Informasi dan Tips – informasitips.com

Kehamilan 7 Minggu: Yang Terjadi pada Janin dan Ibu

informasitips.com – Ada beberapa hal yang mungkin menjadi perhatian ibu hamil mengenai perkembangan 7 minggu kehamilannya. Berikut ini beberapa hal yang terjadi pada janin di dalam kandungan dan yang terjadi pada ibu di kehamilan 7 minggu.

Yang Terjadi Pada Bayi (Janin)

Pada minggu ke-7 ini, tangan dan kaki bayi mulai muncul, meski belum terlihat sempurna. Pada dasarnya, janin pada minggu ke-7 ini masih dianggap sebagai embrio dan memiliki sesuatu yang terlihat seperti ekor. Ekor tersebut akan hilang dalam beberapa minggu ke depan, namun sebenarnya bukanlah benar-benar hilang, tetapi hanya tampak lebih mengecil.

Pada 7 minggu kehamilan, panjang janin berukuran kira-kira setengah inci. Bayi di usia kehamilan ini, mulut dan lidahnya mulai terbentuk. Tidak hanya itu, janin yang berusia 7 minggu sudah mulai memiliki satu set ginjal dan mulai menjalankan fungsinya dalam penanganan limbah tubuh. Dalam waktu seminggu ke depan, janin Anda mulai memproduksi urin yang akan dikeluarkan ke cairan amniotik, yang kemudian urin tersebut bisa ditelannya lagi dan kemudian diekskresikan lagi, hal tersebut terus terjadi layaknya siklus yang berkesinambungan.

Yang Terjadi Pada Ibu

Rahim ibu pada minggu ini berkembang dua kali lipat jika dibandingkan dengan akhir kehamilan minggu 5. Seiring dengan perkembangan Rahim, maka saluran kemih akan semakin tertekan, sehingga ibu akan semakin sering pergi ke belakang. Hal itu normal saja terjadi, karena penelitian menunjukkan bahwa selama hamil, frekuensi dan volume urin cenderung akan meningkat.

Pada usia kehamilan 7 minggu, volume darah ibu bertambah 10% jika dibandingkan dengan sebelum ibu hamil. Pada akhir masa kehamilan, secara total, volume darah akan bertambah sebanyak 40 hingga 45 persen. Hal itu terjadi untuk memenuhi kebutuhan janin selama dikandung oleh Ibu.

Mual dan muntah kerap dialami oleh ibu hamil 7 minggu. Kira-kira 50 persen dari ibu yang mengalami mual muntah pada trimester pertama akan mereda pada minggu 14 kehamilan.

Pengaruh hormon kehamilan pada bagian tertentu juga bisa dirasakan ibu pada 7 minggu kehamilannya. Kulit ibu hamil sangat besar kemungkinan untuk terpengaruh akibat dari meningkatnya produksi hormon selama kehamilan, seperti muncul jerawat. Jika hal itu sampai terjadi, maka tidak ada salahnya untuk lebih menaruh perhatian pada kulit ibu. Meski demikian, tidak semua ibu akan mengalami masalah pada kulitnya, bahkan malah ada yang sebaliknya, yaitu kulit ibu hamil menjadi lebih bersinar dan halus.

Pada minggu ini, bobot badan ibu hamil bisa jadi mengalami pertambahan yang cukup signifikan, hal itu wajar saja. Pertambahan bobot bisa mencapai 11 hingga 16 kilogram.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: