Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Antisipasi Gangguan Stres

informasitips.com – Berbagai masalah yang sering terjadi di dalam kehidupan terkadang membuat kita merasa terbebani dan menjadi stress. Stres memang suatu hal yang sulit dihindari, tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa diatasi. Beberapa tips berikut dapat Anda coba untuk mengantisipasi dan mengatasi stres :

  1. Kenali diri Anda agar tahu hal-hal apa saja yang bisa membuat dan memicu Anda menjadi stres.
    Misalnya, ditegur atasan membuat kamuAnda merasa terganggu, udara panas, pekerjaan yang menumpuk dan sebagainya. Dengan mengetahuinya Anda akan mampu menghandel diri sendiri menjadi lebih baik agar tidak ditegur bos, mampu mengatur pekerjaan agar tidak menumpuk, dan lain sebagainya

  2. Irama hidup yang teratur
    Buatlah rencana harian, mingguan, bulanan dan cobalah konsisten dengan rencana tersebut agar apa yang Anda inginkan dapat terwujud.

  3. Hindari spekulasi
    Bila Anda adalah orang yang sukar menerima hasil negatif, jangan berspekulasi. Lakukan saja hal-hal yang pasti hasilnya, sehingga hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan tidak khawatir.
  4. Membiasakan diri selalu hidup sehat.
    Hidup sehat berarti memiliki pola hidup yang sehat, hindari pemicu gangguan seperti makanan berlemak, junk food, rokok, begadang, minuman keras, dan sebagainya. Gaya hidup yang tidak sehat membuat hidup Anda rentan terhadap gangguan stress.

  5. Olahraga teratur.
    Dengan berolahraga secara teratur akan melancarkan peredaran darah sehingga Anda pun menjadi lebih segar dan sehat. Tidak hanya itu, nutrisi yang dikonsumsi akan mengalir ke dalam tubuh lebih baik.

  6. Mendekatkan diri kepada Tuhan YME.
    Ini poin terpenting dari semua poin di atas. Pasrah dan berserah diri kepada Tuhan YME akan membuat Anda lebih bisa menikmati hidup ini tanpa harus khawatir akan terkena stress.Yang tak boleh dilupakan juga adalah senantiasa berfikir positif terhadap segala sesuatu hal akan membuat jiwa dan rohani Anda menjadi lebih sehat.

Sebagai manusia yang hidupnya selalu disertai dengan konflik, maka kita harus senantiasa membekali diri agar tidak terlarut ke dalam konflik tersebut secara berkepanjangan, sehingga akhirnya bisa menimbulkan stress. Semoga ke-enam tips di atas bisa membekali diri Anda agar dapat mengantisipasi gangguan stress.

Copyright secured by Digiprove © 2011

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih