Informasi dan Tips – informasitips.com

Hijab (Jilbab) yang Pas dan Sesuai Berdasarkan Bentuk Muka

informasitips.comTrend gaya berhijab untuk wanita muslim saat ini semakin berkembang. Dari waktu ke waktu, selalu ada saja perubahan dan inovasi gaya dalam berhijab, mulai dari aneka bentuk, model, permainan warna, penggunaan jenis bahan hijab, dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar wanita berhijab pun semakin tertarik dengan setiap perkembangan/inovasi model dan gaya dalam berhijab. Rasa ketertarikan itu mendorong mereka untuk mengikuti dan mencoba setiap model dan gaya berhijab yang ada.

Sebenarnya, boleh-boleh saja bila kita ingin mencoba aneka model dan gaya berhijab yang sedang menjadi trend. Tetapi, sebelum memutuskan untuk menggunakan satu model hijab tertentu, alangkah lebih baik bila kita mengenali terlebih dahulu apakah model dan gaya hijab tersebut memang cocok untuk kita. Model hijab atau jilbab yang kita gunakan tentunya harus disesuaikan dengan bentuk muka kita. Karena, tidak semua model dan gaya berhijab pasti akan terlihat cocok dan pas di muka kita.

Agar tidak salah dalam memilih model dan gaya berhijab yang akan digunakan, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini, yang akan membantu Anda dalam menyesuaikan model hijab/jilbab berdasarkan dengan bentuk muka Anda:

  1. Bentuk muka bulat
    Ciri khas bentuk muka bulat adalah memiliki bentuk wajah yang membulat di bagian pipi, dagu, dan rahang. Lebar wajah/muka hampir sama dengan panjang wajah/muka, namun bagian pipi agak melebar, dan bentuk rahang tidak tegas (tidak bersegi), melainkan membulat.

    Hijab (Jilbab) untuk bentuk muka bulat:
    Untuk pemilik wajah bulat, sebaiknya hindari model hijab yang menutup dahi/kening Anda. Hindari juga penggunaan dalaman hijab yang terlalu ke bawah yang bisa menutupi sebagian dahi Anda. Karena, penggunaan hijab yang menutupi dahi/kening akan membuat muka Anda terlihat semakin pendek.

    Bentuk muka yang bulat butuh disiasati agar terlihat sedikit lebih panjang (sehingga terkesan menjadi oval). Oleh karena itu, sebaiknya, pilihlah model hijab (jilbab) yang modelnya tidak terlalu menutupi dahi Anda, dan pilihlah juga hijab yang bisa sedikit menutupi kedua pipi Anda. Namun, pastikan bahwa penggunaan hijab di sekitar area pipi itu tidak terlalu ketat/kencang, biarkan agak sedikit longgar.

    Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar berikut ini:

    hijab-jilbab-untuk-bentuk-muka-bulat

    Dari gambar di atas terlihat:

    • Gambar 1 merupakan gambaran seperti apa bentuk muka bulat.
    • Gambar 2, bentuk muka bulat pada gambar 2 terlihat menjadi semakin pendek, bulat, dan melebar, bila menggunakan model hijab yang menutupi kening/dahi.
    • Gambar 3, bentuk muka bulat pada gambar 3 menjadi terlihat lebih oval dengan model hijab yang tidak menutupi dahi dan hanya menutupi sedikit pipi.


    Bagi Anda yang bermuka bulat dan memiliki masalah pipi tembem (chuby cheek) dan double chin, sebaiknya gunakan hijab yang agak sedikit menutupi pipi dan dagu Anda untuk menghilangkan kesan bulat dan tembem di wajah Anda. Namun ingat, penggunaan hijab di sekitar dagu dan pipi itu juga sebaiknya tidak boleh terlalu kencang, biarkan agak sedikit longgar. Karena, penggunaan yang terlalu kencang (ketat) justru akan semakin menonjolkan bentuk dagu dan pipi Anda yang tembem.

    Anda yang memiliki bentuk muka bulat dan agak gemuk (pipi chuby dan dan double chin) sebaiknya juga perlu menghindari model hijab yang diikatkan dan dililitkan di leher seperti model hijab Turki atau Mesir, terutama bila Anda juga memiliki leher yang pendek. Karena, model hijab yang seperti itu justru akan memberikan fokus lebih pada leher dan area di bawah dagu Anda, sehingga nantinya akan semakin menonjolkan kesan gemuk dan bulat di wajah Anda.

  2. Bentuk muka persegi/kotak
    Ciri khas bentuk muka persegi atau kotak adalah memiliki lebar muka yang hampir sama dengan panjang muka, tetapi, memiliki garis rahang yang tegas dan jelas, menyerupai persegi/kotak. Ciri khas lainnya dari bentuk muka persegi/kotak adalah lebar kening hampir sama dengan lebar tulang pipi dan lebar rahang.

    Hijab (Jilbab) untuk bentuk muka persegi/kotak
    Untuk Anda yang memiliki bentuk muka persegi atau kotak, sebaiknya menghindari model hijab yang menutupi kening dan pipi Anda. Hindari juga menggunakan model hijab yang diikatkan dan dililitkan di leher seperti hijab Turki, karena hal tersebut akan semakin memberi fokus lebih pada area rahang dan leher, sehingga akan semakin menonjolkan bentuk rahang Anda yang tegas.

    Bentuk muka yang persegi/kotak perlu dibuat/disiasati agar terkesan agak bundar (bentuk segi dari rahangnya berkurang). Oleh karena itu, sebaiknya gunakan hijab/jilbab yang dapat membingkai bundar rahang Anda untuk sedikit menyamarkan kesan tegas dari rahang Anda. Namun, pastikan bahwa hijab yang Anda gunakan tidak sampai menutupi area pipi dan kening/dahi Anda, karena bila kedua area tersebut tertutupi dengan hijab atau dalaman hijab Anda, maka bentuk muka Anda nantinya akan terlihat seperti segita dan rahang tegas Anda akan semakin ter-ekspose.

    Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar berikut ini:

    hijab-jilbab-untuk-bentuk-muka-persegi-kotak

    Dari gambar di atas:

    • Gambar 1 merupakan gambaran seperti apa bentuk muka persegi/kotak.
    • Gambar 2, bentuk muka persegi/kotak pada gambar 2 terlihat seperti segitiga dan bentuk tegas dari rahangnya akan semakin menonjol bila menggunakan hijab yang menutupi kening dan pipi.
    • Gambar 3, bentuk muka persegi/kotak pada gambar 3 terkesan menjadi lebih oval dengan menggunakan jilbab yang membingkai bundar rahangnya, namun bagian pipi dan dahi tidak tertutupi.


  3. Bentuk muka panjang
    Ciri khas bentuk muka panjang adalah tentunya memiliki tampilan profile muka yang panjang dari kening hingga dagu. Lebar muka lebih pendek daripada panjang muka, dan pada beberapa orang ada yang memiliki bentuk dagu yang menonjol sehingga bentuk mukanya berbentuk lonjong.

    Hijab (Jilbab) untuk bentuk muka panjang
    Untuk pemilik bentuk muka panjang, sebaiknya menggunakan hijab yang agak menutupi kening. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan muka agak sedikit lebih pendek. Selain menggunakan model hijab yang agak menutupi kening/dahi, Anda dapat juga menggunakan model hijab/jilbab dengan dalaman sampai ke bawah agak menutupi sebagian kening/dahi Anda. Namun, hindari menggunakan hijab yang menutupi pipi karena hanya akan membuat wajah Anda terlihat semakin panjang.

    Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar berikut ini:

    hijab-jilbab-untuk-bentuk-muka-panjang

    Dari gambar di atas:

    • Gambar 1 merupakan gambaran seperti apa bentuk muka panjang
    • Gambar 2, bentuk muka panjang pada gambar 2 terlihat semakin panjang dan ramping bila menggunakan hijab yang menutupi pipi dan tidak menutupi kening.
    • Gambar 3, bentuk muka panjang pada gambar 3 terkesan menjadi lebih pendek dengan menggunakan jilbab atau dalaman jilbab yang menutupi sebagian dahi/kening. Hijab yang tidak menutupi pipi juga membantu untuk membuat bentuk muka panjang terkesan lebih oval.


    Anda yang memiliki bentuk muka panjang juga dapat menggunakan model hijab yang memiliki banyak aksen di bagian samping dekat pipi, seperti layer atau lipatan-lipatan, untuk membantu memberikan kesan lebih lebar pada wajah Anda. Namun, hindari menggunakan model hijab yang terlalu banyak aksen di bagian atas kepala, seperti pita, lipatan-lipatan, dan lain sebagainya yang dapat menambah volume di bagian atas sehingga membuat tampilan wajah terkesan semakin panjang.

  4. Bentuk muka hati/segitiga
    Ciri khas bentuk muka hati/segitiga adalah memiliki kening yang lebih lebar daripada daerah pipi, rahang, dan dagu. Biasanya juga ditandai dengan bentuk dagu yang lancip, sehingga tampilan profile muka terlihat seperti segitiga atau bentuk hati (runcing di bawah)

    Hijab (Jilbab) untuk bentuk muka hati/segitiga
    Untuk pemiliki bentuk muka hati atau segitiga, sebaiknya gunakan hijab yang bagian atasnya agak longgar namun menutupi sebagian samping kiri dan kanan dahi. Hal ini bertujuan untuk menyamarkan bentuk dahi yang lebar. Namun, jangan gunakan hijab yang ketat pada bagian atas kepala yang seolah-olah membungkus kening Anda, karena kesan lebar dari kening akan semakin menonjol. Anda dapat menggunakan model hijab yang memiliki lipatan lancip seperti segitiga di bagian atas, kemudian biarkan bagian bawahnya mengikuti alur pipi dan rahang Anda, jangan sampai menutupi pipi dan rahang Anda. Bentuk lipatan lancip seperti segitiga di bagian atas itu akan menutupi sebagian kening Anda, tepatnya sebagian area samping kanan dan kiri kening.

    Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat gambar di bawah ini:

    hijab-jilbab-untuk-bentuk-muka-hati-segitiga

    Dari gambar di atas:

    • Gambar 1 merupakan gambaran seperti apa bentuk muka hati/segitiga
    • Gambar 2, bentuk muka hati/segitiga pada gambar 2 terlihat memiliki dahi yang semakin lebar bila menggunakan hijab yang ketat dan tidak menutupi sebagian samping kanan kiri dahi.
    • Gambar 3, bentuk muka hati/segitiga pada gambar 3 terkesan menjadi lebih pas dengan hijab longgar dan bentuk lipatan segitiga di bagian atas.


  5. Bentuk muka oval
    Bentuk-muka-oval

    Bentuk muka oval dianggap sebagai bentuk muka yang paling proporsional. Gaya berhijab yang paling bagus untuk bentuk muka oval sebenarnya adalah model hijab yang akan membingkai bentuk alami muka/wajah yang oval.

    Namun, karena memiliki bentuk yang paling simetris dan proporsional, maka hampir semua model hijab (jilbab) biasanya akan cocok dengan bentuk muka oval ini. Jadi, Anda yang memiliki bentuk muka oval dapat bereksplorasi dengan aneka model dan gaya berhijab yang Anda sukai.

Semoga tips dan panduan di atas bisa membantu Anda dalam menemukan model dan gaya berhijab terbaik yang paling pas untuk Anda.

—————
Gambar: misshijabi.com



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *