Informasi dan Tips – informasitips.com

Waspadai Penyakit Yang Dapat Menghambat Kehamilan!

informasitips.com – Setelah menikah, banyak dari pasangan suami istri yang langsung dikaruniai anak. Namun, tidak sedikit pula yang sudah menunggu bertahun-tahun belum juga dikaruniai anak. Dalam hal ini, selain masalah kesuburan atau infertilitas, penyakit tertentu juga dapat menjadi penyebab sulit hamil. Apa saja penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan sulit hamil?

  • Endometriosis
    Endometriosis dapat didefinisikan sebagai serpihan dinding dalam rahim yang berkembang membentuk sarang kecil atau kista dalam otot-otot rahim sehingga menjadi besar atau berkembang di dalam indung telur atau berkembang di bagian alat reproduksi lainnya ke dalam panggul. Beberapa keluhan sakit sewaktu haid, gagal hamil ataupun rasa sakit saat berhubungan suami istri dapat menjadi gejala akan timbulnya kelainan ini.

  • Gonore
    Gonore atau gonnorrhoeae merupakan suatu penyakit infeksi alat kela.min yang disebabkan oleh bakteri-bakteri gonokokus. Infeksi ini dapat menyebabkan kemandulan, artritis (radang sendi), kerusakan pada hati, dan lain-lain.

  • Kanker
    Kanker adalah suatu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh yang abnormal, tidak terkontrol, tidak berbentuk, dan cenderung ganas. Sel-sel tubuh yang abnormal ini bisa menyebar ke seluruh tubuh yang lain sehingga fungsinya menjadi terganggu. Beberapa jenis penyakit kanker yang dapat menyebabkan sulit hamil antara lain kanker rahim, kanker indung telur, kanker mulut/leher rahim, kanker payudara, dan kanker saluran telur.

  • Gangguan Pada Jantung
    Gangguan pada jantung ini dapat berupa gagal jantung, kelainan jantung bawaan, penyakit jantung rematik, dan lainnya dapat menyebabkan calon ibu akan sangat rentan terhadap risiko keguguran. Jika janin dapat bertahan pun, maka bayi akan lahir prematur dan berat lahir akan rendah.

    Penyakit yang bisa menghambat kehamilan

    Tidak hanya pada wanita, laki-laki yang mengalami gangguan pada jantung juga akan sulit membuahi, karena hal ini berhubungan dengan terganggunya sirkulasi darah sehingga mempengaruhi fungsi organ reproduksi.

  • Anemia
    Ibu yang menderita anemia biasa akan tetap dapat hamil, namun ibu harus tetap rutin mengonsumsi tablet penambah darah selama hamil. Sementara bagi ibu penderita anemia karena kelainan bawaan seperti pada kasus penyakit sel sabit, lebih sulit hamil karena ibu penderita anemia bawaan ini biasanya lebih rentan terkena infeksi hingga berisiko lebih tinggi mengalami keguguran.

  • Penyakit Infeksi
    Salah satu contoh infeksi yang sering terjadi pada ibu hamil adalah infeksi saluran kemih. Infeksi yang terjadi dapat meningkatkan risiko terjadinya persalinan dini dan pecahnya ketuban sebelum waktunya.

    Selain berbahaya bagi ibu, ada beberapa infeksi yang berbahaya bagi janin antara lain seperti campak jerman (rubella) yang menjadi penyebab utama dari cacat bawaan pada janin, infeksi sitomegalovirus yang dapat merusak hati pada janin, dan toksoplasmosis yang dapat merusak otak janin.

  • Tekanan Darah Tinggi
    Wanita yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi (diatas 140/90 – 150/100 mmHg), memiliki resiko yang tinggi pula mengalami kehamilan yang berbahaya. Pada wanita penderita hipertensi berat (dengan tensi diatas 180/110 mmHg) lebih sering terjadi abrupsio plasenta (pelepasan plasenta sebelum waktunya), yang menyebabkan terputusnya pasokan oksigen dan zat gizi ke janin sehingga janin bisa meninggal.

    Bahkan, meskipun tidak terjadi abrupsio plasenta, hipertensi bisa menyebabkan berkurangnya pasokan darah ke janin sehingga pertumbuhan janin menjadi lambat.

Itulah beberapa jenis penyakit yang wajib diwaspadai agar tidak menghambat proses kehamilan. Ada baiknya persiapan sebelum kehamilan dilakukan seperti cek kesehatan suami-istri. Sehingga apabila ada kelainan dapat segera diatasi. Konsultasi dengan dokter atau bidan Anda jika ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Semoga bermanfaat.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *