Informasi dan Tips – informasitips.com

Cermat dan Hati-hati dalam Berinvestasi

informasitips.com – Akhir-akhir ini banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan kepada kita. Beragam model investasi tersebut sepertinya sungguh menggiurkan dan menjanjikan. Bahkan tak sedikit jenis investasi yang menawarkan kemudahan, keuntungan yang maksimal dengan bunga yang tinggi. Namun, Anda jangan terlalu cepat percaya dengan segala macam keuntungan yang dijanjikan tersebut. Justru Anda harus lebih cermat dan selalu hati-hati dalam memilih jenis investasi yang Anda inginkan, agar Anda tidak terperangkap menjadi korban dalam sistem penipuan berkedok investasi.

Berikut sedikit tips yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memutuskan untuk berinvestasi :

  1. Anda harus paham bahwa dalam berinvestasi, semakin tinggi bunga yang dihasilkan maka akan semakin tinggi pula resiko yang berarti uang Anda bisa hilang semua. Untuk itu, jangan terlalu percaya pada sistem investasi dengan iming-iming bunga hasil yang terlalu tinggi.

  2. Cermat Berinvestasi

  3. Tanyakan dengan jelas tentang izin perusahaan tersebut apakah Bank (harus ada izin BI), Pengelola Investasi (harus ada izin Bapepam), Asuransi dan Dana pension (harus ada Izin Bapepam), Berjangka (harus ada izin Bapepti).
  4. Anda harus mengetahui dengan jelas kemana dana tersebut diinvestasikan.

  5. Apabila menjajikan penawaran bunga yang tinggi, Anda juga harus menanyakan mengapa dan bagaimana bunga yang ditawarkan bisa begitu tinggi.

  6. Anda juga perlu mengetahui dengan pasti berapa besar perusahaan dan pemilik perusahaan ikut menginvestasikan dana mereka ke sistem investasi tersebut, apabila memang benar bunga yang ditawarkan tinggi

  7. Jangan lupa untuk menanyakan juga mengenai besar dana penjual (tenaga marketing) yang diinvestasikan dalam sistem investasi tersebut

  8. Apabila semua pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak dapat dijelaskan oleh pihak penawar investasi, lebih baik Anda menghindarinya karena bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu bentuk investasi palsu.

Prinsipnya, Anda harus benar-benar teliti dan memastikan bahwa jenis investasi tersebut memang benar dan terpercaya. Jangan sampai Anda menjadi korban penjahat investasi akibat kurang cermat dan tidak berhati-hati dalam berinvestasi. (ST)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: