti dari lirik lagunya? Sebagian besar tidak.

Apa sih sebenarnya tujuan orang mendengarkan musik? Ada yang mendengarkan musik untuk hiburan, tapi ada juga yang menjadikan musik sebagai inspirasi. Ada orang yang ketika sedang merasa sedih atau galau, mereka mendengarkan musik-musik romantis, lagu-lagu slow yang bertema patah hati. Namun ada juga yang gara-gara mendengarkan musik-musik seperti itu, hatinya jadi merasa sedih, padahal sebelumnya tidak. Inilah kuatnya pengaruh musik dalam kehidupan.

Kepribadian berdasarkan Selera Musik

sumber gambar: www.metaphoricalplatypus.com/

Karena diciptakan oleh berbagai orang dengan berbagai macam karakter, maka jenis musikpun berbeda-beda. Mulai dari musik tradisional sampai musik yang membutuhkan teknologi tinggi. Peminat jenis-jenis musik itupun berasal dari kalangan yang berlainan. Inilah sebabnya, pilihan musik favorit dianggap dapat menjadi gambaran mengenai kepribadian seseorang.

Pilihan jenis musik tertentu juga mempengaruhi perlakuan kepada mereka yang menggemarinya. Misalnya saja, panitia konser musik rock akan membuat desain panggung dan pengamanan yang berbeda dibandingkan dengan jika mengadakan konser musik klasik. Hal ini karena penikmat beragam jenis musik memiliki karakternya masing-masing.

So, apa musik favorit kamu? Dan bagaimana kepribadianmu dilihat dari musik favoritmu?

  • Pop

    Musik pop adalah musik dengan jumlah penggemar terbanyak. Hal ini karena musik pop mudah diterima oleh hampir semua kalangan. Musik pop juga lebih sering diputar di siaran radio-radio, sehingga memungkinkan lebih banyak orang yang mendengarkannya, dan akhirnya menggemarinya. Jika kamu adalah penggemar musik pop sejati, maka biasanya kamu adalah orang yang terbuka, jujur dan cenderung konvensional. Para penikmat musik pop juga suka bekerja keras dan punya harga diri yang tinggi. Para peneliti menemukan bahwa mereka pada umumnya kurang kreatif dan nyaman dengan keadaannya sekarang.

  • Rock/Heavy Metal

    Walaupun jika dilihat dari luar, para musisi rock itu terlihat urakan, namun sebagian besar dari antara mereka justru berkepribadian lembut dan menyayangi keluarganya. Tidak jauh berbeda dengan penggemar musiknya. Meskipun terlihat garang, namun sebetulnya kamu kurang rasa percaya diri, sehingga meskipun selalu ingin berkreasi, tapi lebih banyak menutup diri.

  • Jazz

    Termasuk dalam golongan ini adalah juga para penyuka musik blues atau soul music.

    Kalau kamu adalah penikmat jenis-jenis musik tersebut, maka kamu adalah orang yang terbuka dan punya harga diri yang cukup tinggi. Orang-orang penyuka jazz juga adalah orang-orang yang kreatif, cerdas dan cenderung tenang.

  • Rap dan Hip Hop

    Para musisi rap atau hip hip biasanya adalah masyarakat keturunan Afro-America. Mereka pada umumnya menjalani masa kecil dengan keras, di daerah-daerah yang berbahaya. Penampilan mereka juga cenderung bling-bling, sehingga lebih menarik perhatian. Walau demikian, para peneliti menemukan bahwa jika kamu adalah penggemar musik rap atau hip hop, bukan berarti kamu adalah orang yang suka dengan kekerasan. Kamu justru adalah pribadi yang ramah dan memiliki harga diri yang tinggi.

  • Klasik

    Walaupun cenderung tertutup, kamu adalah orang yang tenang, baik saat menghadapi gejolak yang ada dalam dirimu sendiri maupun yang berhubungan dengan keadaan sekitarmu. Kamu adalah pribadi yang kreatif dan mampu menjaga harga diri dengan baik.

  • Country

    Orang-orang yang menyukai musik country biasanya adalah orang-orang yang suka bekerja keras, konvensional dan ramah. Memang, biasanya lirik lagu-lagu country bercerita tentang seseorang yang tengah patah hati. Namun, kalau kamu menyukai musik ini berarti kamu adalah seseorang yang emosinya stabil.

  • Indie

    Sebagian musik indie sebenarnya enak didengar, namun hanya sedikit yang mampu menikmatinya. Hal ini karena para pemusik indie memang ingin berkarya dengan gayanya sendiri, tidak mau terpengaruh dengan selera pasar. Sedangkan para penyuka musik indie biasanya adalah orang-orang yang cenderung tertutup, namun cerdas dan kreatif. Menurut para peneliti, mereka juga tidak suka pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga dan perasaannya kurang peka. Pada umumnya juga mereka sering merasa cemas dan rendah diri.

  • Dance music

    Kalau kamu sangat menyukai musik dance, berarti kamu adalah pribadi yang ramah dan tegas.

Sayang, para peneliti yang umumnya berasal dari negara-negara Barat tidak meneliti kepribadian orang-orang yang menyukai musik dangdut.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

7 thoughts on “Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya

  1. anugrah

    Kalau yg suka dangdut itu setau saya orangnya agak norak, percaya diri dan nyaman dengan dirinya sendiri seta pandai bersosialisasi.

  2. dimas sukma dianto

    kalo saya suka semua genre musik, tapi yang isi di dalam lagunya itu ada pesan moralnya, contoh iwan fals,ebiet g ade, rhoma irama, sampe penyanyi genre reagee pun saya suka kalau ada pesan moral di dalam lagunya, saya ga suka lagu yang pesan moralnya cuma galau aja apa lg kalau yang didalamnya ada unsur porno.

  3. wandi nur hakim

    Saya suka nya dengar musik metal, karna setalah saya mendengarkan musik metal saya merasa lebih tenang dan kebih semangat ketimbang saya mendengarkan musik pop cenderung membuat saya terpuruk dari sebelum nya..

  4. hob

    saya suka musik hiphop karena menurut saya musisi rap itu kreatif dan mandiri.. isi lagunya juga lebih realistis dan bisa ngerasa tenang karena kemarahan bisa diluapkan seiring dengerin musik hiphop… jujur aja,saya suka hiphop korea… saya suka kpop bkn karena cuma ikut ikutan,atau sok2an dengerin tapi gatau artinya..setiap lagu korea terutama yg bergenre hiphop pasti selalu saya cari artinya biar lebih ngena.. mungkin orang mengidentikan kpop dengn boyband girlband aja.. tpi sbenernya lebih dri itu.. kpop bukan cuma oplas.. banyak yg bisa dinilai,, terutama tentang industri musik hiphop y yg bener2 digarap dengan serius dan mendapat apresiasi khusus

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: