Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengenal Metode Ekstraksi dalam Proses Pemurnian suatu Zat

Posted on by in , with 1 Comment

informasitips.comPengertian ekstraksi

Apa itu ekstraksi? Ektraksi adalah salah satu metode pemisahan zat dalam bidang kimia yang mengacu pada prinsip distribusi zat terlarut ke dalam dua pelarut yang berbeda tingkat kepolarannya. Ekstraksi merupakan pemisahan zat dengan menggunakan dua buah pelarut yang tidak saling bercampur atau sedikit bercampur. Prinsip utama yang melandasi teknik pemisahan ekstraksi adalah like disolve like, yakni senyawa polar akan larut dalam pelarut polar dan senyawa non polar akan larut di dalam pelarut non polar. Melalui perbedaan kepolaran tersebut maka zat akan dapat dipisahkan. Di samping ekstraksi, kita juga mengenal beberapa teknik pemisahan yang lain yaitu destilasi dan kromatografi.

Ekstraksi menjadi metode yang paling umum digunakan untuk memurnikan suatu zat. Kamu mungkin sering menemukan peralatan kosmetik, makanan, obat-obatan dan sebagainya yang dinyatakan mengandung ekstrak sebuah bahan tertentu. Proses pemisahan ekstraksi inilah yang digunakan untuk memurnikan suatu zat tertentu di dalam produk-produk yang Kamu gunakan itu.

Faktor berat jenis dalam ekstraksi

Di samping faktor pelarut, metode ekstraksi juga turut dipengaruhi oleh berat jenis dari masing-masing pelarut. Pelarut dengan berat jenis yang lebih besar biasanya akan berada pada lapisan bawah. Pengetahuan Anda mengenai berat jenis pelarut akan sangat penting untuk menentukan manakah hasil ekstraksi yang akan diambil, yang ada pada lapisan atas atau lapisan bawah.

Peralatan dan pelarut ekstraksi

Ekstraksi Corong Pisah

sumber gambar: www.sjichem.co

Peralatan ekstraksi yang paling terkenal adalah corong pisah (seperti terlihat pada gambar di atas), dengan bentuk semakin pipih ke bawah. Untuk melakukan pemisahan menggunakan metode ekstraksi, sampel dan dua buah pelarut dimasukkan ke dalam corong pisah dan selanjutnya di goncang agar menyatu. Corong pisah kemudian diletakkan pada penjepit dan didiamkan hingga kedua fase larutan terpisah sempurna. Pada saat itu, zat yang ingin Kamu ekstraksi sudah terdistribusi pada kedua pelarut berdasarkan koefisien partisi yang dimiliki oleh zat ekstrak pada kedua pelarut yang digunakan. Proses ekstraksi akan efektif jika dilakukan berulang.

Beberapa sistem pelarut yang sering digunakan untuk teknik pemisahan metode ekstraksi diantaranya adalah air dan kloroform. Air bersifat polar dan kloroform non polar, pelarut alkohol seperti etanol yang dipadukan dengan kloroform dan beberapa pelarut lain yang berbeda tingkat kepolarannya juga dapat digunakan. Sampel yang biasanya merupakan senyawa organik, nantinya akan terdistribusi ke dalam pelarut organik dan dengan mudah akan bisa dipisahkan menggunakan corong pisah.

Sekian dulu artikel perkenalannya mengenai ekstraksi ya. Selanjutnya akan dijelaskan lebih dalam mengenai teknik pemisahan ekstraksi.

Artikel Terkait

One thought on “Mengenal Metode Ekstraksi dalam Proses Pemurnian suatu Zat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

ARTIKEL TERBARU

NEWSLETTER

Mau berlangganan artikel Kami? Tulis Email Anda pada form di bawah ini.

Cek Email Anda setelahnya untuk mengaktifkan layanan newsletter. Terimakasih