Informasi dan Tips – informasitips.com

Cara Merawat Vacuum Cleaner

informasitips.com – Vacuum cleaner tentu sudah menjadi bagian tak terpisahkan untuk banyak rumah moderen. Alat ini berfungsi untuk menghisap debu yang akan membuat rumah semakin nyaman untuk dihuni. Sayangnya, banyak yang tidak tahu bahwa vacuum cleaner, seperti juga alat elektronik lainnya, mudah rusak bila tidak digunakan dengan benar. Nah, terkait dengan hal tersebut, tentu saja penting untuk mengetahui Cara Merawat Vacuum Cleaner agar mesin bisa memberi manfaat yang lebih lama bagi pemiliknya.

Bila Anda bisa merawat alat ini dengan baik, tentu saja fungsi yang dirasakan bisa bertahan lebih lama sehingga biaya untuk perawatan bisa dihemat. Berikut ini adalah beberapa tips merawat vacuum cleaner yang perlu Anda tahu.

Yang pertama, usahakan untuk tidak menghisap debu di area yang masih terlalu basah. Lalu, sebenarnya apa yang harus dilakukan bila menemukan tempat basah yang banyak debunya? Ya, Anda bisa mengelap bagian basah tersebut terlebih dahulu. Setelah mengering baru kemudian Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menghisap debu yang ada. Alasan mengapa vacuum cleaner harus digunakan di tempat kering adalah untuk meghindari butiran butiran air masuk ke dalam mesin yang bisa menimbulkan korosi. Semakin sering terjadi korosi maka akan semakin cepat rusak vacuum cleaner.

Merawat Vacuum Cleaner

Hal kedua yang perlu diperhatikan untuk merawat vacuum cleaner yaitu tidak menghisap partikel yang berukuran besar. Bila Anda menghisap partikel yang lebih besar, ujung vacuum cleaner yang sering disebut Nozzle akan mudah tersumbat. Bila sering tersumbat maka ujung vacuum clener akan mudah rusak. Yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menyapu terlebih dahulu bagian yang akan anda bersihkan dengan vacuum cleaner.

Selain kedua hal tersebut di atas, merawat vacuum cleaner sangat erat kaitannya dengan pergantian kantong debu secara berkala. Waktu ideal untuk mengganti kantung debu adalah sebulan sekali. Tentu saja waktu ini bisa berubah sesuai dengan intensitas pemakain. semakin sering vacuum cleaner digunakan maka sebaiknya Anda semakin sering mengganti kantung debu. Bila jarang diganti, dampaknya vacuum cleaner akan menjadi sumber debu sehingga justru akan menjadi sumber penyakit di dalam rumah.

Menghentikan pengoperasian vacuum cleaner saat mesin sudah terasa sangat panas tentu saja menjadi hal yang wajib Anda perhatikan dalam perawatan vacuum cleaner. Suara vacuum cleaner tentu juga harus sering diperhatikan. Bila saat Anda mengoperasikan dan suara mesin terdengar aneh, pastikan untuk menghentikannya. Kemudian, periksa bagian dalam untuk memastikan tidak ada pipa yang tersumbat atau bagian mesin lainnya yang berfungsi tidak semestinya. Hal yang paling penting dalam merawat vacuum cleaner yaitu membersihkan secara rutin setelah mesin digunakan. Pembersihan secara berkala tentu saja akan membuat setiap kerusakan bisa terdeteksi lebih awal sehingga vacuum cleaner bisa berumur lama.

Itulah beberapa aspek penting terkait perawatan vacuum cleaner yang sebaiknya anda tahu. Tentu saja semua hal yang tersebut di atas harus dilakakan secara rutin agar vacuum cleaner bisa berfungsi dengan semestinya dan, tentunya, bertahan lama.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *