Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Agar Gigi Tidak Berlubang

informasitips.com – Penyebab gigi berlubang pada umumnya adalah sering mengkonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi. Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Wiiloughby Miller, seorang dokter gigi di Berlin University, yang juga menyatakan bahwa gigi berlubang bisa diakibatkan oleh bakteri yang menempel pada sisa makanan yang ada di daerah sekitar gigi.

Tentunya Kamu tidak mau kalau sampai gigi Kamu berlubang, kan?

Nah, berikut beberapa tips yang harus Kamu ketahui agar gigi tidak berlubang:

  1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

    Menyikat gigi minimal 2 kali sehari, termasuk menyikat gigi setelah selesai makan, dengan pasta gigi berflouride adalah solusi utama, karena dapat membunuh bakteri yang terdapat pada sisa-sisa makanan di sekitar gigi dan mencegah gigi berlubang.

  2. Periksa gigi setiap 6 bulan sekali

    Sempatkanlah untuk memeriksa gigi setiap 6 bulan sekali. Selain dapat mengetahui kondisi gigi dan juga mengetahui seberapa besar kemungkinan gigi kita untuk berlubang, dengan memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi berarti kita memperbesar kemungkinan agar bisa menjaga ketahanan gigi sampai umur 70 tahun keatas.

  3. Mengunyah permen karet mint

    Permen karet yang mengandung mint bisa membuat gigi menjadi lebih bersih, karena dengan mengunyah permen karet maka Kita bisa membersihkan gigi dari bakteri yang menyelip di sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Hal tersebut tentu saja bisa mengurangi tumbuh kembang bakteri yang akan merusak gigi menjadi berlubang.

  4. Tips Agar Gigi Tidak Berlubang

    sumber gambar: www.emed.com.au

  5. Minumlah susu berkalsium tinggi yang rendah lemak

    Susu merupakan minuman dengan kadar kalsium yang tinggi. Dengan mengkonsumsi susu setiap harinya berarti Kamu telah memberikan perawatan pada gigi Kamu, apalagi ketika umur Kamu semakin bertambah, semakin besar pula kemungkinan gigi Kamu untuk menjadi berlubang dan rapuh. Kamu bisa mengkonsumsi susu pada saat sarapan pagi ataupun saat akan melakukan aktivitas yang sangat berat dan membutuhkan banyak energi. Jika makan siang Kamu belum mencukupi kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, maka minumlah susu pada saat siang hari. Minum susu sebelum tidur juga bisa membantu menguatkan tulang dan gigi.

  6. Air juga merupakan pencegah gigi berlubang

    Kerusakan gigi umumnya berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti akar gigi. Asam ini bisa dinetralkan dengan ludah atau air liur dan mengandung mineral khusus yang membantu memperbaiki gigi. Selama tubuh terhidrasi, tubuh akan memproduksi air liur yang cukup untuk menjaga gigi dan menghindari gigi berlubang. Seseorang biasanya kehilangan sekitar 2-3 gelas air melalui pernapasan teratur dan satu gelas melalui keringat. Jika ditambah dengan air yang keluar saat di kamar mandi dan latihan fisik, maka diperkirakan tubuh butuh 8 gelas air per hari. Karenanya usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup.

  7. Hindari makanan yang mengandung soda

    Penelitian dari Academy of General Dentistry menyatakan minuman bersoda bukan hanya dapat menyebabkan gemuk, tetapi juga dapat membuat gigi Kamu menjadi rusak. Bagian yang akan rusak akibat minuman bersoda adalah email gigi, jangan abaikan kerusakan pada email gigi Kamu, karena email gigi yang rusak akan membuat lapisan gigi berkurang dan menipis sehingga gigi menjadi mudah rapuh, tentu saja hal tersebut sangat memungkinkan untuk membuat gigi Kamu menjadi berlubang.

  8. Perhatikan cara menggosok gigi

    Sangat penting untuk tahu bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Jangan terlalu bersemangat saat Kamu sedang menggosok gigi. Gosoklah gigi secara perlahan agar gigi Kamu tetap sehat dan mengurangi resiko gigi menjadi rusak dan berlubang.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: