Informasi dan Tips – informasitips.com

Fungsi Foyer Pada Rumah

informasitips.com – Mungkin banyak dari Anda yang kurang mengenal dengan istilah foyer. Foyer adalah bagian dari rumah yang kurang lebih berfungsi sebagai tempat transit bagi para tamu sebelum memasuki ruang tamu utama. Untuk tipe kebanyakan rumah di Indonesia, mungkin tidak terdapat ruangan yang disebut foyer atau tempat peralihan dari beranda ke bagian dalam rumah. Untuk kebanyakan rumah di Indonesia Kita akan langsung menemui ruang tamu, tanpa adanya foyer.

Ada beberapa alasan yang mendasari para pemilik rumah menambahkan foyer sebagai bagian dari rumah. Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa foyer ini kurang lebih berfungsi seperti ruang tunggu pada praktek dokter sebelum pasien memasuki ruang periksa atau seperti lobi hotel. Dari sini dapat disimpulkan bahwa rumah yang memiliki foyer sebagian besar hanya rumah-rumah yang luas. Untuk rumah yang cukup minimalis, foyer mungkin bukan merupakan kebutuhan karena fungsinya dapat digantikan oleh teras rumah atau oleh ruang tamu utama.

Fungsi Foyer Rumah

Seperti yang telah disinggung di atas, foyer berfungsi sebagai tempat transit bagi para tamu rumah sebelum memasuki ruang tamu utama. Biasanya, rumah dengan foyer di dalamnya dimiliki oleh orang-orang yang sering menerima tamu sehingga para tamu yang datang pada waktu bersamaan dengan maksud dan tujuan yang berbeda dapat diterima dalam secara terpisah. Misalnya, pemilik rumah kedatangan tamu A dengan maksud tertentu. Sebelum tamu A meninggalkan rumah, ternyata ada tamu baru yang datang yaitu tamu B. Nah, dengan adanya foyer, tamu B dapat menunggu di sana tanpa harus menunggu di teras rumah dan juga di ruang tamu. Setelah tamu A meninggalkan rumah, tamu B dapat memasuki ruang tamu utama dan menemui pemilik rumah. Selain itu, alasan pemilik rumah membuat foyer adalah untuk menerima tamu tertentu yang tidak perlu di sambut di dalam ruang tamu utama, misalnya petugas administrasi ataupun sales yang mungkin datang untuk keperluan tertentu.

Fungsi foyer pada zaman dahulu sebenarnya adalah pemisah antara lingkungan di luar rumah dengan ruangan inti di dalam rumah. Pemisah ini dimaksudkan agar udara yang terlalu dingin ataupun terlalu panas tidak langsung menembus bagian utama rumah. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, foyer saat ini lebih menitik beratkan pada nilai estetika untuk menambah prestise dari sang pemilik rumah. Sebagai tambahan, pada momen-momen tertentu foyer juga dapat berfungsi sebagai ruang tamu utama ketika sang pemilik rumah sedang kebanjiran tamu seperti pada saat lebaran. Oleh karena itu, penataan foyer perlu direncanakan sejak awal agar dapat berfungsi secara maksimal pada momen-momen seperti di atas.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: