Informasi dan Tips – informasitips.com

Trik Make up Korektif Mata untuk Menutupi Kekurangan Pada Mata

informasitips.com – Dalam riasan make up wajah, mata merupakan bagian penting yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Keseluruhan tampilan riasan wajah menjadi terasa ada yang kurang dan belum sempurna bila riasan pada bagian mata juga tidak sempurna. Agar make up mata sempurna, tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu seperti apa bentuk mata kita dan apa kekurangan pada mata kita agar bisa disiasati dan ditutupi dengan make up yang kita gunakan.

Tak perlu bingung bagaimana cara menyiasati bentuk mata yang dirasa kurang sempurna. Dengan trik make up korektif pada mata, kekurangan pada mata akan tertutupi, tampilan mata pun akan terlihat lebih indah dan menarik.
 
Apa itu trik make up korektif mata?
Trik make up korektif mata merupakan cara untuk menyiasati bentuk mata yang kurang sempurna dengan mengaplikasikan teknik make up tertentu yang disesuaikan dengan kekurangan yang ada.

Misalnya, dengan trik make up korektif mata, mata yang kecil jadi terkesan lebih besar, mata sayu terkesan jadi lebih “hidup” dan “berbicara”, atau bentuk mata yang tidak simetris antara mata kiri dan kanan bisa dikoreksi agar tampilannya terlihat lebih simetris.
 
Bagaimana cara melakukan trik make up korektif pada mata?
 
Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk kekurangan pada mata beserta trik make up korektif yang perlu diterapkan:

  1. Mata sipit (tak berkelopak)
    Untuk mengoreksi bentuk mata yang sipit (tak berkelopak) agar terlihat lebih besar, salah satu triknya adalah dengan menggunakan selotip mata (scotch tape).

    Selain menggunakan selotip mata, untuk menyiasati bentuk mata yang sipit, kita juga dapat bermain dengan eyeshadow secara tepat. Hasilnya, mata akan terlihat lebih besar dan berkelopak.

    Cara mengoreksi bentuk mata sipit dengan make up adalah:
    Gunakan eyeshadow warna gelap pada sudut luar mata. Selanjutnya, tambahkan eyeshadow putih pada kelopak mata dan eyeshadow warna gelap lagi di atasnya. Kemudian, baurkan dan rapikan agar riasan mata terlihat halus dan menyatu.

  2. Mata kecil
    Anda memiliki mata yang kecil dan merasa kurang puas dengan bentuk mata yang demikian? Tak perlu risau. Lakukan koreksi bentuk mata Anda dengan trik make up korektif mata agar didapat kesan mata yang lebih besar.
     
    Cara mengoreksi bentuk mata yang kecil dengan make up adalah:
    Konsentrasikan pemakaian eyeshadow pada bagian ujung mata. Caranya adalah, aplikasikan eyeshadow warna terang pada kelopak mata, kemudian baurkan dengan eye shadow warna gelap pada ujung mata.
     
    Trik make up lainnya untuk mengoreksi bentuk mata yang kecil adalah dengan menggunakan eyeliner cair warna gelap pada bagian atas mata (garis mata atas). Selanjutnya, gunakan eyeliner warna terang pada bagian bawah mata (garis bawah mata). Kemudian, gunakan bulu mata palsu pada bulu mata bagian atas. Untuk bulu mata bagian bawah, gunakan maskara dan berikan sedikit penekanan pada bagian tengahnya dengan cara mengaplikasikan maskara lebih tebal pada bagian tengah bulu mata bawah. Hal tersebut bertujuan agar mata terlihat lebih bervolume dan besar.
     

  3. Mata sayu dan turun
    Jika Anda memiliki bentuk mata yang sayu dan terkesan turun, sehingga terlihat seperti orang yang sedang mengantuk, lakukan trik make up korektif pada mata Anda dengan menyapukan eyeshadow ke arah atas agar sudut mata terlihat naik, dan kesan sayunya hilang.
     
    Cara mengoreksi bentuk mata sayu dengan menggunakan make up adalah:
    Aplikasikan eyeshadow warna gelap di sekitar lipatan kelopak mata Anda. Kemudian, baurkan dengan eyeshadow warna terang di atasnya ke arah atas pada sudut luar mata (tarik ke arah ujung alis Anda). Hasilnya, mata akan terlihat lebih “hidup” dan kesan sayu atau mengantuknya juga akan tersamarkan.
     

  4. Mata cekung (masuk ke dalam)
    Bila Anda memiliki bentuk mata yang cekung, trik untuk menyiasatinya adalah dengan menggunakan permainan warna yang sedikit berani. Dengan demikian, bentuk mata Anda tidak lagi terkesan terlalu masuk ke dalam.
     
    trik-make-up-korektif-mata-menutup-kekurangan-mata

    Cara mengoreksi bentuk mata cekung dengan menggunakan make up adalah:
    Aplikasikan eyeshadow terang pada kelopak mata Anda, misalnya eyeshadow warna pink, cokelat muda, biru muda, dan warna-warna pastel. Selanjutnya, bubuhkan eyeshadow warna lain di sudut luar mata, kemudian baurkan dengan eyeshadow utama yang telah digunakan tadi.

  5. Mata panda
    Adakalanya wanita memiliki bentuk mata panda (seperti panda), karena terdapat area lingkaran hitam pada bagian bawah matanya.
    Lingkaran hitam pada mata tersebut bisa disebabkan karena faktor keturunan, faktor usia,, bisa juga akibat kurang tidur, polusi, dan stres.

    Cara menyiasati bentuk mata panda dan menyamarkan lingkaran hitam di bagian bawah mata adalah:
    Bubuhkan concealer warna kuning pada bagian yang hitam di bawah mata. Aplikasikan concealer tepat di bawah bulu mata bawah, dimulai dari sudut dalam mata (bagian mata yang dekat dengan hidung) ke sudut luar mata. Selanjutnya, baurkan concealer dengan cara menepuk-nepuk ringan dengan jari Anda.
    Satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan concealer adalah hindari menggunakan concealer dengan cara menarik kulit di bawah mata, karena hal tersebut dapat perlahan-lahan menarik kulit di bawah mata Anda. Dampaknya adalah membuat kulit di bawah mata jadi turun dan timbul kerutan dini di bawah mata.
     

  6. Mata keruh
    Bagian putih mata idealnya terlihat putih dan cerah. Tetapi terkadang, karena beberapa hal, bagian putih mata tersebut dapat menjadi keruh kekuningan. Tentu saja hal tersebut dapat mengurangi keindahan mata Anda.

    Bila Anda termasuk yang memiliki mata keruh berwarna kekuningan, Anda dapat melakukan trik make up korektif mata untuk mengurangi kesan keruh kekuningan pada mata Anda tersebut.
     
    Cara mengoreksi mata keruh dengan make up adalah:
    Gunakan eyeliner warna biru tua. Warna dasar yang dingin seperti biru akan membantu menghilangkan kesan keruh dan kekuningan pada bagian putih mata. Selanjutnya, dengan menggunakan eyeliner juga, buatlah garis di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah. Dengan trik tersebut, bagian keruh pada mata seolah tersamarkan dan mata Anda akan tampak lebih indah.
     

  7. Mata asimetris (tidak simetris antara mata kiri dan kanan)
    Pada dasarnya, secara alami bentuk dan ukuran kedua mata kita memang tidak persis sama dan tidak simetris (asimetris) antara mata kiri dan kanan. Namun, pada beberapa orang, ada yang kesan asimetrisnya begitu terlihat sehingga perlu disamarkan agar terlihat lebih pas dan proposional. Misalnya, mata yang kiri terlihat lebih besar daripada mata kanan, atau, mata kiri terlihat lebih turun daripada mata yang kanan.

    Untuk menyamarkan kesan asimetris pada kedua mata kita, tentu kita dapat menggunakan trik korektif make up pada mata.

    Cara mengoreksi bentuk mata yang asimetris dengan make up:
    Untuk mata asimetris di mana salah satu mata berukuran lebih kecil dari mata yang lainnya. Cara mengoreksinya agar terlihat lebih simetris adalah, gunakan eyeliner cair pada kedua mata. Mulailah dari bagian dalam mata (dekat hidung), terus, sampai ke bagian sudut luar mata. Pada mata yang lebih kecil, bubuhkan eyeliner lebih tebal agar didapat kesan sama besar antara kedua mata. Selanjutnya, bubuhkan eyeshadow pada kedua mata. Gunakan eyeshadow pada lipatan kelopak mata dengan warna yang lebih gelap pada mata yang lebih kecil, untuk menyamakan bentuknya dengan mata yang lebih besar.

    Untuk mata asimetris di mana salah kelopak mata lebih turun daripada kelopak mata yang satunya lagi, maka cara mengoreksinya dengan make up adalah, gunakan eyeshadow lebih tinggi pada mata yang lebih turun. Pastikan bahwa hasil akhir kedua eyeshadow memiliki ketinggian yang sama agar dihasilkan tampilan yang lebih simetris. Atau, bisa juga, pada mata yang lebih turun, gunakan eyeliner pada garis mata atas, dimulai dari sudut dalam mata dengan tarikan garis eyeliner yang semakin tinggi ke arah sudut luar mata, sehingga mata yang lebih turun jadi terlihat sedikit naik dan akhirnya tampak lebih simetris dengan mata yang satunya lagi.

    Bisa juga disamarkan dan disiasati dengan menggunakan bulu mata palsu. Gunakan sedikit bulu mata palsu pada ujung mata yang berukuran lebih kecil atau yang posisinya lebih turun. Penambahan sedikit bulu mata palsu pada bagian mata yang lebih kecil dan lebih turun itu dapat membantu membuat mata tampak sama besar dengan ketinggian yang lebih simetris dengan mata yang lainnya.
     

 
Itulah beberapa cara trik make up korektif mata yang bisa Anda terapkan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang Anda pada mata. Semoga berguna, ya Ladies



loading...
Bagikan artikel:

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: