Informasi dan Tips – informasitips.com

Konser Evanescence : Pertama Kali Manggung di Jakarta, Evanescence Hadirkan Suasana Gothic

Konser Evanescence Jakarta Indonesia 2012

Gambar credit : rollingstone.co.id

informasitips.com – Ada yang berbeda di Hall A Pekan Raya Jakarta, Sabtu lalu (25/2), dari kejauhan sudah tercium aroma ’kegelapan’ dan suasana ’gothic’ di sekitar PRJ. Sejak pukul lima sore kerumunan sudah mulai membanjiri sekitar JIExpo Kemayoran. Ada apakah gerangan? Oh, ternyata ada Evanescence yang siap ’menghipnotis’ para penonton lewat lagu–lagunya yang bernuansa rock dan gothic. Pantas saja sebagian besar penonton yang datang mengenakan baju hitam bertuliskan ”Evanescence” dan kental dengan aura ’kegelapan’. ”We are definitely a rock band, but the twist ia that the band’s music is epic, dramatic, dark rock” ujar Amy Lee sang vokalis mendeskripsikan aliran musik Evanescence, dalam sebuah kesempatan wawancara.

Dalam rangka tur promosi album ”Evanescence” (2011), promotor ‘Showmaxx’ untuk pertama kalinya memboyong band rock asal Little Rock, Arkansas, Amerika Serikat ini ke Jakarta sejak rilis album mereka tahun 2003 lalu. Sejauh ini mereka telah menelurkan tiga album, ”Fallen” (2003); ”The Open Door” (2006); dan ”self titled album ”Evanescence” (2011). Band yang kini beranggotakan Amy Lee (vokal, keyboard, harpa), Terry Balsamo (gitar), Tim Mccord (bas), Troy McLawhorn (gitar) dan Will Hunt (drum) siap memuaskan dahaga para penggemarnya yang telah lama menanti kehadiran mereka di Tanah Air.

Tapi sebelum Evanescence muncul, terlebih dulu penonton disuguhkan opening act malam itu yang diisi oleh penampilan dari ”Gecko Band”, band rock asal Bali ini adalah pemenang dari kontes ”LA Indie Fest 2012”. Tepat jam setengah delapan malam semua gate dibuka dan para penonton yang sudah sejak sore menyemut didepan pintu masuk, berangsur–angsur merangsek masuk kedalam venue. Sebelum Evanescence tampil, band lokal, Gecko memanaskan sekitar 2.500 penonton yang telah memadati venue Hall A malam itu dengan membawakan beberapa lagu hits dari Evanescence dan tentunya lagu–lagu andalan mereka sendiri, seperti ’Pasti Cemburu’, ’My Superman’, dan lagu cover version dari band grunge, Nirvana, ’Smells Like Teen Spirit’.

Konser Evanescence di Indonesia Jakarta 2012

Gambar credit : mediaindonesia.com

Akhirnya setelah sempat riuh dengan teriakan penonton yang meminta agar konser segera dimulai, yang ditunggu–tunggu, sekitar jam setengah sembilan malam, Evanescence muncul dari kegelapan dan langsung menggebrak dengan hits terbaru mereka ’What You Want’, sontak rasa lelah yang telah mendera hilang seketika, diganti dengan teriakan histeris dari para penonton. Tak berhenti sampai disitu, kelar lagu pembuka para penonton langsung ’dihajar’ dengan salah satu hits Evanescence, ’Going Under’.

Selamat malam Jakarta! Terima kasih sudah datang kesini malam ini. Akhirnya kami bisa berada disini. Terima kasih sudah menunggu kami bertahun – tahun!” seru Amy sang vokalis yang malam itu tampil cantik mengenakan kostum seperti balerina dengan kombinasi warna ungu, merah dan hitam serta rambut yang digerai menyapa para penonton sebelum kemudian berturut–turut menggulirkan ’The Other Side’, ’Weight of The World’, ’The Change’ dan ’My Last Breath’. ”Terima kasih,” lanjutnya mencoba berbahasa Indonesia yang kembali disambut riuh rendah tepuk tangan para penonton.

Jemari Amy Lee mulai menari kala ia membawakan ’Made of Stone’ yang terasa begitu menyatu dengan gebukan drum dari Will Hunt serta sorotan lampu dan transisi backdrop yang ciamik. Setelah puas menggeber lagu–lagu bertempo cepat, tiba giliran tembang–tembang bertempo lambat.

Kalian senang sampai sejauh ini? Come on!” seru Amy masih duduk di piano yang kemudian melanjutkan dengan tembang ‘Lost In Paradise’, My Heart Is Broken’ dan ’Lithium’ yang lagi–lagi disambut meriah dari para penonton. Mengiringi tembang–tembang tersebut tata cahaya dibuat dramatis, dengan fokus pencahayaan terkonsentrasi pada Amy, sementara personil lainnya ditampilkan secara siluet dengan lampu sorot yang ditembakkan dari belakang panggung. ”Lagu berikutnya sedikit berbeda, yang ini berjudul Swimming Home,” cetus Amy yang kini beralih ke Keyboard diiringi petikan gitar akustik Troy McLawhorn.

Tak lama–lama, kelar ’Swimming Home’ penonton kembali diajak berjingkrakan, dengan adrenalin yang terus menanjak para penonton terus digilir dengan sederet hits, seperti ’Sick’, ’Call Me When You’re Sober’, ’Imaginary’ hingga tembang andalan mereka dan pastinya yang telah dinanti–nanti sejak tadi, ’Bring Me To Life’. Meski tak ada bagian rap dan growl dari vokalis Paul McCoy seperti pada lagu aslinya namun tetap dibawakan dengan cadas oleh mereka. Dengan dilantunkannya ’Bring Me To Life’ yang juga merupakan soundtrack dari film blockbuster ”Daredevil”, para penonton pun seolah telah disuguhkan klimaksnya, namun mereka tak percaya begitu saja. Biasa, trik ’menipu’ ini selalu dipakai oleh musisi-musisi untuk memancing teriakan ”encore, encore” dari para penonton. Dan memang trik mereka kali ini berhasil, teriakan ”we want more.. we want more!” akhirnya membahana seisi venue.

Terima kasih banyak. Kalian masih ingin lagi?! Terima kasih untuk semuanya, kami datang dari jauh dan sekarang memiliki banyak teman disini!” cuap Amy menjawab permintaan para penonton. Dan akhirnya dua lagu pamungkas mereka gelontorkan. ”I want you to sing with me!” teriak Amy mengajak seluruh penonton. ’Your Star’ dan soundtrack film ”Daredevil”; ’My Immortal’ berhasil menghipnotis seisi ruangan dan tak pelak koor dari para penonton kompak membahana memenuhi venue yang berkapasitas 8.000 orang ini.

Meskipun Evanescence jarang terlihat berinteraksi dengan penggemarnya, namun dengan tata suara yang oke, backdrop panggung yang unik penuh nuansa gothic dan tak ketinggalan visualisasi yang sangat menarik membuat para penonton terkesan dan sangat terhibur oleh penampilan mereka malam itu.

(Berbagai Sumber. *SilverSkylane)



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: