Informasi dan Tips – informasitips.com

Karl Benz, Si Yatim Penemu Mobil Berbahan Bakar Bensin

informasitips.com – Karl Benz memiliki nama lahir Karl Friedrich Michael Vaillant. Ia lahir dan dibesarkan di Karlsruhe, Jerman dalam keluarga yang sangat sederhana. Pada usia 2 tahun, ia sudah menjadi yatim, karena ayahnya (Johann George Benz) meninggal dalam suatu kecelekaan. Untuk mengingatkannya pada ayahnya, kemudian namanya diganti menjadi Karl Friedrich Benz yang kemudian lebih populer dengan panggilan Karl Benz. Dan, siapa sangka si yatim ini kemudian dikenal dunia sebagai penemu mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia.

Karl Benz dibesarkan oleh ibunya yang luar biasa. Meski hidup dalam kekurangan, sang ibu terus berusaha keras untuk menyekolahkan Benz hingga ke tingkat tinggi. Dari kecil Benz sudah menunjukkan ketertarikannya pada ilmu-ilmu sains dan teknologi. Benz kemudian melanjutkan pendidikan tingginya ke University of Karlsruhe, Jerman.

Di Perguruan Tinggi tersebut, Benz berada di bawah bimbingan Ferdinand Redtenbacher. Ferdinand Redtenbacher adalah seorang ahli yang pertama kali menggagas berdirinya jurusan mesin (mechanical engineering) di Universitas. Pada usia yang relatif muda (19 tahun) Benz berhasil lulus dan mengantongi gelar sarjana dari Universitas tersebut.

Setelah lulus, Benz terus memikirkan konsep bagaimana membuat kereta kuda yang bisa bergerak tanpa ditarik oleh kuda. Ide ini merupakan cikal bakal lahirnya konsep pembuatan mobil dengan bahan bakar bensin pertama di dunia. Ide sederhana ini yang kemudian membawanya menjadi salah seorang ilmuwan penemu mobil.

Tahun 1871, Benz bersama beberapa orang temannya membuka sebuah bengkel di Mannheim. Di sana mereka juga menjual berbagai peralatan konstruksi. Namun, usaha ini tidak berusia panjang. Usaha ini berakhir karena pengkhianatan dari temannya. Puncaknya, pemerintah terpaksa menyita aset bisnis Benz.

Karl Benz, si Penemu Mobil

sumber gambar: www.businessweek.com

Berakhirnya usaha bisnis yang dirintis, bukan berarti Benz berhenti berusaha. Untuk mendapatkan penghasilan, Benz mulai mengembangkan ilmu yang didapatkannya di Universitas. Benz melakukan berbagai percobaan untuk mendapatkan penemuan-penemuan baru. Hasil temuan tersebut kemudian dipatenkannya. Salah satu penemuan pertama yang berhasil dipatenkan oleh benz adalah penemuan mesin dua langkah. Benz tidak puas hanya sampai di situ. Ia terus berusaha melakukan penelitian dan percobaan untuk mendapatkan penemuan baru. Sistem pengapian, busi, karburator, clutch, gigi transmisi dan radiator air merupakan beberapa hasil temuan Benz yang sudah dipatenkan.

Sebenarnya, Benz bukan satu-satunya ahli mesin yang meneliti dan menciptakan mesin dengan bahan bakar bensin. Pada saat yang sama juga ada Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach yang meneliti mesin berbahan bakar bensin. Namun, Benz lebih dahulu menyelesaikan penemuannya dan ia berhasil mempatenkan temuan tersebut pada tahun 1879.

Berbekal penemuan-penemuan penting tersebut, tahun 1883, Benz mulai membuka perusahaan baru yang memproduksi mesin-mesin industri. Perusahaan ini berkembang pesat. Dalam waktu singkat ia berkembang besar dan mulai memproduksi berbagai jenis mesin yang digerakkan dengan bahan bakar solar.

Kesuksesan usahanya ini meningkatkan rasa percaya diri Benz. Ia kemudian kembali tergerak untuk mewujudkan mimpinya untuk menciptakan kereta tanpa kuda. Maka, mulailah ia merancang konstruksi kereta tanpa kuda (mobil) yang kemudian ia sebut dengan Motorwagen. Berkat hasil kerja kerasnya ini kemudian Benz dinobatkan sebagai penemu mobil berbahan bakar bensin pertama di dunia.

Tidak ada penemuan besar yang langsung diterima dengan pujian. Demikian juga dengan Motorwagen ciptaan Benz. Pertama kali diujicobakan Motorwagen disambut dengan ejekan dan tawaan. Mengapa? Karena mobil pertama tersebut sulit dikendalikan dan berjalan seperti kuda mabuk. Namun, Benz tidak menyerah. Ia terus menyempurnakan Motorwagen. Hingga akhirnya motorwagen sukses diujicobakan di jalan raya dan berhasil menuai decak kagum dari masyarakat. Motorwagen inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya mobil-mobil modern yang banyak ditemui dewasa ini.

Tidak puas hanya sampai disitu, tahun 1885 Karl Benz mulai memproduksi Motorwagen secara komersial. Yaitu mobil dengan mesin empat langkah yang digerakkan dengan bahan bakar bensin hasil rancangan Karl Benz sendiri. Sehingga ia tidak hanya dikenal sebagai penemu mobil, tapi juga pengusaha mobil.



loading...
Bagikan artikel:

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

FOLLOW INFORMASITIPS

ARTIKEL PILIHAN

NEWSLETTER

Dapatkan Informasi dan Tips terbaru langsung ke Email Anda. Masukkan alamat Email Anda di bawah ini, kemudian klik langganan: