Informasi dan Tips – informasitips.com

Perawatan Rumput untuk Taman Rumah yang Asri

informasitips.com – Taman adalah bagian penting dari rumah yang akan mempercantik tatanan rumah sekaligus memberikan kesan asri dan rindang terhadap hunian anda. Anda dapat memilih desain taman sesuai dengan selera dan konsep rumah anda. Anda juga memiliki banyak pilihan tanaman yang ingin anda tanam di taman rumah anda. Selain itu, anda juga dapat memilih jenis rumput sesuai dengan konsep taman dan selera anda.

Rumput adalah tanaman yang paling umum digunakan sebagai penutup permukaan taman. Hal ini sangat mudah dipahami karena rumput mampu memberikan kesan lebih asri dan hijau pada taman. Selain itu, penggunaan rumput juga akan meminimalisir munculnya debu akibat tanah yang kering. Sifat rumput yang sangat baik dalam menyerap air sehingga rumput juga merupakan alternatif yang baik untuk menghindari genangan air di musim hujan.

Ada beberapa jenis rumput yang dapat ditanam di taman rumah anda. Rumput gajah mini adalah yang paling populer digunakan saat ini. Rumput ini dikenal sebagai salah satu yang paling murah dan mudah didapatkan daripada rumput jenis lain. Selain rumput gajah mini, ada bebarapa jenis rumput lain yang dapat anda gunakan diantaranya rumput golf, rumput swiss, rumput jepang/ rumput peking dan rumput embun. Walaupun jenis rumput yang tersedia dipasaran beragam, perawatan yang anda perlukan untuk rumput taman anda cenderung serupa. Berikut tips yang dapat anda gunakan dalam merawat rumput taman anda.

Rumput Taman Rumah

  • Siram rumput taman anda secara rutin. Penyiraman secara rutin akan menjaga kesuburan rumput taman di rumah anda. Seperti yang telah anda ketahui, rumput akan mengering jika dibiarkan tanpa air terutama di musim kemarau. Di musim hujan, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, anda dapat menyiram rumput sesuai kebutuhan. Penyiraman ini dapat dilakukan dengan cara manual ataupun dengan cara otomatis. Dan ingat, jangan menyiram tanaman di siang hari.
  • Bersihkan rumput liar atau gulma yang tumbuh di area sekitar rumput. Hal ini penting untuk dilakukan agar rumput tumbuh dengan baik tanpa adanya gangguan dari gulma tersebut. Selain itu, upaya ini juga merupakan upaya untuk menjaga keindahan taman rumah anda secara keseluruhan sehingga taman anda menjadi terlihat terawat dengan baik.
  • Pangkas atau potong rumput anda secara berkala. Ini merupakan bentuk perawatan dasar yang selalu diperlukan untuk menjaga keindahan dan kesuburan rumput taman anda. Anda dapat dengan mencari jasa potong rumput sehingga anda tidak perlu memangkas rumput anda sendiri. Jika ada bagian yang perlu ditambal, maka langkah penambalan juga dapat dilakukan.
  • Untuk perawatan, pemupukan juga perlu dilakukan untuk menjaga kesuburan sehingga taman anda tetap terlihat asri.

Rawatlah rumput taman anda dengan baik karena perawatan adalah hal yang mutlak diperlukan. Semoga tips di atas dapat menginspirasi anda dalam upaya menciptakan suasanan rumah yang rindang dan asri.

image source: pixabay.com, user=inspector



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: