Informasi dan Tips – informasitips.com

Perlukah Kita Menggunakan Sedotan Plastik?

informasitips.com – Setiap harinya, di seluruh dunia, ratusan juta sedotan yang terbuat dari plastik digunakan. Ini bukanlah hal yang baik, mengingat bahwa plastik sebagai bahan dasar pembuat sedotan merupakan salah satu bahan yang tidak dapat didaur ulang dan merupakan sumber sampah baik di darat maupun di laut, atau mungkin saja berakhir di tempat pembuangan sampah tanpa adanya pengolahan lagi. Plastik memang menjadi masalah yang cukup pelik bagi kesehatan lingkungan kita.

Fakta yang cukup mengejutkan adalah ternyata 90 persen sampah yang memenuhi permukaan lautan adalah plastik! Ini bukanlah hal yang baik bagi ekosistem laut karena plastik ini mengotori habitat mereka. Ternyata jumlah plastik yang memenuhi permukaan laut mencapai jumlah 46 ribu plastik. Dan sebagai dampak dari jumlah plastik yang menggunung itu sekitar ratusan ribu hewan mamalia laut dan hewan jenis lainnya terancam keselamatannya.

Permasalahan dengan sedotan ini adalah bentuknya yang kecil terkadang membuat sedotan menjadi terabaikan dan tidak diolah lagi. Bahkan cara konvensional untuk mengolah sampah pun menjadi tidak efektif bagi sedotan plastik ini. Lalu bagaimanakah jalan keluarnya?

Perlukah menggunakan Sedotan Plastik

sumber gambar: www.debgoesgreen.com

Caranya adalah dengan tidak menggunakan sedotan plastik lagi! Jika dipikir ulang, fungsi sedotan sebenarnya bukanlah esensial. Artinya kita masih bisa menikmati minuman kita tanpa menggunakan sedotan. Jika Kita minum teh misalnya, Kita tidak perlu sedotan bukan? Nah sama halnya jika Kita minum soft drink atau jus. Kita bisa langsung saja meminumnya dari gelas Kita tanpa bantuan sedotan. Atau Kita bisa juga menggunakan gelas yang di dalamnya telah ada sedotan. Gelas semacam ini dapat digunakan berkali-kali dan tidak menyebabkan polusi bagi lingkungan Kita.

Jadi mulai saat ini cobalah untuk mengubah kebiasaan kita untuk menggunakan sedotan plastik. Jika Kita menggunakan 5 sedotan plastik dalam satu minggu, maka selama satu tahun Kita menghabiskan 260 sedotan! Bayangkan jika Kita mulai menghentikan kebiasaan ini. Kita dapat mengambil peran untuk menyelamatkan lingkungan Kita.

Nah setelah membaca artikel ini, mudah-mudahan Kita lebih peka terhadap lingkungan Kita. Ingatkan orang-orang di sekitar Kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan cara meminimalisir penggunaan plastik dan menghentikan kebiasaan menggunakan sedotan ketika minum. Kalau bukan kita, siapa lagi yang peduli dan merawat lingkungan kita?



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: