Informasi dan Tips – informasitips.com

Proses Terjadinya Pemanasan Global

informasitips.com – Berbicara tentang proses terjadinya pemanasan global tidak bisa dipisahkan dari penyebab pemanasan global itu sendiri. Penyebab utama pemanasan global yang telah disepakati oleh para ilmuwan yang tergabung dalam Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) sebuah kelompok peneliti yang konsen meneliti berbagai hal yang berkaitan dengan perubahan iklim adalah meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer yang dapat menimbulkan efek rumah kaca. Jadi, proses terjadinya pemanasan global di atmosfer bumi bisa diilustrasikan dari mekanisme efek rumah kaca itu sendiri.

Efek Rumah Kaca

Pernahkah Anda berpikir mengapa planet bumi tetap panas di tengah-tengah ruang angkasa yang dingin? Ternyata rahasianya terletak pada efek rumah kaca yang hanya ada di atmosfer bumi. Efek rumah kaca yang terjadi di atmosfer ini bisa dijelaskan sebagai berikut.

Bumi menerima energi panas dari radiasi sinar matahari. Ketika radiasi sinar matahari mencapai atmosfer bumi, sebagian dari radiasi sinar matahari tersebut diteruskan ke bumi dan sebagian lagi dipantulkan dalam bentuk sinar inframerah. Ketika sebagian radiasi sinar matahari tersebut sampai ke permukaan bumi dalam bentuk cahaya dan energi panas. Sebagian dari energi panas tersebut akan diserap oleh bumi, dan sebagian lagi akan dipantulkan kembali ke atmosfer.

Namun, karena adanya konsentrasi gas-gas rumah kaca, panas yang dipantulkan oleh bumi akan tahan dan diserap oleh gas-gas rumah kaca sementara sebagian lainnya diteruskan ke angkasa. Akibatnya, sebagian dari energi panas tersebut terperangkap di dalam atmosfer bumi, sehingga suhu atmosfer bumi menjadi naik. Semakin banyak gas rumah kaca di atmosfer bumi, maka energi panas yang terperangkap di sana juga akan semakin banyak. Artinya, suhu atmosfer bumi juga akan semakin tinggi.

Efek Rumah Kaca sebabkan Pemanasan Global

Mekanisme inilah yang disebut dengan efek rumah kaca. Efek rumah kaca sebenarnya dibutuhkan untuk menghangatkan atmosfer bumi. Tanpa gas-gas rumah kaca ini suhu bumi bisa menjadi sangat dingin seperti di luar angkasa. Namun, jika konsentrasi gas rumah kaca ini terlalu tinggi, ia akan menyebabkan suhu rata-rata bumi terus meningkat dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya pemanasan global.

Efek Umpan Balik dan Pemanasan Global

Pendapat lain mengatakan bahwa efek umpan balik juga berperan sebagai salah satu anasir pemanasan global. Apa yang dimaksud dengan efek umpan balik? Efek umpan balik bisa diilustrasikan sebagai berikut: misalnya pada penguapan air. Pemanasan suhu pada atmosfer akan memicu banyak air yang menguap ke atmosfer. Nah, uap air itu sendiri merupakan salah satu unsur gas rumah kaca. Kabarnya, efek rumah kaca yang ditimbulkan oleh uap air jauh lebih besar dari pada CO2(g). Jadi, pemanasan global yang terjadi akibat gas rumah kaca akan meningkatkan volume air yang menguap, di sisi lain peningkatan jumlah uap air malah akan semakin meningkatkan suhu global.

Beberapa hipotesa lain yang masih dalam penelitian adalah tentang pengaruh awan dan variasi matahari terhadap peningkatan suhu global. Namun, hipotesa ini belum menemukan titik temu di antara para ilmuwan. Hingga saat ini, isu pemanasan global masih menjadi kajian menarik di kalangan para peneliti dan ilmuwan.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

JOIN US ON

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih