Informasi dan Tips – informasitips.com

18 Cara Sederhana Mencegah Kanker

informasitips.com – Menurut penelitian di Inggris, gaya hidup yang sehat mampu mencegah resiko terjadinya kanker. Ada beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan terkait dengan langkah pencegahan kanker, beberapa hal tersebut diantaranya adalah:

  • Berhenti Merokok

    Saran untuk berhenti merokok mungkin sudah sering Anda dengar, dan memang semuanya itu bukanlah tanpa alasan. Meski Anda hanya merokok satu batang setiap harinya, hal itu seudah bisa meningkatkan resiko Anda terkena kanker paru-paru, kanker kandung kemih, kanker ginjal, kanker tenggorokan serta kanker mulut. Satu-satunya cara untuk menghindari resiko tersebut adalah berhenti merokok dan menyingkirkannya dari hidup Anda, selamanya. Bukan hanya si perokok, mereka si perokok pasif juga ikut-ikutan beresiko mengidap kanker. Setidaknya ada 60 zat karsinogen (penyebab kanker) yang telah diketahui terkandung di dalam sebatang rokok.

  • Jangan Gunakan Lagi Wajan yang telah Tergores

    Jika Anda masih menggunakan wajan yang sudah lama Anda gunakan, maka mulai sekarang saatnya Anda menggantinya dengan yang baru. Kemungkinan besar wajan Anda telah memiliki goresan di permukaannya. Wajan yang telah tergores ternyata sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kanker. Wajan yang terbuat dari asam PFOA (asam perflurooctanat) yang telah tergores dapat melepaskan zat PFOA tersebut ke dalam makanan yang Anda masak. Asam PFOA tersebut dapat meningkatkan resiko kanker serta cacat saat lahir.

  • Kurangi Terekspos Panasnya Sinar Matahari

    Meski matahari merupakan sumber terbaik bagi tubuh Anda untuk mendapatkan vitamin D, tetapi sinar matahari juga bisa meningkatkan resiko seseorang terkena kanker kulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin kurangi tereksposnya kulit Anda secara berlebihan oleh sinar matahari, apalagi sinar matahari di siang bolong. Jika Anda terpaksa harus beraktivitas di luar pada saat matahari sedang bersinar penuh, maka kenakanlah pakaian yang menutupi kontak kulit Anda secara langsung dengan sinar matahari.

  • Jaga Bobot Badan Anda

    Obesitas atau kegemukan juga dapat meningkatkan resiko terkena berbagai jenis kanker. Oleh karena itu, jika Anda merasa bobot badan Anda berlebih maka berusahalah untuk menguranginya dari sekarang, dan jangan lupa untuk selalu mengukur Indeks Massa Tubuh (Body Mass Inde/BMI) secara teratur untuk mengetahui apakah Anda masih tergolong kegemukan atau sudah tidak lagi.

  • Periksa Kanker secara rutin

    Setidaknya setahun sekali, Anda bisa memeriksakan diri Anda apakah ada kanker yang mengancam atau tidak. Prosedur tersebut akan mendiagnosa Anda apakah di dalam tubuh Anda terdapat sel kanker. Langkah deteksi dini sepuluh kali lebih baik daripada harus mengobati gejala kanker.

  • Cara Mencegah Kanker

    sumber: www.cancertruths.org

  • Konsumsi Buah dan Sayur

    Jika Anda bukan termasuk ke dalam orang yang suka mengonsumsi sayur dan buah, maka mulai dari sekarang ubah kebiasaan itu. Kebiasaan mengonsumsi buah dan sayur akan menurunkan resiko terkena kanker secara drastis. Konsumsilah sayur-sayuran hijau serta buah-buahan dengan warna yang menarik, karena di dalamnya terkandung antioksidan poten yang berfungsi dalam mencegah kanker.

  • Selalu Aktif

    Tetaplah bergerak dan selalu aktif juga merupakan cara sederhana lainnya untuk mencegah kanker. Aktivitas fisik tidak hanya efektif mencegah kanker, tetapi juga efektif dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi, jangan lagi bermalas-malasan, bergeraklah, lakukan aktivitas fisik yang Anda sukai atau olahraga yang Anda gemari, setidaknya lakukan selama 30 menit untuk mengurangi resiko terkena kanker.

  • Hidup Bebas Stress

    Stress sangat tidak baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Stress merupakan faktor perusak sistem kekebalan tubuh seseorang yang dapat meningkatkan potensi terkena kanker. Jadi, berusahalah untuk selalu hidup bahagia, terbebas dari stress dengan melakukan meditasi atau hobi favorit Anda.

  • Kurangi Penggunaan Pencuci Tangan yang mengandung Triclosan

    Menurut penelitian, penggunaan sabun pencuci tangan yang mengandung triclosan dapat menyebabkan peningkatan resiko kanker. Penggunaan produk yang mengandung triclosan secara berlebihan dapat menyebabkan iritasi, hormone disruption dan kanker. Oleh karena itu, untuk mencuci tangan anda gunakan saja sabun biasa (plain soap) atau hanya air.

  • Kurangi Konsumsi Daging

    Terlalu banyak mengonsumsi daging dapat meningkatkan resiko kanker. Lebih baik Anda mengonsumsi daging ayam atau daging unggas yang lain. Jika memang ingin mengonsumsi daging, maka konsumsilah dalam porsi yang sedikit.

  • Cucilah Buah dan Sayuran secara benar

    Hal ini berhubungan dengan adanya kandungan pestisida di dalam buah dan sayuran. Oleh karena itu, untuk menghilangkan residu pestisida pada buah dan sayur maka Anda disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Proses mencuci yang Anda lakukan pun harus benar-benar memastikan bahwa residu pestisida telah hilang dari buah dan sayur. Perlu Anda ketahui bahwa pestisida yang banyak digunakan untuk membasmi hama bersifat karsinogenik. Atau kalau Anda ingin aman, gunakanlah produk-produk yang tidak menggunakan pestisida dalam proses menanamnya, kerap kali produk seperti itu disebut produk organik, walau sebenarnya tidaklah tepat disebut demikian.

  • Batasi konsumsi Alkohol

    Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan resiko kanker. Jadi, batasilah konsumsi alkohol Anda atau jangan lagi mengonsumsinya.

  • Hindari Proses Pemindaian / Scan yang berlebihan

    Proses seperti ini yang biasa dilakukan adalah CT-scan dan rontgen (X-Ray) yang digunakan dalam mendiagnosa penyakit. Penggunaannya secara berlebihan dapat membuat Anda lebih beresiko terkena kanker. Kanker yang bisa menjangkit adalah leukemia atau kanker darah.

  • Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga Anda

    Jenis-jenis kanker tertentu terkait dengan gen seseorang, seperti kanker usus besar, kanker p*yud*ra dan kanker ovarian. Oleh karena itu, dengan mengetahui riwayat kesehatan para kerabat Anda, Anda bisa melakukan langkah deteksi dini kanker. Konsultasikan hal tersebut dengan dokter Anda agar bisa segera diperiksa dan bisa merencanakan diet Anda untuk mencegah munculnya kanker tersebut.

  • Bijak Menggunakan Handphone

    Menurut Cancer Panel Report, penggunaan frekuensi handphone secara berlebihan dan dalam waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya kanker otak. Oleh karena itu, gunakan handphone Anda secara singkat saja atau gunakan hands-free untuk mengurangi efeknya.

  • Jangan Digoreng, Dipanggang saja

    Menurut studi yang dilakukan pada daging, pengolahan daging dengan dibakar atau digoreng menyebabkan munculnya senyawa-senyawa yang bersifat karsinogenik. Lebih baik Anda mengolahnya dengan cara dipanggang, disteam atau direbus.

  • Jangan Abaikan Rasa Sakit

    Jika Anda merasakan rasa sakit selama waktu beberapa hari, jangan abaikan tanda tersebut. Bisa jadi rasa sakit itu merupakan gejala dari jenis kanker tertentu. Oleh karena itu, segera lakukan tindakan medis yang diperlukan.

  • Minum Cukup Air Putih

    Konsumsi air mineral secara cukup juga efektif dalam pencegahan kanker Kandung Kemih. Dengan minum air secara cukup, maka kadar senyawa penyebab kanker bisa terkuranggi akibat proses pengenceran yang terjadi. Melalui urin, senyawa tersebut akan dibuang dari tubuh.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *