Informasi dan Tips – informasitips.com

Tips Efektif Menghilangkan Bau Badan

Tips menghilangkan bau badaninformasitips.com – Memiliki bau badan yang menyengat adalah hal yang paling tidak kita inginkan. Bau badan sangat mengurangi kepercayaan diri kita. Sebaik apapun yang kita lakukan, jika muncul bau badan di tengah-tengah aktifitas, hal itu akan sangat mengganggu. Tidak masalah jika bau tersebut hanya Anda yang merasakan, tetapi jika orang lain di sekitar Anda tiba-tiba menutupi hidungnya atau berdengus aneh? Anda pasti akan merasa sangat malu jika bau itu diketahui jelas berasal dari Anda. Terkadang Anda juga lupa untuk memakai deodoran atau parfum ketika Anda sedang terburu-buru.

Bau badan pada umumnya diakibatkan oleh keringat yang dihasilkan dari dua kelenjar. Yang pertama kelenjar apokrin, terdapat di tempat-tempat tertentu, terutama di daerah perakaran rambut, seperti ketiak, kemaluan, di dalam hidung. Kelenjar apokrin bersifat aktif setelah masa pubertas. Dan yang kedua kelenjar apokrin, memproduksi keringat bening dan tidak berbau yang dikeluarkan sejak bayi dan biasanya muncul di tangan, punggung, serta dahi.

Baik, berhubung ini sangat erat kaitannya dengan harga diri, maka perhatikan tips ini baik-baik. Semoga bermanfaat secara maksimal;

  1. Mandi
    Mandi teratur adalah salah satu cara termudah untuk membantu mengontrol bau badan. Ketika Anda mandi atau shower, Anda membersihkan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin Anda. Menurut Mayo Clinic, keringat apokrin adalah yang paling ‘bertanggung jawab’ untuk bau badan. Keringat apokrin mengandung minyak dan protein dipecah dan dikonsumsi oleh bakteri alami pada tubuh Anda. Hasil aktifitas bakteri pada keringat menjadi aroma yang berbeda dari bau badan. Mandi dengan sabun antibakteri juga dapat membantu mengurangi koloni bakteri pada kulit Anda yang berhubungan dengan bau badan.
  2. Deodoran
    Deodoran adalah cara lain yang cepat untuk menghilangkan bau badan. Deodoran mengandung wewangian yang dirancang untuk menutupi bau. Deodoran datang dalam berbagai bentuk, seperti semprotan, gel dan tongkat, membuat mereka mudah untuk diterapkan ke daerah-daerah menyinggung tubuh Anda.
  3. Antiperspirant
    Antiperspirant deodorant sangat populer di telinga ketika. Beberapa produk deodoran menyajikan deodoran antiperspirant. Deodoran ini merupakan teknologi selangkah lebih jauh. Antiperspirant tidak hanya mengandung wewangian untuk menutupi bau bakteri, mereka juga mengandung bahan aktif yang mencegah keringat untuk muncul ke permukaan kulit. Bahan aktif yang umum yaitu aluminium dan aluminium chlorohydrate zirkonium tetrachlorohydrex Gly.
  4. Serat Alami
    Mengenakan pakaian yang terbuat dari serat alami seperti sutra, katun dan wol, juga dapat membantu menghilangkan bau badan. Serat alami memungkinkan sirkulasi udara yang lebih baik, yang dapat mengurangi kebutuhan tubuh Anda untuk mendinginkan diri. Semakin rendah suhu tubuh, semakin sedikit kelenjar keringat apokrin yang akan keluar, sehingga bau badan berkurang.
  5. Cukur
    Mencukur daerah yang gamapang berkeringat, khususnya ketiak, juga dapat membantu mengurangi bau badan. Rambut tubuh menyediakan luas permukaan lebih untuk keringat untuk melekat, dan lingkungan yang paling cocok untuk pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau badan.
  6. Makanan
    Makanan yang Anda makan juga dapat mempengaruhi cara Anda bau keringat. Misalnya, makan jenis makanan aromatik yang sangat kuat, seperti bawang putih dan bawang merah, dapat menambah bau keringat Anda. Menahan diri dari makan makanan ini, atau mengurangi, dapat membantu memperbaiki bau badan.
  7. Perawatan Medis
    Untuk kasus-kasus serius bau badan, intervensi medis mungkin diperlukan. Intervensi medis dapat berkisar dari resep antiperspirant berkekuatan sederhana untuk prosedur medis untuk mengurangi jumlah keringat yang diproduksi. Menurut American Academy of Dermatology, dua dari prosedur medis yang paling umum untuk mengurangi keringat termasuk suntikan botox dan penghapusan kelenjar keringat.

Semoga tips menghilangkan bau badan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *