Informasi dan Tips – informasitips.com

Mengenal Meningitis Lebih Jauh

informasitips.com – Mungkin sebagian besar orang pernah mendengar nama penyakit “meningitis“. Tapi tidak banyak orang yang faham mengenai bagaimana sebenarnya penyakit meningitis ini. Oleh sebab itu, informasitips.com akan menuliskan sekelumit tentang penyakit meningitis dalam artikel ini.

Meningitis merupakan peradangan selaput otak dan urat saraf tulang belakang yang disebabkan karena terinfeksinya cairan otak. Penyakit yang pertama kali ditemukan oleh Sir Robert Whytt ini telah ada sejak zaman Yunani kuno. Penyebarannya terus terjadi hingga dewasa ini dan menyerang bebeberapa penduduk di seluruh negara.

Penyakit Meningitis

sumber: mnn.com

Konon, penyakit ini pada mulanya terjadi disebabkan karena obat-obatan yang berada di sebuah perusahaan farmasi terbesar di wilayah negara bagian Amerika Serikat teridentifikasi tercemar oleh virus. Itu sebabnya, dugaan awal terjadinya meningitis pada seorang penderita selalu disebabkan oleh virus. Padahal, seiring perkembangan pengetahuan di bidang kesehatan, ditemukanlah penyebab terjadinya meningitis bukan hanya sekedar virus, melainkan bisa disebabkan oleh bakteri dalam makanan, reaksi karena penggunaan obat-obat tertentu, keracunan bahan logam tertentu, bakteri berbahaya, jamur atau pasilan yang menyebar dalam darah ke cairan otak.

Macam-Macam Meningitis

Ditinjau dari penyebab terjangkitnya meningitis, penyakit ini bisa digolongkan dalam tiga macam, yakni:

Meningitis triptokokus. Penyakit meningitis triptokokus adalah meningitis yang disebabkan oleh jamur triptokokus. Jamur ini dapat masuk ke tubuh dan menyerang otak manusia saat kita menghirup debu atau uap dari kotoran unggas, terutama unggas yang sudah kering.

Bacterial meningitis. Lain halnya dengan meningitis triptokokus, bakterial meningitis merupakan penyakit meningitis yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Tingkat keparahannya, sama seriusnya dengan mengitis triptokokus.

Viral Meningitis. Jenis meningitis ketiga ini merupakan meningitis yang disebabkan oleh virus. Viral meningitis tidak termasuk meningitis yang kondisinya tidak terlalu membahayakan seperti dua jenis menigitis sebelumnya. Gejalanya hampir menyerupai sakit flu biasa dan pada umumnya akan sembuh sendiri.

Gejala Meningitis

Banyak kasus nyawa penderita meningitis tidak bisa terselamatkan disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap gejala awal terjangkitnya meningitis. Ada baiknya, lengkapi pengetahuan Anda akan gejala-gejala awal meningitis. Adapun gejala-gejala paling umum yang bisa ditemukan pada diri penderita meningitis antara lain sebagai berikut:

  1. Demam tinggi secara tiba-tiba.
  2. Sakit kepala yang berkepanjangan. Tingkat nyerinya melebihi dari sakit kepala biasa.
  3. Leher kaku hingga sulit digerakkan
  4. Mata terasa sakit dan mudah silau dengan cahaya terang
  5. Tidak bisa mendengar suara bising
  6. Otot persendian terasa sakit dan lemah
  7. Warna kulit yang tidak normal
  8. Kejang perut
  9. Rasa mual yang berkepanjangan
  10. Muncul bintik-bintik kecoklatan pada kulit.

    Kulit terasa perih dan mati rasa (untuk gejala ini, biasanya tingkat meningitis sudah sangat parah).

Bila terjadi gejala-gejala seperti di atas, maka segeralah mencari pertolongan medis segera.

Pencegahan dan Pengobatan Meningitis

Meskipun penyakit ini bisa mengancam keselamatan hidup seseorang, tapi bila penanganannya tepat maka penderita bisa disembuhkan. Sebaiknya, sebelum terjangkit penyakit ini, upaya pencegahan lebih baik dilakukan. Pencegahan bisa dilakukan dengan cara:

[list style=”list5″ color=”black”]

  • Melakukan perlindungan terhadap alat-alat yang biasa kita gunakan untuk penunjang kehidupan seperti alat makan, alat pekerjaaan, pakaian dan lain sebagainya dari virus dan bakteri.
  • Melakukan imunisasi spesifik
  • Perlindungan diri dari bahaya bahan-bahan yang mengandung karsinogenik
  • Menghindari diri dari zat-zat allergen

[/list]

Untuk pengobatan penyakit meningitis sendiri terlah ditemukan berbagai macam antibiotik yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan untuk menyembuhkan dan mencegah terjadinya komplikasi serius. Pemberian antibiotik antara satu penderita dengan penderita lainnya akan berbeda. Tergantung jenis meningitis yang masing-masing diderita. Secara umum, pemberian antibiotik biasanya melalui infus atau jarum yang disuntikkan pada bagian sumsum tulang belakang.

Sedangkan untuk pengobatan tradisional untuk penyembuhan meningitis, kami sarankan untuk rajin menyertakan kayu manis dalam bumbu masakan Anda. Mengapa demikian? Sebab, berdasarkan penelitian yang dilakukan olehpara ahli di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas nmenyatakan bahwa dalam kayu manis terdapat bahan yang disinyalir bisa mengurangi resiko bahkan menyembuhkan penyakit alzeimer, meningitis, parkinson dan tumor otak. Penelitian yang sama juga mengemukakan bahwa kayu manis juga bisa diandalkan untuk mengurangi terjadinya peradangan kronis terkait dengan gangguan neurologis.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: