Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Mencegah Iritasi Kulit Saat Menggunakan Jam Tangan

informasitips.com – Kurang lengkap rasanya tampil gaya tanpa menggunakan jam tangan. Selain sebagai aksesoris pendukung, jam tangan juga penting untuk melihat waktu. Itu sebabnya bagi mereka yang sangat menghargai waktu, penggunaan jam tangan sangat tidak bisa diabaikan saat bepergian.

Sayangnya, sebagian orang justru mengalami iritasi kulit ketika menggunakan jam tangan. Penyebabnya bisa dikarenakan bahan tali jam atau bisa pula dikarenakan penggunaannya yang kurang tepat. Oleh karena itu, informasitips.com akan mengulas bagaimana cara mencegah iritasi yang tejadi akibat penggunaan jam tangan.

  • Kenali bahan tali jam
    Tali jam terbuat dari bermacam-macam bahan. Ada yang terbuat dari kulit asli, sintetis, plastik, rantai atau sejenis kain berbahan tebal. Bagi yang tidak memiliki kulit sensitif, terbuat dari apapun tali jam tentu bukan menjadi persoalan. Namun bagi mereka yang gampang mengalami iritasi kulit, bahan tali jam tertentu seringkali merangsang terjadinya iritasi yang semakin parah. Yang harus Anda lakukan adalah memilih bahan tali jam yang paling nyaman saat menyentuh kulit Anda.

  • Tidak memasang jam terlalu ketat
    jam tangan couple alba brecelet

    Hindari mengancing tali jam terlalu ketat sehingga tidak ada celah yang bisa membuat kulit bernafas. Keadaan demikian justru membuat kulit pergelangan tangan menjadi mudah teriritasi. Penggunaan jam yang terlalu ketat juga akan menimbulkan warna belang pada kulit dan menimbulkan bau karena keringat tertahan di dalamnya. Jadi, saat menggunakan jam tangan, sebaiknya gunakan agak longgar agar ada udara yang masuk melalui celah tali jam. Sehingga kulit pergelangan tangan pun tidak mudah berkeringat, serta resiko terjadinya iritasi pun semakin kecil.

  • Pastikan kulit pergelangan tangan dalam keadaan kering
    Sebelum menggunakan jam tangan, pastikan kulit dalam keadaan kering (tidak berkeringat, tidak lembab karena body lotion dan tidak pula basah karena terkena air). Kulit pergelangan tangan yang masih dalam kondisi basah ataupun lembab jika ditutup dengan jam tangan justru akan merangsang timbulnya jamur penyebab iritasi kulit. Akibatnya kulit akan terasa gatal-gatal. Jika perlu lap terlebih dahulu pergelangan tangan Anda dengan handuk atau tisu agar kulit pergelangan tangan benar-benar dalam keadaan kering.

  • Taburkan talk pada pergelangan tangan
    Tidak ada salahnya pula jika Anda menaburkan bedak talk khusus mengatasi iritasi kulit pada kulit pergelangan tangan sebelum menggunakan jam. Bedak juga berfungsi untuk menyerap keringat sehingga kulit tidak mudah lembab karena keringat. Tapi ingat, taburkan bedak secukupnya saja, dan ratakan bedak hingga warnanya tidak kontras dengan warna kulit Anda sendiri.

  • Pilih model tali jam yang tidak terlalu lebar
    Sebagian orang lebih menyukai tali jam tangan yang berukuran lebar. Sah-sah saja jika itu tidak menimbulkan masalah pada kulit. Namun, untuk mereka yang sering mengalami iritasi kulit ketika menggunakan jam tangan, sebaiknya hindari penggunaan jam dengan tali yang terlalu lebar. Sebab, bagian kulit yang tertutup jam tangan pun akan semakin luas pula. Oleh karena itu, pilihlah jam tangan dengan ukurnan tali yang tidak terlalu lebar.

  • Angin-anginkan jam setelah selesai digunakan
    Hindari menyimpan jam tangan langsung di dalam kotak atau tempat tertutup sesaat setelah digunakan. Jam tangan yang baru saja digunakan pasti terasa lembab. Jika langsung disimpan di dalam ruang tertutup justru akan membuat tali jam berjamur. Terlebih tali jam yang terbuat dari bahan kulit asli dan kain (kedua bahan ini paling sulit kering ketika dalam keadaan basah/lembab). Jadi, sebaiknya angin-anginkan jam tangan terlebih dahulu di ruang terbuka. Baru setelah itu dimasukkan kembali ke dalam kotak atau lemari penyimpanannya.

  • Rajin mengonsumsi vitamin E
    Vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Jika kulit sering mengalami iritasi, bisa jadi asupan vitamin E di dalam tubuh tidak tercukupi. Minumlah suplemen vitamin E dalam bentuk kapsul atau bubuk. Jika kulit pergelangan tangan sedang meradang, bukalah kapsul vitamin E dan bubuhkan serbuknya pada kulit yang sedang teriritasi tersebut. Dengan demikian, rasa gatalnya akan berkurang dan tidak menimbulkan bekas iritasi.

Demikian cara mencegah iritasi kulit saat menggunakan jam tangan. Dengan pemilihan model jam tangan dan penggunaan yang tepat, Anda bisa tetap tampil gaya tanpa ancaman iritasi kulit. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

2 thoughts on “Tips Mencegah Iritasi Kulit Saat Menggunakan Jam Tangan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: