Mengatasi Bayi Susah BAB dengan VCO (Virgin Coconut Oil)

Bayi susah BAB

(Bayi susah BAB)


informasitips.com – Hal pertama yang harus diperhatikan terkait artikel ini adalah pastikan bahwa bayi Anda tidak alergi terhadap minyak kelapa. Pengobatan susah BAB atau konstipasi pada bayi dengan menggunakan VCO didasari oleh kemampuan asam lemak rantai sedang dalam menstimulasi pergerakan usus dan melembutkan feses.

VCO Kaya Kandungan Asam Lemak Rantai Sedang (Medium Chain Fatty Acids/MCFA)

Layaknya air susu ibu (ASI), VCO juga kaya akan kandungan MCFA, terutama asam laurat, sehingga bermanfaat dalam mengatasi masalah bayi susah BAB. MCFA yang terkandung dalam VCO mampu untuk memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, serta mampu meningkatkan pergerakan usus sehingga dapat merangsang bayi untuk BAB. Kelebihan penggunaan VCO untuk mengobati susah BAB (konstipasi) pada bayi adalah rendahnya efek samping yang mungkin dapat dirasakan oleh si kecil.

Dosis VCO Untuk Mengatasi Susah BAB Bayi

Takaran VCO yang diberikan kepada bayi untuk mengatasi kesulitan BAB-nya sebaiknya diawali dengan pemberian pada dosis kecil, lalu selanjutnya ditingkatkan secara bertahap sesuai dengan keadaan si kecil. Pada prinsipnya VCO cukup ampuh untuk mengatasi masalah susah BAB, jadi jika pada pemberian awal belum terlihat efek yang diinginkan, maka dosis VCO dapat ditingkatkan secara perlahan pada pemberian selanjutnya.

Ada yang menyarankan dosis awal VCO untuk bayi adalah sebanyak setengah sendok teh atau sejumlah 2,5 ml. Pastikan dia mengonsumsi sejumlah cairan dengan cukup, karena asupan cairan tetap dibutuhkan untuk menstimulasi pergerakan usus.

Loading...

Jika setelah pemberian 2,5 ml VCO belum menunjukkan adanya pergerakan usus bayi dalam jangka waktu 5 jam, maka berikan VCO lagi dengan dosis yang ditingkatkan, yaitu sebanyak 1 sendok teh atau 5 ml. Untuk 5 hari pertama, dosis VCO maksimum adalah 3 sendok teh per hari. Jika belum juga menunjukkan adanya pergerakan pada usus bayi, maka tingkatkan dosis pemberiannya di hari ke-6 sebanyak 1,5 sendok teh (sdt) atau 7,5 ml atau maksimum 6 sdt VCO per hari yang terbagi pada waktu pagi, siang dan sore. Jaga dosis 6 sdt per hari hingga 5 hari berikutnya (hari ke-10).

Cara Pemberian VCO Ke Bayi

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memberikan VCO kepada si kecil, yaitu:

VCO diberikan lewat oral

Ini adalah cara yang biasa ditempuh untuk memberikan VCO ke bayi dalam rangka mengatasi konstipasinya. Hal yang harus diperhatikan adalah dosis pemberiannya, seperti yang telah dijelaskan di atas. Pemberian VCO dengan dosis yang terlalu kecil dikhawatirkan tidak akan memberikan efek menyembuhkan seperti yang diharapkan, sebaliknya, jika dosis VCO yang diberikan terlalu besar dikhawatirkan malah akan menyebabkan diare pada bayi. Anda bisa memberikan si kecil VCO dengan cara dicampur ke dalam susunya atau ke dalam MPASI-nya. Pemberian VCO secara oral dapat membersihkan saluran pencernaan dari berbagai buangan ataupun toksin yang ada di dalam tubuh, sehingga akan memberikan rasa nyaman pada perut si kecil.

VCO diberikan lewat pijatan

Loading...

Pijatan di sekitar area dekat pusar pada perut bayi dilakukan untuk menenangkan otot-otot perut si kecil. VCO dapat digunakan sebagai minyak pijatnya ketika Anda memijat si kecil dengan cara membentuk putaran yang berlawanan dengan arah jarum jam. Pijatan pada perut bayi harus dilakukan dengan lembut dan perlahan.

VCO diberikan lewat ASI

Saat menyusui si kecil tetap bisa mendapatkan VCO lewat ASI yang diminumnya, asalkan Ibu mengonsumsi VCO, dengan begitu sejumlah senyawa yang ada di VCO akan terkandung di dalam ASI yang diproduksi Ibu, termasuk MCFA yang berperan dalam menstimulasi pergerakan usus. Dosis Ibu saat mengonsumsi VCO harus diperhatikan, jangan terlalu banyak, nanti si kecil malah bisa diare. Oleh karena itu, mulailah konsumsi VCO dalam dosis yang kecil, nanti baru bisa ditingkatkan secara perlahan hingga dirasa efek yang diinginkan muncul dan bayi terbebas dari masalah susah BAB (konstipasi).

Ada satu hal penting yang harus ibu perhatikan, yaitu belilah VCO yang kemasannya botol kaca, bukan botol plastik. Botol kaca akan lebih aman, karena komponen wadah kacanya relative kecil kemungkinan untuk terbawa dan masuk ke dalam VCO, lain halnya jika wadahnya terbuat dari plastik.

———————

Baca Juga:

Bayi Susah Buang Air Besar (Susah BAB), Penyebab dan Cara Mengatasinya

Susah Buang Air Besar (Susah BAB) Pada Anak 3-4 Tahun

———————

Loading...

ARTIKEL TERKAIT:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

NEWSLETTER:

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan:

KATEGORI:

FOLLOW US: