Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengenal Pohon Trembesi (Ki Hujan)

informasitips.com – Pohon Trembesi termasuk salah satu spesies tanaman hutan yang penting keberadaannya dalam menjaga keseimbangan alam. Dalam ekosistem hutan, pohon Trembesi yang memiliki nama latin Samanea saman atau Albizia saman ini dikenal sebagai tanaman raksasa yang menjadi tempat perlindungan berbagai satwa hutan. Ia juga memegang peranan penting untuk menyimpan air dan menjaga kesuburan tanah.

Namun, keberadaan pohon Trembesi semakin lama semakin langka seiring dengan menipisnya hutan-hutan alam yang ada. Beruntung, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kehutanan mencanangkan gerakan one man one tree, salah satu programnnya yaitu menggalakkan penanaman pohon Trembesi di seluruh wilayah Indonesia.

Klasifikasi Pohon Trembesi (sumber: wikipedia)

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae
  • Upafmaili: Mimosoideae
  • Genus: Albizia
  • Spesies: A. saman

Ciri Khas Pohon Trembesi

Pohon Trembesi dapat dikenali dari penampilan fisiknya yang khas, diantaranya yaitu:

Mengenal Pohon Trembesi

sumber gambar: www.treeworld.info

  • Memiliki batang yang tinggi, besar dan kuat. Ketinggian pohon trembesi bisa mencapai 10 hingga 20 meter. Permukaan batang berwarna coklat hingga hitam, beralur dan kasar.
  • Memiliki daun majemuk. Setiap daun berbentuk bulat memanjang dengan tepi daun rata. Permukaan daun licin, berwarna hijau dan memiliki tulang daun yang menyirip.
  • Memiliki bunga berwarna merah kekuningan.
  • Buah berwarna hitam dan berbentuk polong dengan panjang antara 30 hingga 40 cm. Setiap polong terdiri dari beberapa biji yang berbentuk lonjong, keras dan berwarna coklat kehitaman.

Manfaat Pohon Trembesi

Meskipun pohon Trembesi tidak sepopuler tanaman hutan industri seperti sengon dan jabon, namun tanaman ini memili banyak manfaat, baik bagi manusia maupun alam secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat pohon Trembesi, sehingga tanaman hutan ini layak untuk ditanam dan dilestarikan keberadaannya, yaitu:

  • Pohon Trembesi merupakan tanaman pelindung yang baik. Pohonnya yang tinggi, tajuknya yang lebar dan daunnya yang lebat membuat tanaman ini cocok di tanam di pinggir jalan atau pekarangan rumah yang luas sebagai pohon pelindung. Di Madagaskar, pohon Trembesi ditanam tumpang sari dengan tanaman perkebunan yang membutuhkan pohon pelindung seperti kakao, kopi, patchouly dan vanila.
  • Mengurangi pencemaran udara dan melindungi alam dari ancaman pemanasan gobal. Pohon Trembesi dengan daunnya yang lebat merupakan penyerap karbondioksida yang sangat baik. Menurut penelitian Dr. Ir. Endes N. Dahlan, Dosen Fakultas kehutanan Institut Pertanian Bogor, satu batang pohon Trembesi dewasa berpotensi menyerap 28 ton karbondioksida per tahun. Sehingga, keberadaan tanaman ini di pinggir-pinggir jalan dan taman-taman di pusat kota sangat diperlukan. Pohon Trembesi tidak hanya menyerap karbondioksia, akan tetapi juga menyuplai oksigen melalui stomata daunnya dan memberikan kesejukan serta perlindungan dari sengatan matahari.
  • Bagaimana dengan batangnya? Batang pohon Trembesi yang panjang dan kokoh juga sangat bagus digunakan sebagai bahan bangunan. Namun, kurang cocok digunakan sebagai bahan kerajinan.
  • Bijinya sering dibuat sebagai snack atau makanan ringan seperti kwaci. Selain itu buahnya jika diseduh dengan air panas, kemudian diminum berkhasiat sebagai obat pencuci perut.
  • Daun dan akarnya pun ternyata berkhasiat sebagai obat. Daun pohon Trembesi dipercaya berkhasiat mengobati penyakit kulit. Sementara akarnya berkhasiat sebagai obat tambahan untuk mencegah kanker.

Demikian sekilas informasi tentang pohon Trembesi. Semoga kita semakin tergerak untuk menanam dan menjaga kelestarian tanaman hutan ini.

Digiprove sealCopyright secured by Digiprove © 2012


loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

One thought on “Mengenal Pohon Trembesi (Ki Hujan)

  1. Agam

    Bagaimana caranya Saya bisa mendapatkan bibit pohon trembesi ini secara Gratis? Saya memerlukan sekitar 200 bibit utk di tanam di lahan tidur di Cariu

    Bila berkenan dapat hub Saya di 0817 843 222
    Tks AGAM

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: