Definisi Gen dan Kromosom, serta Perbedaannya

Struktur Kromosom


informasitips.com – Definisi gen, gen adalah bagian (segmen) dari DNA yang meng-kode satu RNA fungsional yang selanjutnya akan menghasilkan satu produk protein. Atau, dengan kata lain, gen adalah bagian dari DNA yang meng-kode satu protein, satu gen untuk satu protein.

Definisi Kromosom

Kromosom adalah struktur di dalam inti sel (nucleus) yang menyerupai untaian benang dimana di dalam struktur itu terkemas molekul DNA yang tergulung (coiled) pada suatu protein (histone). Molekul DNA itu terkemas secara erat dalam bentuk kromosom yang memiliki dua lengan yang terpusat pada satu titik yang disebut sentromer.

Lengan kromosom yang pendek disebut p-arm, sementara lengan kromosom yang panjang disebut q-arm. Di dalam selnya, manusia memiliki 23 pasang kromosom, sementara mahluk hidup yang lain, seperti kucing ataupun gajah, memiliki jumlah pasang kromosom yang berbeda.

Berikut ini struktur kromosom

Loading...

Struktur Kromosom

Perbedaan Gen dan Kromosom

Dari kedua definisi tentang gen dan kromosom di atas, maka kini kita bisa melihat perbedaan antara keduanya. Secara sederhana bisa dipahami bahwa pada satu kromosom terdapat banyak gen, atau dengan kata lain gen merupakan bagian dari kromosom.

Gen adalah deretan basa nitrogen yang meng-kode satu protein, sedangkan DNA adalah deretan basa nitrogen yang ada dalam kromosom. Tidak semua deret basa nitrogen pada molekul DNA memiliki fungsi dalam meng-kode suatu protein, hanya deret-deret tertentu saja yang memiliki fungsi tersebut, dan deret itu disebut gen. Gen adalah bagian dari DNA, dan DNA adalah bagian dari kromosom. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa ihat gambar berikut ini:

Hubungan Kromosom DNA dan Gen

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading...

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: