Informasi dan Tips – informasitips.com

Otot-otot yang Dilatih saat Pull Up

informasitips.com – Pull up merupakan latihan otot yang dilakukan dengan cara bergelantungan pada palang besi untuk menarik tubuh ke atas hingga dagu sejajar atau sedikit berada di atas palang besi. Oh iya, harus diingat bahwa ada latihan yang mirip dengan pull up, yaitu chin-up. Latihan tersebut akan Kita bahas nanti, nah untuk pull up sendiri itu seperti yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Pull up

Perhatikan gambar di atas pada bagian genggaman tangan si atlet pada palang besi. Kalau chin-up, genggaman tangannya berbeda.

Latihan pull-up sebenarnya bukanlah latihan yang mudah layaknya sit up atau push up, namun dengan melakukan latihan pull up Kamu akan lebih dapat memaksimalkan pembentukan otot-otot tubuh Kamu, terutama otot tubuh bagian atas. Pull up dilakukan dengan sasaran untuk melatih beberapa otot di tubuh Kamu, otot apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya:

  • Latissimus dorsi

    Otot ini terletak pada bagian tubuh belakang, mulai dari panggul naik hingga mendekati lengan atas. Otot-otot latissimus dorsi inilah yang sangat berperan ketika Kamu melakukan latihan pull up. Untuk lebih jelasnya mengenai otot latissimus dorsi, lihat gambar berikut ini:

    Otot Latissimus dorsi
  • Otot Trapezius

    Trapezius merupakan otot berbentuk segitiga yang menutupi area belakang leher yang berawal dari punggung bagian tengah. Lihat gambar berikut:

    Otot Trapezius
  • Otot-otot Pectoralis

    Otot-otot pectoralis terletak pada area dada, di bagian depan tubuh. Dua otot yang termasuk ke dalam otot- pectoralis adalah otot pectoralis minor dan otot pectoralis mayor. Otot pectoralis minor yang membuat otot scapula dapat berotasi, dan otot pectoralis mayor berperan dalam fleksibilitas bahu. Berikut ini gambar dari otot pectoralis:

    Otot-otot Pectoralis
  • Otot Rhomboid

    Otot rhomboid terletak pada punggung bagian atas, di dekat leher. Otot ini menghubungkan tulang skapula dengan sumsum tulang belakang. Untuk lebih jellasnya lihat gambar di bawah ini:

    Otot Rhomboid
  • Otot Bisep dan Trisep

    Kedua otot ini berfungsi menstabilkan otot-otot lain yang digunakan saat pull up. Bisep terlibat dalam fleksibilitas siku meski perannya kecil (saat pull up). Sedangkan trisep berperan besar saat seseorang melakukan pull up, karena otot ini menempel pada dua otot, termasuk skapula. Kamu tahun ‘kan, mana yang termasuk otot bisep dan trisep?

  • Otot Brachioradialis

    Otot ini terletak pada lengan depan Kamu, otot ini sangat berperan terutama pada saat-saat awal seseorang melakukan pull up. Kehadiran otot ini sangat krusial bagi gerakan menekuk pada siku.Nah, berikut ini gambar dari otot Brachioradialis:

    Otot Brachioradialis

Dengan melakukan latihan pull up yang rutin maka otot-otot resebut di atas akan berkembang sesuai dengan porsi latihan yang Kamu berikan. Oleh karena itu, konsumsilah protein agar proses pembentukan berjalan dengan baik, yang paling mudah dan murah adalah mengonsumsi telur utuk membentuk otot. Selamat mencoba…



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

Pencarian Terkait:

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: